uefau17.com

Ribuan Pekerja Konstruksi di IKN Dapat Makan Siang Gratis Daging Kurban - Bisnis

, Jakarta Ribuan pekerja konstruksi yang bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa menikmati makan siang dan makan malam gratis daging kurban di sejumlah titik yang ada di kawasan Hunian Pekerja Kontruksi (HPK), Selasa (18/6/2024).

Ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Raya Idul Adha 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Ikhwan HPK dan masyarakat sekitar IKN.

"Hari ini kami akan mengadakan kegiatan makan siang dan makan malam bersama para pekerja konstruksi yang bekerja di IKN. Nantinya sistemnya kami buat secara prasmanan dan para pekerja bisa menikmatinya secara gratis," ujar Ketua DKM Masjid Al-Ikhwan HPK IKN, Yuda Ramadhani Lubis di sela-sela kegiatannya, Selasa (18/6/2024).

Guna mempermudah kegiatan tersebut, imbuh Yuda, pihaknya mengandeng warga setempat untuk membantu proses memasak makanan. Ada sejumlah menu masakan nusantara yang akan disajikan untuk santap siang bersama, mulai dari gulai, rendang, rawon, coto makasar, hingga daging lada hitam.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, para pekerja yang berada di IKN tinggal datang ke sejumlah lokasi yang sudah disiapkan. Panitia akan menggunakan sistem prasmanan sehingga lauk dan nasi yang disediakan dapat disesuaikan jumlahnya.

"Sejumlah titik sudah kami siapkan agar ribuan pekerja bisa antri secara tertib antara lain di lokasi HPK 1B, halaman samping Masjid Al Ikhwan, Depan Ruang Pengelola dan Messhall Site 2. Kami harap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan tertib dan mengingat stok makanan dan daging masih cukup banyak para pekerja juga bisa menikmati makan malam secara gratis juga," bebernya.

Adapun pengurus Masjid Al-Ikhwan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di IKN Nusantara telah menerima 28 hewan kurban yang terdiri dari sapi 15 ekor dan kambing 13 ekor dan telah dilaksanakan penyembelihan hewan oleh panitia kurban. Sebagian daging kurban telah dibagikan kepada warga sekitar IKN dan sisanya dimasak untuk para pekerja konstruksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hari Raya Idul Adha

Sementara Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengungkapkan, peringatan Hari Raya Idul Adha ini telah dilaksanakan dua kali sejak 2023 lalu di Masjid Al Ikhwan yang didirikan Kementerian PUPR di HPK IKN.

Ia juga meminta para pekerja konstruksi meneladani Nabi Ibrahim, yang bersedia mengorbankan putranya Ismail sebelum digantikan dengan domba sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT.

"Kami yakin para pekerja kontruksi juga ikut berkorban dengan bekerja keras membangun berbagai infrastruktur di IKN. Mereka kebanyakan kepala keluarga yang rela bekerja jauh dari keluarga serta ikhlas berjihad menafkahi keluarganya masing-masing. Sehingga kami berharap mereka tetap bersemangat dalam bekerja," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Seberat 900 Kg ke IKN, Ini Penampakannya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi sebesar 900 kilogram (kg) untuk dalam momen kurban Idul Adha. Sapi itu disalurkan ke Masjid Darussalam, Sepaku, dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Masjid ini menjadi lokasi salat ied dan penyembelihan hewan kurban yang diikuti juga oleh Otorita IKN. Acara ini merupakan bagian dari komitmen Otorita IKN untuk mendukung kegiatan keagamaan dan memperkuat hubungan dengan masyarakat setempat.

Pada Sabtu (10/6/2024) lalu, Otorita IKN menerima Bantuan Kemasyarakatan Presiden berupa seekor sapi yang diserahkan oleh perwakilan dari Istana Kepresidenan yang selanjutnya diserahkan kepada pihak Masjid Darussalam, Desa Tengin Baru. Sapi yang diberikan berjenis Limosin dengan berat mencapai 900 kg.

"Hasil penyembelihan hewan kurban ini nantinya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Desa Tengin Baru, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang," ujar Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito, dalam keterangannya, Senin (17/6/2024).

Dia menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan dari Presiden Republik Indonesia untuk kegiatan keagamaan di Nusantara dan sebagai simbol kebersamaan dalam merayakan Iduladha.

Suwito turut bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh Presiden dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara di IKN Nusantara.

"Kegiatan ini bukan hanya bentuk ibadah, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dalam upaya kita membangun Nusantara," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya Kegiatan Sosial

Selain itu, Otorita IKN juga menekankan pentingnya kegiatan sosial dan keagamaan dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Nusantara.

"Insyaallah pada tahun-tahun berikutnya akan bertambah banyak sapi bantuan Presiden RI ke masyarakat di wilayah IKN," ujar Direktur Suwito.

Ketua Panitia Hari Besar Iduladha Masjid Besar Darussalam, Imron turut mengapresiasi langkah bantuan hewan kurban dari Presiden RI ke wilayahnya.

“Harapannya semoga selanjutnya bantuan yang diberikan semakin banyak sehingga lebih menyemarakkan peringatan Iduladha serta memotivasi warga untuk turut berkontribusi dalam berkurban,” ucap Imron.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan Otorita IKN dapat terus berperan aktif dalam mendukung kegiatan keagamaan dan sosial di Nusantara, serta membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat