uefau17.com

Sangat Menyeramkan, Ini Gambaran Fisik Malaikat Munkar Nakir yang Datangi Ahli Kubur - Islami

, Cilacap - Para ulama menyebut kematian adalah kiamat kecil. Setelah mati, manusia akan dimasukan ke dalam kuburnya. Di sanalah ia akan bertemu Malaikat Munkar dan Nakir.

Malaikat Munkar Nakir ini memiliki ciri-ciri fisik yang sangat menyeramkan. Kedua malaikat ini bertugas memberikan pertanyaan kepada manusia di alam kubur.

Ada beberapa keterangan baik dari Rasulullah ataupun dari para ulama perihal ciri-ciri fisik yang kehadirannya membuat ciut nyali ahli kubur.

Bagi yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, tentu saja akan mudah menjawab pertanyaan kedua malaikat ini.

Namun bagi mereka yang zalim dan berbuat dosa tentu saja tidak akan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaanya. Lalu bagaimana ciri-ciri fisik malaikat Munkar Nakir ini? Simak ulasan di bawah ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Fisik Mengerikan Malaikat Munkar Nakir

Ciri-ciri fisik malaikat Munkar Nakir dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah,

ذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ ، فَيَقُولَانِ : مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ ؟ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُولُ

Artinya: "Apabila mayat atau salah seorang dari kalian sudah dikuburkan, ia akan didatangi dua malaikat hitam dan biru, salah satunya Munkar dan yang lain Nakir, keduanya berkata: Apa pendapatmu tentang orang ini (Nabi Muhammad)? Maka ia menjawab sebagaimana ketika di dunia..." (HR Tirmidzi).

Berdasarkan hadis di atas, ciri-ciri fisiknya tidak disebutkan secara jelas. Rasulullah hanya menyebutkan malaikat Munkar Nakir sebagai malaikat hitam dan biru.

3 dari 3 halaman

Ciri Mengerikan Lainnya

Menukil NU Online, ulama terkemuka Imam Jalaludin As-Suyuthi dalam kitabnya Al-Haawii lil Fataawii menuliskan sebuah riwayat dari Al-Jazuli dalam kitab Syarhur Risaalah, bahwa satu ketika Rasulullah berbicara kepada para sahabat perihal Munkar dan Nakir.

Malaikat Munkar dan Nakir digambarkan akan mendatangi seorang mayit di kuburan dalam bentuk yang begitu menyeramkan; berkulit hitam, seram, keras, dan sifat-sifat buruk dan menakutkan lainnya. Lalu kedua malaikat itu akan menanyai si mayit ketika di alam kubur.

Dalam hadist lain yang termaktub dalam kitab Austahnya Imam at-Tabharany, Abu Hurairah meriwayatkan:

اعينهما مثل قدور النحاس وانيابهما مثل صياصى البقر واصوتهما مثل الرعد

“Mata keduanya seperti belanga tembaga, taring keduanya seperti tanduk sapi dan suaranya seperti halilintar.”

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat