uefau17.com

6 Fakta Menarik Pernikahan Putri Iman dari Yordania - Lifestyle

, Jakarta - Putri Iman dari Kerajaan Yordania dan Jameel Alexander Thermiotis resmi menikah pada Minggu, 12 Maret 2023. Putri berusia 26 tahun anak dari Ratu Rania dan Raja Abdullah II dari Yordania mengikat janji suci dengan tunangannya dalam sebuah pernikahan kerajaan.

Putri Iman merupakan anak pertama dari empat anak Raja Abdullah yang sudah melepas masa lajang. Pangeran Mahkota Hussein, putra tertua Raja rencananya akan menyusul, ia akan menikah dengan tunangannya, Rajwa Al Saif, dari Arab Saudi pada 1 Juni.

Sebelumnya, Pengadilan Kerajaan Hashemite secara terbuka telah mengumumkan pertunangan pasangan itu pada 6 Juli 2022. Calon suami Putri Iman, Jameel Alexander Thermiotis (28) diketahui sebagai seorang pemodal dan konsultan keuangan dari New York namun berdarah Yunani. 

Berikut adalah enam fakta menarik dari pernikahan Putri Iman yang berlangsung khidmat dan indah, dirangkum dari berbagai sumber pada 13 Maret 2023. 

1. Berlokasi di Beit-Al Urdon

Pada Minggu, Putri Iman dari Yordania menikah dengan Jameel Thermiotis dalam sebuah upacara pernikahan di pinggiran Amman, ini merupakan pernikahan pertama dari keluarga kerajaan Hashemite yang sibuk tahun ini. Putri yang berusia 26 tahun adalah putri tertua dari Raja Abdullah II dan Ratu Rania, yang menjadi tuan rumah pernikahan di istana mereka di kawasan Dabouq, barat Amman.

Dikutip dari Arab News Senin, 13 Maret 2023, acara pernikahan berlangsung di Beit Al-Urdon Palace. Tempat ini begitu sempurna untuk mengadakan upacara kerajaan dengan taman-taman indah dan ruangan mewah yang tersedia. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pernikahan Digelar Secara Islam

Putri Iman menikah secara Islam. Saat upacara berlangsung, Putri Iman duduk bersama Thermiotis yang keturunan Venezuela, dan Raja Abdullah di depan sebuah Al-Quran berwarna hijau yang diletakkan di atas sebuah meja. Seorang pengurus istana membacakan bagaimana pernikahan adalah suatu keutamaan dalam agama Islam.

Setelah itu, Raja, Putri Iman dan Thermiotis menandatangani dokumen pernikahan yang menyatakan mereka sebagai suami istri. Setelah itu, pasangan tersebut berjalan di bawah tombak yang diangkat oleh pasukan pengawal kehormatan kerajaan, yang biasanya menyambut para pemimpin asing ketika mereka melakukan kunjungan resmi ke kerajaan tersebut.

Mereka kemudian bersama-sama menggunakan pedang Arab untuk memotong kue pengantin enam lapis. Seluruh upacara pernikahan tersebut terlihat sangat meriah dan penuh dengan nuansa budaya Yordania yang kental.

3. Mengenakan Gaun dari Dior dan Tiara Chaumet

Pada hari spesialnya, Putri Iman mengenakan gaun pengantin putih buatan Dior yang dipercantik dengan lengan panjang renda yang serasi dengan renda di leher gaun yang transparan. Ia menambahkan aksesoris dengan memakai mahkota dan tudung panjang mengekor yang bermotif bunga.

Dikutip dari Harper's Bazaar Arabia, mahkota berlian yang dikenakan Putri Iman adalah koleksi Chaumet yang kabarnya dimiliki oleh neneknya, Putri Muna Al-Hussein, ibu Raja Abdullah dan istri kedua dari mendiang Raja Hussein yang memerintah dari tahun 1952 hingga 1999.

3 dari 4 halaman

4. Digandeng sang Kakak, Pangeran Hussein Menuju Pelaminan

Mengenakan gaun putih dengan tudung renda panjang, Putri Iman diiringi oleh kakaknya, Pangeran Mahkota Hussein saat melalui taman istana menuju upacara pernikahan.

Hussein mengunggah foto-foto upacara, pernikahan Putri Iman dengan tulisan, "Berterima kasih atas semua kenangan berharga yang kita bagi dan senang melihatmu merayakan pernikahanmu hari ini... Saya mendoakanmu, Iman dan Jameel, sebuah hidup penuh berkah dan kebahagiaan bersama."

Di momen salral tersebut tunangan Pangeran Mahkota yang berasal dari Arab Saudi, Rajwa Al-Saif, ikut hadir. Ia mengenakan gaun berwarna kuning dari Roksanda saat duduk di baris depan.

5. Disiarkan di televisi nasional 

Pernikahan Putri Iman dengan Jameel Thermiotis yang dihadiri 150 tamu, disiarkan langsung di layanan televisi nasional negara Yordania, Jordan TV. TV Yordania menekankan bahwa siaran langsung yang intim ini memberikan kesempatan langka bagi publik dan jutaan orang yang menonton di seluruh dunia untuk melihat momen sakral keluarga kerajaan Yordania.

4 dari 4 halaman

6. Dihadiri Pejabat Dunia

Acara pernikahan tersebut dihadiri oleh keluarga kerajaan dan beberapa tokoh terkemuka di negara-negara Teluk. Beberapa tamu undangan yang hadir di pernikahan tersebut adalah Pangeran Hasan, satu-satunya saudara laki-laki dari mendiang Raja Hussein, yang dianggap sebagai tokoh negarawan di Yordania, bersama dengan istri beliau, Putri Sarvath yang lahir di Calcutta. 

Tamu undangan lainnya meliputi Sheikh Khaled bin Mohamed, anggota Dewan Eksekutif Abu Dhabi dan Ketua Kantor Eksekutif Abu Dhabi, Sheikh Issa, putra dari Pangeran Mahkota Salman bin Hamad di Bahrain, Entissar Amer dan Aya El Sisi. Kemudian ada istri dan putri dari Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi, serta anggota keluarga kerajaan Sheikh Salman bin Ahmed Al-Khalifa, serta Sheikha Amthal Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah dari Kuwait.

Ratu Rania juga hadir di barisan depan bersama dengan anggota keluarga Hashemite dan orang tua serta saudara-saudara dari mempelai pria. Ratu Rania membagikan foto-foto acara pernikahan Iman dan menulis, "Iman, aku berdoa semoga babak baru dalam hidupmu membawa kebahagiaan, cinta, dan tawa sebanyak yang telah kau berikan kepada kami selama ini. Selamat kepada pengantin!" 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat