uefau17.com

Perancang Busana Ikonik Paco Rabanne Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun - Lifestyle

, Jakarta - Perancang busana Paco Rabanne, yang terkenal dengan penampilan jala logam Space Age meninggal pada hari Jumat pada usia 88 tahun di rumahnya di Portsall, Prancis. Berita duka tersebut dikonfirmasi oleh grup Spanyol Puig yang memiliki bisnis fesyen dan wewangian Rabanne.

 

"Paco Rabanne membuat pelanggaran menjadi magnetis. Siapa lagi yang bisa membujuk wanita Paris yang modis agar menginginkan gaun yang terbuat dari plastik dan logam," kata Jose Manuel Albesa, presiden divisi kecantikan dan mode Puig, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Page Six, Sabtu (4/2/2023).

Semangat pemberontak yang radikal itu membedakannya sehingga hanya ada satu Rabanne. Karya ikoniknya berupa logam space age pernah dikenakan oleh selebritas termasuk Jane Fonda, Audrey Hepburn, Brigitte Bardot dan Jane Birkin.

Dikenal sebagai "enfant poor" fesyen Prancis, desainer hebat Rabanne memulai kariernya dengan membuat perhiasan untuk Dior, Balenciaga, dan Givenchy sebelum meluncurkan rumah modenya sendiri pada 1966. Karyanya terdiri dari serangkaian ansambel plastik avant-garde, koleksi debutnya dijuluki "12 Gaun yang Tidak Dapat Dipakai dalam Bahan Kontemporer".

Tapi penampilan Rabanne segera terbukti tidak hanya bisa dipakai, tapi juga didambakan. Hepburn adalah salah satu pemakai awalnya, mengenakan salah satu gaun cakram logamnya dalam film tahun 1967 "Two for the Road", dan perancang busana ini juga menciptakan penampilan metalik Fonda yang mengesankan untuk film 1968 yang ikonik "Barbarella". 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Digemari Para Selebritas

Mengutip dari lama Famous Fashion Designer, Sabtu (4/2/2023), Birkin merupakan salah satu dari banyak penggemar desainer yang terkenal dalam potret ikonik bintang "Blow-Up" dan suaminya Serge Gainsbourg, keduanya mengenakan pakaian metal yang serasi oleh Rabanne. Sementara Rabanne pensiun pada 1999, labelnya tetap hidup merek Paco dan Rabanne diluncurkan kembali tahun 2011 dengan desainer Manish Arora, dan Julien Dossena mengambil alih kepemimpinan pada 2014.

Merek ini masih terkenal dengan potongan jala logamnya yang terinspirasi oleh desain asli Rabanne, dengan bintang termasuk Beyoncé, Katy Perry, Taylor Swift, dan Dua Lipa memilihnya untuk tampilan di karpet merah dan pertunjukan serupa. Setelah desainnya dikenakan para pesohor yang kepribadiannya tertarik pada sesuatu yang tidak biasa, Rabanne menciptakan parfum. 

Ia mengambil parfum dengan keharuman eksotis mengisi keajaiban di sekitar indra penciuman orang. Namun hampir tidak ada orang yang penasaran siapa yang membuat aroma yang menarik ini dan apa lagi yang dia lakukan. 

3 dari 4 halaman

Mencerahkan Dunia Mode

Dikenal sebagai Paco Rabanne, Franciso Rabaneda Cuervo adalah perancang couture Spanyol yang lahir pada 18 Februari 1934 untuk mencerahkan dunia mode. Diketahui ibu Rabanne adalah kepala penjahit di Balenciaga di Spanyol. Saat Perang Saudara Spanyol dimulai, dia dan ibunya berangkat ke Prancis.

Di sanalah, ia belajar arsitektur di Ecole des Beaux Arts dan lulus dari sana pada 1964. Pada 1965, Paco memulai memperkenalkan karya kontemporer, gaun pertamanya yang terbuat dari plastik.

Pada 1966, ia mendirikan bisnisnya sendiri dan memanfaatkan bahan-bahan seperti plastik, kertas, dan logam untuk desainnya yang unik dan mencolok. Meskipun pendidikan awalnya terdiri dari arsitektur, ia menjadi populer selama era 1960-an di dunia tren dan mode. Banyak dari desainnya memiliki sentuhan arsitek di dalamnya dan inilah yang membuat desainnya menonjol.

Pada tahun 1968, ia bekerja sama dengan Puig untuk memproduksi wewangian Paco Rabanne yang dikenal di seluruh dunia. Perusahaan tersebut membangun pabrik parfum di Prancis pada 1976.

4 dari 4 halaman

Memulihkan Citra di Brasil

Sayangnya di Brasil, mereknya tidak laku dan pendaftarannya dibatalkan oleh pengadilan pada 1980-an karena dirasa merek tersebut tidak pernah ada secara resmi di negara tersebut meskipun ada kesadaran yang luas dan kampanye iklan di jalan-jalan. Distributor lokal menyelundupkan parfum merek tersebut ke Brasil dan Rabanne membutuhkan waktu sekitar tujuh tahun untuk memulihkan citranya.

Selanjutnya, Paco Rabanne memberikan kesempatan kepada desainer lain untuk memulai karier mereka di bidang fesyen. David Peck, seorang desainer dari Houston bekerja dengan Rabanne sebelum peluncuran lini eponimnya.

Rabanne adalah pria dengan bakat multidimensi, beberapa memberinya kesuksesan sementara yang lain membuatnya terkenal. Ia menunjukkan rasa ingin tahu dalam fenomena paranormal, di mana sains kehilangan otoritasnya untuk membenarkan peristiwa dan pengalaman tertentu. Dia menjadi sangat terkenal karena salah memprediksi jatuhnya Mir, sebuah stasiun ruang angkasa Rusia pada 1999 di Paris. 

Pada 2005, untuk pertama kalinya ia memajang gambarnya dalam sebuah pameran di Moskow. Alasan pameran ini adalah karena Rabanne merasa semakin tua dan usianya membuatnya khawatir. Dia ingin dunia melihat keahliannya yang tersembunyi sebelum nafas terakhirnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat