uefau17.com

Ide Kegiatan Class Meeting Sekolah yang Menarik, Kenali Tujuannya - Hot

, Jakarta Ide kegiatan class meeting sekolah yang menarik tentunya perlu kamu pahami. Apalagi bila kamu menjadi panitia class meeting sekolah, mengadakan lomba yang seru dan menyenangkan tentunya sudah menjadi suatu keharusan.

Class meeting merupakan salah satu kegiatan sekolah yang sangat dinanti-nantikan, karena mempertemukan siswa antarkelas. Kegiatan class meeting biasanya diselenggarakan oleh sekolah melalui pengurus OSIS dan dilaksanakan seluruh siswa.

Class meeting adalah kegiatan yang biasanya berupa perlombaan antarkelas di satu sekolah. Perlombaan antarkelas ini menjadi aktivitas seru sebagai ajang pertemuan dan bersenang-senang semua siswa di sekolah.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/12/2022) tentang ide kegiatan class meeting sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Class Meeting

Class meeting adalah kegiatan yang biasanya berupa perlombaan antarkelas dalam satu sekolah. Acara ini biasanya dilakukan setelah para siswa melaksanakan ujian semester. Class meeting juga diadakan untuk mengisi waktu setelah selesai ujian hingga waktu menerima rapor.

Umumnya, kegiatan class meeting dilakukan di sekolah dengan mengadakan perlombaan antarsiswa atau antarkelas. Perlombaan ini di antaranya yaitu futsal, bulu tangkis, basket, voli, menyanyi, menari, musik, membaca puisi, menggambar, melukis, dan lain sebagainya.

Jika dilaksanakan dengan baik maka kegiatan class meeting akan membawa manfaat luar biasa bagi siswa. Jadi, tak hanya sebagai sebagai hiburan atau pengisi waktu kosong saja, class meeting juga mendatangkan beragam manfaat. Class meeting bisa menjadi salah satu ajang mempererat hubungan antarsiswa dan menjalin kekompakan siswa. Class meeting sekaligus ajang bagi siswa untuk memperlihatkan bakat yang ia miliki.

3 dari 4 halaman

Ide Kegiatan Class Meeting Sekolah

1. Lomba menyanyi atau Menari

Lomba menyanyi, menari, atau kesenian lainnya bisa menjadi ide kegiatan class meeting sekolah. Lomba-lomba ini tidak hanya menampilkan bakat-bakat para siswa antar kelas, lomba ini juga bisa menjadi kegiatan sebagai hiburan bagi para siswa dan guru. Kegiatan lomba seperti pagelaran seni juga bisa menjadi acara yang meriah dan menampilkan bakat-bakat yang ada. Beberapa lombanya bisa berupa lomba menyanyi, menari tradisional atau modern, hingga pagelaran teater atau kabaret.

2. Lomba puisi atau membaca cerita

Lomba puisi ataupun membaca cerita juga bisa menjadi ide kegiatan class meeting sekolah berikutnya. Lomba ini akan memperlihatkan siswa-siswa yang berbakat dalam bidang sastra, yang mungkin juga bisa membuka potensi siswa yang ada dalam setiap kelas.

3. Lomba Olahraga

Ide kegiatan class meeting sekolah berikutnya adalah lomba olahraga. Lomba ini tentunya merupakan ide kegiatan class meeting sekolah yang paling umum sekaligus menarik. Lomba-lomba olahraga sering menjadi pilihan acara yang membuat kerja sama para siswa di kelas semakin dekat. Olahraga tim seperti bola voli, basket, sepak bola, hingga softball bisa menjadi pilihan. Biasanya kedekatan para siswa dari lomba olahraga semakin terlihat ketika tim kelasnya tengah berlomba dan teman-teman yang lain membuat yel-yel semangat untuk kelas tersebut menunjukan kekompakan kelas.

4. Fashion Show

Fashion show juga bisa menjadi ide kegiatan class meeting sekolah, terutama gelaran fashion dengan ide menarik seperti baju dari barang bekas atau recycle. Fashion dengan tema yang menyisipkan kampanye sosial seperti mengenai lingkungan, perubahan iklim, dan lain sebagainya juga bisa jadi ide class meeting.

5. Lomba membuat karya antarkelas

Ide kegiatan class meeting sekolah berikutnya yaitu lomba membuat karya antarkelas. Dalam sekolah ada pelajaran prakarya yang sering kali mengajarkan siswa bepikir kreatif untuk membuat karya seni. Adapun tiap kelas bisa membuat galeri seni yang menampilkan karya-karya yang teman-temannya buat dan bisa dilihat oleh kelas lain ataupun para guru.

4 dari 4 halaman

Tujuan Class Meeting

Mengutip smkn1barabai.sch.id, tujuan utama dari diadakannya kegiatan class meeting adalah untuk menciptakan harmonisasi dalam segala hal antarsiswa SMK Negeri 1 Barabai. Selain itu, juga banyak manfaat dari kegiatan class meeting ini, antara lain:

1. Ajang keakraban dan silaturrahmi antarsiswa, antarkelas, dan antarsiswa-guru.

2. Ajang penyaluran bakat dan minat siswa.

3. Ajang pelatihan mental kompetitif dan sportivitas siswa.

4. Ajang hiburan dan relaksasi pasca ujian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat