uefau17.com

Rahasia Kalimat yang Bisa Menyelamatkan di Hari Kiamat, Dicontohan Nabi Muhammad - Islami

, Jakarta - Alhamdulillah (الْحَمْدُ للَّهِ) merupakan kalimat tahmid yang artinya adalah segala puji bagi Allah. Kalimat tahmid ini seringkali diucapkan ketika kita ingin mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Beruntunglah bagi orang-orang yang membaca kalimat hamdalah dengan sepenuh jiwa, niscaya Allah akan akan melebihkan pahala kepadanya. Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah menyaring empat kalimat. Yaitu Subhanallah, Alhamdulillah, La Ilaha Illallah, dan Allahu Akbar. Barang siapa membaca 'Subhanallah' maka dua puluh kebaikan ditetapkan baginya, dan dua puluh keburukan dihapus darinya. Barang siapa membaca 'Allahu Akbar' maka seperti itu. Barang siapa membaca 'La Ilaha Illallah' maka seperti itu. Dan barangsiapa membaca Alhamdulillah Rabbil 'Alamin dari dirinya sendiri, maka tiga puluh kebaikan ditetapkan untuknya, dan tiga puluh kesalahan dihapus darinya,". (HR Abu Hurairah dan Abu Sa'id).

Semakin banyak seorang hamba bersyukur, maka semakin banyak pula nikmat yang akan Allah berikan. Janji ini sebagaimana termaktub dalam QS. Ibrahim ayat 7,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Lantas, bagaimana kalimat hamdalah ini dapat menyelamatkan manusia di hari kiamat kelak? Berikut penjelasannya dikutip dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjadi Tameng di Hari Kiamat

Alhamdulillah merupakan kalimat pujian yang sempurna untuk Allah SWT. Karena Allah memiliki nama-nama paling indah (al-asma al-husna) dan sifat-sifat tinggi.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada kenikmatan yang Allah berikan kepada seseorang hamba kemudian dia berkata alhamdulillah, kecuali pemberiannya lebih baik dari pada yang diambil. Ucapan alhamdulillah memenuhi satu timbangan, subhanallah dan alhamdulillah memenuhi antara langit dan bumi,".

Alhamdulillah merupakan salah satu kalimat yang menjadi tameng umat muslim dari neraka. Pada hari kiamat, empat kalimat (Subhanallah, Alhamdulillah, La Ilaha Illallah, dan Allahu Akbar) akan datang sebagai penyelamat dan pemandu bagi pembacanya.

Apabila seorang umat muslim mengucapkan 'Alhamdulillahi Rabbil 'Alamiin' yang dipanjatkan kepada Allah SWT, dia termasuk yang mewakili sejumlah orang di sekelilingnya.

Ucapan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kita karena telah diselamatkan oleh Allah dan dibimbing serta diberikan taufik oleh Allah SWT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat