uefau17.com

Class Meeting Adalah Program Sekolah dalam Bentuk Perlombaan, Ini Contoh Kegiatannya - Hot

, Jakarta Class meeting adalah kegiatan yang diadakan di sekolah setelah ujian untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk bersantai dan melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Biasanya, class meeting diadakan menjelang liburan sekolah, seperti sebelum liburan akhir tahun.

Tujuan dari class meeting adalah untuk memberikan kelonggaran kepada siswa setelah melewati masa ujian yang melelahkan dan menegangkan. Selain itu, dapat mewadahi dan mengeluarkan semua bakat maupun minat siswa-siswi dalam bidang tertentu seperti olahraga, dan kreativitas siswa-siswi lainnya.

Class meeting umumnya dilakukan dengan suasana yang lebih santai dan menarik, sehingga siswa dapat merasa lebih nyaman dan rileks setelah melewati masa belajar mengajar hingga ujian yang melelahkan. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara siswa dan guru, serta meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk belajar di semester berikutnya.

Berikut ulas mengenai pengertian class meeting, tujuan, manfaat, dan contoh kegiatannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/12/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Class Meeting

Class meeting adalah kegiatan tahunan di sekolah yang diadakan setelah penilaian akhir semester. Definisi lain, class meeting adalah pertemuan kelas yang biasanya dilaksanakan di sekolah-sekolah jenjang SMP dan SMA/SMK.

Kegiatan ini biasanya diatur oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan melibatkan seluruh siswa di sekolah tersebut. Class meeting umumnya berisi berbagai macam kegiatan, termasuk pertandingan, perlombaan, dan acara lainnya yang bertujuan untuk mempererat hubungan antar siswa, meningkatkan semangat kebersamaan, dan meningkatkan rasa kebersamaan di antara siswa.  

Dikutip dari laman SMA Negeri Mandau, menjelaskan bahwa class meeting adalah kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya di akhir semester. Kegiatan ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengeluarkan dan mewadahi semua bakat dan minat siswa-siswi dalam bidang tertentu seperti olahraga, dan kreativitas siswa-siswi lainnya.

Selama class meeting, siswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti olahraga, seni, dan kegiatan sosial. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menghibur siswa, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan dan bakat mereka. Selain itu, class meeting juga merupakan momen di mana siswa dapat saling bersenang-senang dan bersosialisasi dengan teman-teman mereka. 

3 dari 5 halaman

Tujuan Class Meeting di Sekolah

Seperti yang telah disampaikan pada paragraf sebelumnya, kegiatan class meeting dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeluarkan dan mewadahi semua bakat dan minat siswa-siswi dalam bidang tertentu seperti olahraga, dan kreativitas siswa-siswi lainnya. Selain itu, tujuan class meeting di sekolah yang lainnya adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan membuat keputusan bersama.

Selain itu, class meeting juga bertujuan untuk membangun komunitas yang inklusif dan mendukung di dalam lingkungan sekolah. Dengan berkumpul bersama secara teratur, siswa dapat belajar untuk menghargai perbedaan, mengembangkan keterampilan sosial, serta memecahkan masalah secara bersama-sama.

4 dari 5 halaman

Manfaat Class Meeting Sekolah

Class meeting di sekolah memiliki banyak manfaat yang penting untuk perkembangan siswa-siswi. Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari class meeting adalah:

  1. Class meeting dapat meningkatkan komunikasi dan keterlibatan antara guru dan siswa. Melalui kegiatan ini, siswa memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat, ide, dan permasalahan yang mereka hadapi dalam lingkungan sekolah.
  2. Dapat menjadi ruang untuk membangun kebersamaan dan kerjasama di antara siswa-siswi. Mereka dapat saling mendukung, mempererat hubungan persahabatan, dan belajar untuk bekerja sama dalam berbagai kegiatan sekolah.
  3. Class meeting juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar tentang tanggung jawab dan kepemimpinan. Mereka dapat diajak untuk menjadi pembicara, memimpin diskusi, atau mengatur agenda pertemuan, sehingga dapat membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan.
5 dari 5 halaman

Contoh Kegiatan Class Meeting

Berikut ini ada beberapa contoh kegiatan class meeting di sekolah yang bisa anda jadikan referensi, yakni:

1. Lomba Menyanyi atau Tari

Lomba menyanyi, menari atau kesenian lainnya bisa menjadi ide untuk kegiatan class meeting tidak hanya menampilkan bakat-bakat para siswa antar kelas lomba ini juga bisa menjadi kegiatan sebagai hiburan bagi para siswa dan guru.

Kegiatan lomba seperti pagelaran seni juga bisa menjadi acara yang meriah dan menampilkan bakat-bakat yang ada. Beberapa lombanya bisa berupa lomba menyanyi, menari tradisional atau modern, hingga pagelaran teater atau kabaret.

2. Lomba Puisi atau Membaca Cerita

Selain kegiatan kesenian, ada pula contoh kegiatan class meeting yang bisa dijadikan ide yakni membaca puisi ataupun membacakan cerita. Lomba ini akan memperlihatkan para siswa-siswa yang berbakat dalam bidang sastra yang mungkin juga bisa membuka potensi siswa yang ada dalam setiap kelas.

3. Lomba Olahraga

Selanjutnya, ide kegiatan class meeting yang umum dilaksanakan adalah perlombaan olahrag. Olahraga tim seperti bola voli, basket, sepak bola, hingga softball bisa menjadi pilihan. Biasanya kedekatan para siswa dari lomba olahraga semakin terlihat ketika tim kelasnya tengah berlomba dan para teman-teman yang lain membuat yel-yel semangat untuk kelas tersebut menunjukan kekompakan kelas.

4. Fashion Show

Fashion show juga bisa menjadi ide untuk kegiatan class meeting terutama gelaran fashion dengan ide menarik seperti baju dari barang bekas atau recycle. Bahkan lomba fashion show ini juga bisa disisipkan tema kampanye sosial seperti mengenai lingkungan, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

5. Lomba Membuat Karya Antarkelas

Dalam sekolah ada pelajaran prakarya yang sering kali mengajarkan siswa berkreatif untuk membuat karya seni. Adapun tiap kelas bisa membuat galeri seni yang menampilkan karya-karya yang teman-temannya buat dan bisa dilihat oleh kelas lain ataupun para guru. Perlombaan karya seni tersebut dapat berupa melukis hingga membuat grafiti.

6. Perlombaan Debat

Di sini, para peserta diminta untuk menyusun argumen-argumen yang kuat dalam membela suatu pendapat. Penilaian biasanya berdasarkan kualitas argumentasi dan komunikasi para peserta. Perlombaan ini mungkin jarang dilaksanakan oleh siswa-siswi sebagai memeriahkan acara class meeting, namun perlombaan debat bisa mengasah komunikasi bagi peserta yang mengikutinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat