uefau17.com

Louis Vuitton Gagal Patenkan Motif Papan Catur - Lifestyle

- Apa Anda memiliki produk Louis Vuitton atau LV? Produk LV seperti apa yang Anda miliki? Apa yang bermotif papan catur? Selain dikenal dengan logo huruf `L` dan `V` yang saling bertumpuk, LV juga terkenal produk-produk yang becorak papan catur .

Corak tersebut berusaha dipatenkan secara legal oleh rumah mode asal Paris yang didirikan pada tahun 1854 itu. Seperti dilansir dari Vogue.co.uk pada Senin (4/5/2015), pengajuan LV untuk menjadikan pola tersebut sebagai trademark-nya tidak dipenuhi oleh General Court dari Uni Eropa. Menurut pengadilan, motif papan catur itu merupakan hal yang sangat umum.

Keputusan tersebut sejalan dengan putusan Office for Harmonization in the Internal Market (OHIM) pada tahun 2011. “Pola papan catur yang coba dipatenkan itu terlalu umum dan banal di mana pola itu sudah jamak digunakan sebagai elemen dekoratif pada berbagai benda,” jelas OHIM pada saat itu.

Lebih lanjut dijelaskan juga, “Corak yang coba dipatenkan itu tak memiliki fitur untuk dibedakan dengan pola serupa sehingga tak bisa memenuhi fungsi identifikasi atau originalitas untuk dapat dipatenkan”. Pengajuan pola papan catur sebagai trademark LV sudah berjalan cukup lama. Awalnya dilakukan pada tahun 2008. (bio/ret)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat