uefau17.com

5 Masjid Terkenal di Israel, Ada yang Berarsitektur Ottoman - Islami

, Jakarta - Israel merupakan negara di Asia Barat dengan mayoritas penduduknya adalah Yahudi. Meski dikenal sebagai negara Yahudi, ternyata masjid-masjid masih banyak ditemukan di Israel. 

Keberadaan masjid di Israel tidak terlepas dari perjalanan panjang konflik antara Palestina dengan Israel. Kini Israel telah mengikis sebagian besar wilayah Palestina dan masjid-masjid yang dulunya di kawasan Palestina berada di kawasan Israel.

Sama pada umumnya, masjid-masjid yang berada di Israel berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Di samping itu, masjid juga menjadi pusat pembelajaran agama Islam di negara tersebut.

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah lima masjid terkenal yang berada di kawasan Israel.

1. Masjid El-Jazzar, Akko

Masjid ini dikenal sebagai Masjid Putih karena kubah putihnya yang berkilauan di kejauhan. Terletak di dalam tembok kota tua Akko, Masjid El-Jazzar dibangun di atas bekas rumah doa Muslim, Tentara Salib, dan Kristen. Kompleks ini juga menampung sebuah makam kecil dan kuburan. 

Kubah dan menara Masjid El-Jazzar mengambil sebagian besar pemandangan garis pantai Akko yang indah. Fungsinya sebagai pengingat kerajaan Ottoman yang pernah mendominasi kota.

2. Masjid Sidna Ali, Herzliya

Masjid Sidna Ali terletak di tepi pantai salah satu satu lingkungan Yahudi paling bergengsi di Herzliya, tepat di utara Tel Aviv. Saat pertama kali dibangun pada abad ke-11, daerah tersebut sebagai desa Al-Haram. 

Masjid Sidna Ali terletak di sekitar makam orang suci Islam. Sampai saat ini masih beroperasi. Di samping sebagai tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai sekolah agama.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid-Masjid di Israel

3. Masjid Hassan Bek, Tel Aviv-Jaffa

Masjid yang paling terkenal di Tel Aviv ini dibangun pertama kali pada 1916. Masjid ini menjadi sumber sumber banyak kontroversi. Sejarah masjid dan makna simbolis yang mendalam bagi komunitas Arab Jaffa telah memicu banyak perdebatan sengit atas kehadirannya di salah satu properti utama kota dan arsitektur bergaya Ottoman sangat kontras dengan gedung perkantoran dan hotel kontemporer di sekitarnya.

4. Masjid Al Bahr

Masjid Al Bahr yang dibangun sejak tahun 1675 M menjadi masjid tertua di Tel Aviv. Meski bangunan masjid tidak terlalu besar, namun masjid ini menyuguhkan pemandangan lautan yang indah. Terletak di dekat Laut Mediterania, Masjid Al Bahr menjadi tempat salat bagi para nelayan, pelaut, dan penduduk sekitar.

5. Masjid Mahmoudiya

Masjid Mahmoudiya Tel Aviv berada di wilayah pelabuhan Jaffa. Masjid yang berdiri sejak tahun 1812 M ini menjadi saksi bahwa ada jejak Khilafah Utsmani di sana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat