uefau17.com

Viral Video 500 Tabung Gas 3 Kg Terbakar di Dalam Truk, Warga Panik Menjauh - Hot

, Jakarta Beredar sebuah video menegangkan di mana api muncul dari dalam sebuah truk. Dalam video viral yang diunggah di laman Instagram @undercover.id, tampak si jago merah keluar dari dalam truk yang terparkir di sebelah rumah. Diketahui, truk tersebut berisi ratusan gas 3 kilogram.

Video detik-detik tabung gas 3 kilogram meledak pun terekam oleh kamera. Truk yang mengangkut ratusan tabung gas itu tiba-tiba mengeluarkan api dari bagian belakang truk. Melihat api tersebut, seorang bapak berusaha menyiramnya dengan seember air. Namun, usahanya sia-sia.

Dalam unggahan di laman Instagram @andreli_48, menerangkan bahwa ada sekitar 500 tabung gas yang berada di dalam truk tersebut. Meski truk sudah berusaha dimuncurkan dan dijauhkan dari rumah, tetap saja ada 3 rumah, 1 toko dan 4 unit SPM terbakar.

"500 Tabung gas 3 Rumah Serta 4 SPM Terbakar," tulis akun Instagram @andreli_48 dalam keterangan video unggahannya, dikutip pada Minggu (16/4/2023).

Diketahui, tragedi tersebut terjadi pada Sabtu (15/4/2023) jam 15:30 WIB. Dan berlokasi di Jambur 9, desa Sonomartani, kecamatan Kualuh hulu, kabupaten Labura, Sumatra Utara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi kejadian bermula dari konsleting arus pendek

Saat api mulai terlihat, sopir truk pun langsung memundurkan kendaraan tersebut agar menjauhi rumah. Sang sopir juga berusaha untuk mengeluarkan tabung gas itu dari dalam truk agar truknya tidak ikut terbakar. Puluhan tabung gas yang terkena api langsung dijatuhkan dari muatan truk tersebut.

Tak berselang lama setelah truk maju, api pun menyebar dari tabung gas yang tadi dijatuhkan. Hingga akhirnya api membesar dan membakar hampir seluruh tabung gas yang diturunkan dari truk. Penyebabnya karena ada konsleting arus pendek dari peralatan las.

Berdasarkan kronologi yang disebutkan, awalnya pemilik truk mengunjungi bengkel untuk mengelas truknya. Api itu muncul diduga karena ada kebocoran gas dan tersambar percikan api las. Warga pun berupaya memadamkan api kemudian damkar datang memadamkan dan mendinginkan api serta memastikan seluruh tabung gas aman.

Di sisi lain, tidak sedikit yang salut dengan keberanian sopir truk yang sigap dan berfikir jernih untuk langsung mengeluarkan beberapa gas yang terkena api. Warga yang melihat kejadian itu ikut mengabadikan momen mendebarkan itu. Mereka juga ikut panik dan berlari menjauh saat api mulai berkobar besar.

Menurut laporan kebakaran dinas pemadam kebakaran kabupaten Labuhan Batu Utara, kerugian dari kejadian itu mencapai 50 juta. Bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Video viral itu pun kini mendapat berbagai komentar dari warganet. Banyak yang respect dengan sikap sang sopir yang dengan segera menjauhkan truk dari rumah-rumah warga dan menjatuhkan tabung gas yang terkena cipratan api itu. 

"Supirnya pinter dan responsif. dibiarin aja sampe gasnya abis nanti mati sendiri. lebih bahaya kalau stay di truk karena bisa nyulut bensin truknya," tulis akun @wirawhy.

"Jam terbang supirnya tidak diragukan lagi," tulis akun @zulfiikar__.

"Bapak yg nyiram pake air : setidaknya saya sudah berusaha," tulis akun @imam_alqusairi29

"LPG gak akan meledak kalau di tempat terbuka salut sama supirnya berpikir jernih dan tidak panik," tulis akun @zaenalmutaqien96.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat