uefau17.com

Keluarga Ini Tertular Cacing Gelang Usai Makan Daging Beruang, Hampir Serang Otak - Hot

, Jakarta Beruang termasuk binatang buas yang berbahaya. Namun, cacing yang hidup di dalam beruang ternyata lebih berbahaya. Hal itu lah yang dialami oleh sebuah keluarga. Satu keluarga harus melawan cacing yang masuk ke dalam tubuh mereka setelah memakan daging beruang kurang matang. 

Memakan daging yang kurang matang memang selalu membawa risiko. Dilansir dari Oddee, Kamis (6/6/2024), berikut ini kisah pilu yang dialami oleh satu keluarga.

Sebuah keluarga besar sedang mengadakan perkumpulan di Dakota Selatan, AS, dengan dihadiri delapan anggota. Salah satu dari mereka memutuskan untuk menyenangkan anggota keluarganya dengan kelezatan langka, yaitu shish kebab yang terbuat dari daging beruang.

Sayangnya, mereka tidak memasak daging itu dengan matang sebagaimana mestinya. Hanya beberapa hari setelah mereka kembali ke rumah, banyak anggota keluarga mulai jatuh sakit parah.

Di berbagai rumah sakit, dokter memastikan setiap anggota keluarga tertular cacing gelang Trichinella yang berasal dari daging beruang. Jika tidak diobati, cacingan pada akhirnya dapat masuk ke otak dan menyebabkan peradangan serius.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kronologi kejadian

Kejadian itu sendiri terjadi pada musim panas tahun 2022 lalu. Sebuah keluarga berkumpul untuk bersenang-senang. Jadi, delapan anggota keluarga berkumpul di Dakota Selatan, AS.

Di pesta tersebut, salah satu anggota keluarga mengeluarkan kejutan dari freezer mereka. Itu adalah daging beruang hitam yang mereka peroleh selama perjalanan berburu ke Kanada sebulan sebelumnya.

Sesuai instruksi salah satu penjual daging, anggota keluarga tersebut membekukan daging untuk membunuh calon parasit. Senang dengan kejutan tersebut, beberapa anggota menyiapkan shish kebab dari daging serta sayuran, dan mulai memanggangnya.

Saat mereka memasak daging, mereka menyadari ada sedikit masalah. Mereka tidak memiliki termometer untuk memeriksa suhu daging. Daging beruang mentah warnanya sangat gelap. Oleh karena itu, sulit untuk mengetahui kapan makanan tersebut matang dengan benar.

Namun, keluarga tersebut memutuskan untuk melihatnya dan menyajikan kebab ketika mereka merasa sudah siap. Sayangnya, ternyata daging itu belum matang, dan mereka tetap menelannya meski merasakan gigitan daging yang masih mentah.

3 dari 5 halaman

Gejala yang tak tertahankan

Anggota keluarga kembali ke rumah mereka masing-masing, Arizona, Minnesota, hingga South Dakota. Beberapa hari kemudian, mereka mulai merasakan gejalanya. Secara total, enam dari delapan anggota keluarga menderita penyakit aneh.

Pria berusia 29 tahun dari Minnesota mungkin mengalami kondisi terburuk. Dia mulai mengalami sejumlah gejala aneh, termasuk demam, nyeri otot yang luar biasa, dan mata bengkak. Tes laboratorium menunjukkan bahwa jumlah sel darah putihnya sangat tinggi.

Pria tersebut menemui dokter selama empat hari hanya dalam waktu 17 hari dan dirawat di rumah sakit sebanyak dua kali. Namun, baru pada perjalanan keduanya ke rumah sakit, pria tersebut membawakan daging beruang.

Saat itulah para dokter segera mengetahui apa yang sedang terjadi, dan hasil tes memastikannya. Pria itu penuh dengan cacing Trichinella.

4 dari 5 halaman

Semua anggota keluarga pulih

Untungnya, hal buruk tidak terjadi di keluarga tersebut. Ada akhir yang bahagia untuk cerita ini. Tiga anggota keluarga yang sakit berhasil mengeluarkan cacingnya sendiri, dan sisanya sembuh dengan pengobatan.

Trichinella adalah nematoda parasit atau cacing gelang yang berbahaya. Anda sering dapat menemukannya hidup di otot karnivora dan omnivora, seperti beruang, babi, dan walrus. Jika Anda memakan daging yang terinfeksi, telur dan larva cacing akan masuk ke dalam usus Anda.

Mereka mulai menetas dan meluncurkan fase pertama infeksi Trichinella. Pada fase ini, cacing berkembang biak di dalam usus Anda. Anda mungkin akan mengalami ketidaknyamanan gastrointestinal, diare, dan mual.

5 dari 5 halaman

Bahaya cacing gelang Trichinella, bisa serang otak

Setelah cacing memasuki generasi kedua, mereka siap untuk melanjutkan ke fase infeksi kedua. Mereka mulai menjauh dari usus dan menyebar ke seluruh tubuh Anda, termasuk otot, jantung, dan bahkan otak.

Dan saat itulah demam, mata bengkak, nyeri otot, serta peradangan jantung dan otak mulai muncul. Dalam kasus terburuk, infeksi Trichinella bisa berakibat fatal, namun cacing ini biasanya mencoba membiarkan Anda hidup — lagipula, Anda adalah rumahnya.

Trichinosis dapat diobati dengan obat-obatan, tetapi cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memasak daging dengan benar, terutama daging hewan liar.

Jenis Trichinella yang hidup pada hewan liar telah beradaptasi untuk bertahan hidup pada suhu beku. Memasukkan daging ke dalam freezer hanya akan membuat cacing tertidur, artinya mereka sudah cukup istirahat dan siap menyerang tubuh Anda setelah Anda memakannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat