uefau17.com

6 Fakta Menarik Burkina Faso, Negara Afrika Penghasil Emas Bekas Jajahan Prancis - Lifestyle

, Jakarta - Burkina Faso merupakan negara yang terkurung daratan di Afrika Barat. Burkina Faso menempati dataran tinggi yang luas, dan geografinya dicirikan oleh sabana yang berumput di utara dan secara bertahap digantikan oleh hutan yang jarang di selatan. 

Mengutip dari laman Britannica, Kamis (10/5/2023), Burkina Faso juga merupakan bekas jajahan Prancis dan memperoleh kemerdekaan sebagai Volta Atas pada 1960. Nama Burkina Faso, memiliki arti "Tanah Orang-Orang yang Tidak Dapat Disuap," diadopsi pada 1984. Ibu kotanya, Ouagadougou, berada di tengah negara dan terletak sekitar 800 km dari Samudera Atlantik.

Burkina Faso berbatasan dengan negara Mali di utara dan barat, Niger di timur laut, Benin di tenggara, dan Pantai Gading, Ghana, dan Togo di selatan. Masih banyak hal mengenai Burkina Faso, berikut enam fakta menarik Burkina Faso yang dirangkum pada Kamis (11/5/2023). 

1. Etnis di Burkina Faso

Sebagai bagian benua Afrika, kelompok etnolinguistik utama Burkina Faso adalah Mossi. Mereka berbicara bahasa Niger-Kongo dari cabang Gur dan telah terhubung selama berabad-abad dengan wilayah yang mereka huni. Mereka telah menyerap sejumlah bangsa termasuk Gurma dan Yarse.

Kelompok yang disebutkan terakhir memiliki asal-usul Mande tetapi berasimilasi dengan Mossi dan berbagi bahasa mereka (disebut Moore). Orang-orang berbahasa Gur lainnya adalah Gurunsi, Senufo, Bwa, dan Lobi. Warga Burkina Faso, terlepas dari asal etnis mereka, secara kolektif dikenal sebagai Burkinabé. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Prancis Bahasa Resmi di Burkina Faso

Perancis adalah bahasa resmi, meskipun tidak digunakan secara luas. Moore, bahasa Mossi, dituturkan oleh sebagian besar penduduk, dan Dyula banyak digunakan dalam perdagangan.

Bahasa Mande, yang juga merupakan cabang dari keluarga Niger-Kongo, dituturkan oleh kelompok-kelompok seperti Samo, Marka, Busansi, dan Dyula. Kelompok lain dari Burkina Faso termasuk Hausa dan Tuareg, yang bahasanya diklasifikasikan sebagai Afro-Asiatik, dan Fulani, yang bahasanya (Fula) adalah bahasa Niger-Kongo dari cabang Atlantik.

3. Agama Islam Mayoritas di Burkina Faso

Populasi Burkina Faso secara keseluruhan tersebar tidak merata di antara berbagai daerah. Wilayah timur dan tengah berpenduduk padat dan menampung sekitar setengah dari total populasi. Di daerah yang tersisa populasinya tersebar.

Lebih dari separuh penduduknya beragama Islam. Sekitar seperlima dari Burkinabé adalah Katolik Roma, dan seperenam mengikuti agama tradisional. Sebagian besar sisanya adalah Protestan atau nonreligius. Kursi keuskupan agung Katolik Roma berada di Ouagadougou, dan ada beberapa keuskupan di seluruh negeri.

3 dari 4 halaman

4. Burkina Faso Negara Penghasil Emas

Hampir mirip dengan negara Afrika lainnya, Burkina Faso juga memiliki beberapa tempat yang menghasilkan emas. Mineral, terutama mangan dan emas jadi sumber utama kekayaan potensial bagi negara.

Mereka memiliki tambang emas di Poura, barat daya Koudougou, dan ada deposit emas yang lebih kecil di dekat Sebba dan Dori-Yalogo di utara. Cadangan nikel, bauksit, seng, timah, dan perak juga terdapat di negara ini.

Deposit mangan substansial Burkina Faso di Tambao di timur laut berpotensi mewakili sumber daya terpentingnya dan salah satu sumber mineral terkaya di dunia. Eksploitasi dibatasi oleh kekurangan transportasi yang ada.

5. Wisata di Burkina Faso

Mengulik Burkina Faso tentu harus mendatangi ibu kotanya terlebih dulu yakni Ouagadougou atau yang lebih dikenal dengan nama Ouaga. Arsitektur bangunan-bangunan yang terdapat di kota Ouagadougou sangat menakjubkan. Disamping itu, berbagai macam pertunjukkan akbar seperti tarian, musik, dan festival sering diadakan di sini.

Selain itu di provinsi Loraba, kota Sindou juga terkenal dengan puncak batu terjal yang tersembunyi di antara semak-semak belukar. Hal yang menarik adalah tempat ini tetap mempertahankan pesona aslinya meskipun telah menjadi objek wisata.

Di jantung kota Ougadougou, juga terdapat Bangr Weogo Park sebagai taman margasatwa yang fantastis. Beragam flora dan faunanya sangat mengesankan. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan wahana bermain, area olahraga, dan restoran.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Nasi Lemak ala Prancis di Burkina Faso

Mengutip dari laman TasteAtlas, Kamis (10/5/2023), Riz Gras, istilah Prancis untuk nasi lemak adalah hidangan satu panci nasional Burkina Faso. Sajian terdiri dari nasi putih, pasta tomat, dan sayuran seperti terong, wortel, bawang merah, cabai, dan bawang putih yang direbus bersama dalam nasi kental. rebus dan sajikan dengan beberapa helai bawang mentah di atasnya.

Jika daging digunakan dalam masakan, daging akan berwarna kecokelatan pada awal proses memasak. Minyak kacang banyak digunakan dalam pembuatan riz gras, sesuai dengan namanya. Meskipun hidangannya tidak mencolok, ini adalah makanan yang sangat nyaman protein, karbohidrat, dan sayuran semuanya dalam satu hidangan.

Nasi lemak bukanlah variasi nasi, tetapi istilah yang menunjukkan berapa banyak minyak yang ada di piring dan banyak digunakan dalam pembuatan riz gras. Burkina Faso adalah negara Afrika yang sangat rawan kekeringan dan kelaparan sehingga masyarakatnya bertahan hidup dengan apa yang bisa mereka tanam sendiri, dengan mengonsumsi makanan seperti nasi, kacang-kacangan, dan kacang tanah.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat