uefau17.com

Beragam Sop, Hidangan Nikmat Saat Musim Hujan - Lifestyle

, Jakarta – Cuaca dingin atau turun hujan, makanan hangat bisa jadi pilihan yang tepat. Sop jadi primadona sebagai makanan berkuah untuk disantap saat musim hujan.

Sop terbuat dari  daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air masa lampau.

Beragam jenis sop yang bisa disajikan. Beberapa di antaranya sop kambing, sop tunjang, dan sop buntut, serta sop konro.

Sop Kambing

Makanan ini terbuat dari potongan kambing halus dimasak dengan kuah yang telah dicampur dengan susu, santan, rempah, serta minyak samin, dan dihidangkan dengan potongan sayuran, seperti tomat, kentang, wotel.

Sop kambing kemudian disajikan dengan nasi hangat dan emping melinjo, menawarkan perpaduan rasa yang nikmat hingga bisa membuat orang ketagihan untuk menyantapnya. Sop mudah dijumpai di berbagai tempat di Jakarta.

Sop Tunjang

Sop tunjang biasa disebut sop tulang kaki sapi. Untuk mengolahnya, bersihkan bulu kaki sapi dengan cara dibakar. Kaki sapi kemudian disayat hingga mendapatkan daging khas sapi.

Bersama tulang yang masih ada, daging kulitnya, sering disebut jangat, kemudian direbus sekitar dua jam. Ini dilakukan untuk mengeluarkan kari sapi tulang. Untuk membuat rasa pedas, bisa digunakan cabai rawit.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sop Buntut

Sop buntut sangat terkenal di Indonesia, khususnya di Jawa. Racikan bumbu dan rempah Sop Buntut Indonesia dengan yang pernah dikatakan dari berbagai macam versi lain memang berbeda, apalagi Indonesia memang kaya akan rempah.

Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar Republik Indonesia di Madrid Spanyol beberapa waktu lalu. Salah satu menunya adalah sop buntut. Acara tersebut menarik para tamu undangan. 

Sop Konro

Kuliner ini berasal dari tadisi Bugis dan Makassar sangat populer di Jakarta. Biasanya, sop ini dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.

Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa -sejenis lontong- dan ketupat yang dipotong-potong. Rasa pedas dan berbumbu ini dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti ketumbar, keluwak, pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, dan daun salam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat