uefau17.com

Strategi Dakwah Hingga Kesaktian Sunan Gunung Jati, Bisa Operasi Tanpa Bedah - Islami

, Jakarta - Sunan Gunung Jati, lahir dengan nama Syarif Hidayatullah atau Sayyid Al-Kamil. Merupakan salah seorang dari walisongo.

Dia adalah anak dari pasangan Syarif Abdullah Umdatuddin bin Ali Nurul Alam dan Nyai Rara Santang, Putri Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran (yang setelah masuk Islam berganti nama menjadi Syarifah Mudaim).

Sunan Gunung Jati berperan besar dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa khususnya di Cirebon. Ia juga dikenal sebagai seorang yang ahli dalam pendidikan dan strategi. 

Disebut sebagai Sunan Gunung Jati karena beliau dimakamkan di bukit Gunung Jati. Di masanya pula agama Islam berkembang dengan pesat.

Strategi dakwah yang dilakukan Sunan Gunung Jati adalah dengan menguatkan kedudukan politik. Ia menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh berpengaruh di Cirebon, Banten, dan Demak untuk memuluskan dakwahnya.

Sunan Gunung Jati melakukan tugas dakwah menyebarkan agama Islam ke berbagai lapisan masyarakat dengan dukungan personel dan dukungan aspek organisasi kelompok forum walisongo. Forum ini secara efektif dijadikan sebagai organisasi dan alat kepentingan dakwah dan merupakan siasat yang tepat untuk mempercepat tersebarnya agama Islam.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Kesaktian Sunan Gunung Jati

1. Ahli Bahasa

Ahli sejarah mencatat, dari kajian naskah kuno Cirebon, Sunan Gunung Jati diketahui menguasai 99 bahasa. Bukan hanya menguasai bahasa dunia, melainkan bahasa lokal yang ada di seluruh pelosok Nusantara.

2. Ahli Ilmu Kedokteran 

Selain ahli bahasa, Sunan Gunung Jati juga memiliki karomah dalam ilmu kedokteran. Dalam suatu kisah diceritakan, saat itu ada pasangan tengah berselisih paham mempersoalkan perut sang istri yang membesar. 

Sang suami meyakini jika perut yang membesar itu hamil, tapi istri tidak yakin. Akhirnya, pasangan tersebut menemui Sunan Gunung Jati untuk memastikan isi dalam perut si ibu. Dan ternyata saat diperiksa bukan kandungan, melainkan penyakit tumor. 

Selain ahli mendeteksi penyakit, ilmu kedokteran yang dimiliki Sunan Gunung Jati adalah operasi tanpa bedah. 

3. Ahli Politik

Pada masa kejayaannya, Sunan Gunung Jati juga ahli dalam bidang politik. Dalam menyebarkan Islam dan mengembangkan Cirebon, dia dapat meruntuhkan kerajaan induk besar seperti Padjajaran hingga mengusir Portugis di Selat Sunda dibantu Kerajaan Demak. 

 

3 dari 3 halaman

4. Ahli Strategi

Dalam mempertahankan eksistensi Kesultanan Cirebon, Sunan Gunung Jati memperluas wilayah kekuasaannya. Ia berhasil menaklukan kerajaan Rajagaluh, Kuningan, Talaga, hingga menguasai Sunda Kalapa. 

5. Ahli Pendidikan

Selain ahli strategi dan peperangan, Sunan Gunung Jati juga teladan di bidang pendidikan. Melalui dakwah Islam, dia menjadi pendidik hingga ke pelosok desa. 

Dalam penyebaran Islam dan pendidikan kepada masyarakat, satu bulan sekali murid-murid Sunan Gunung Jati juga sering datang ke Cirebon pada malam Jumat untuk mendengarkan kajian rutinan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat