uefau17.com

Sapi Jokowi dan Ma'ruf Amin Baru di Masjid Istiqlal Baru Dipotong Sehari Setelah Idul Adha - News

, Jakarta Sapi kurban pemberian Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disembelih di Masjid Istiqlal pada hari tasyrik pertama dari Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada hari ini, Selasa (18/6/2024). 

"Hari ini kami sudah memulai penyembelihan hewan kurban, dimulai dengan sapi bapak Presiden RI Joko Widodo dan dilanjutkan dengan sapi dari Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin," kata Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal Ismail Cawidu melalui keterangan di Jakarta, Selasa.
 
Selain sapi Jokowi dan Ma'ruf Amin, Ismail mengungkapkan terdapat 60 ekor sapi dan 12 ekor kambing yang disembelih pada hari ini.
 
Daging dari hewan kurban tersebut, kata dia, didistribusikan kepada 25.000 jiwa yang membutuhkan.
 
"Kita berusaha untuk membagi secara profesional dan semoga mereka bisa mendapatkan semuanya," ujarnya.
 
Berdasarkan data yang diperoleh, daging kurban tersebut didistribusikan ke masyarakat daerah sekitar Istiqlal, masjid, mushalla, pesantren di Jabodetabek, serta sejumlah pihak yang telah mengajukan proposal.
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipantau Sudin KPKP

 
Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal juga dipantau oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat sejak sebelum dipotong hingga hari pemotongan.
 
Pemantauan tersebut meliputi pemeriksaan ante-post mortem, yakni kesehatan hewan sebelum hewan kurban dipotong, dan saat pemotongan untuk limpa, hati dan jeroannya.
 
"Kami pastikan hewan kurban sehat sebelum dipotong," kata Kasudin KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti.
 
 
3 dari 3 halaman

Libatkan Petugas Syar'i

 
Proses penyembelihan hewan kurban di Istiqlal juga turut melibatkan petugas syar'i untuk memantau dari awal hingga akhir guna memastikan penyembelihan dilakukan sesuai syariat Islam.
 
"Kami mengawal dari awal sampai akhir penyelenggaraan pemotongan, dan sudah disaksikan bahwa mekanisme yang dilakukan tim pemotongan dalam kondisi normal, keadaan mudah, diusahakan untuk menghadap kiblat. Namun jika kondisinya tertentu jika ada kesulitan bagi kita untuk melakukannya, tentu tidak ada kaitan dengan sah atau tidaknya penyembelihan," ucap perwakilan tim syar'i pemotongan hewan kurban Masjid Istiqlal Husni Ismail.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat