uefau17.com

Mengenal Zenly dan Fungsinya, Aplikasi Pelacak Lokasi yang Ditutup saat Sedang Tenar - Hot

, Jakarta Zenly adalah aplikasi berbasis lokasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi mereka secara real-time dengan teman dan keluarga. Dikembangkan oleh perusahaan asal Prancis, aplikasi ini telah mendapatkan popularitas di kalangan pengguna yang ingin tetap terhubung dengan orang-orang terdekat mereka. Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur yang menarik, Zenly menjadi pilihan favorit bagi banyak pengguna smartphone.

Salah satu fitur utama Zenly adalah kemampuannya untuk menunjukkan lokasi teman secara real-time di peta. Pengguna dapat melihat pergerakan teman-teman mereka, termasuk seberapa jauh mereka berada dan rute yang mereka ambil. Fitur ini sangat berguna untuk merencanakan pertemuan atau memastikan keselamatan teman-teman dalam situasi tertentu.

Berikut ulas mengenai aplikasi Zenly beserta fungsi dan fiturnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Aplikasi Zenly

Dikutip dari laman Tekno, Aplikasi Zenly merupakan salah satu aplikasi yang bertujuan untuk mengetahui lokasi orang terdekat kita, seperti teman, keluarga, bahkan kekasih. Melalui antarmuka yang intuitif dan fitur yang menarik, Zenly memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam berbagi lokasi dan berinteraksi dengan teman.

Mengutip dari Tech Crunch, fitur utama dari aplikasi Zenly memungkinkan pengguna melacak lokasi temannya. Ketika pengguna membuka aplikasi, teman dan anggota keluarga yang berteman di Zenly dapat dilihat sedang berkumpul di mana.

Zenly juga sempat mengembangkan peta buatan mereka sendiri. Tim pengembangannya hanya terdiri dari 10 orang yang terlibat dalam proyek pemetaan. Peta yang dihadirkan pun juga berbeda dari Google Maps atau Apple Maps, di mana mereka menampilkan visual lucu dan ikonik seperti animasi mobil, kapal, bebek karet, truk, makhluk laut, dan lain-lain.

Selain itu, Zenly menyediakan berbagai fitur sosial seperti mengirim "pengikut", mengatur zona aman, dan fitur chat untuk komunikasi langsung. Aplikasi ini sangat berguna untuk merencanakan pertemuan, memastikan keselamatan teman, dan tetap terhubung dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Startup Zenly sendiri didirikan di 2011 dengan tim yang berbasis di Paris. Di tahun 2017, perusahaan tersebut diakuisisi oleh perusahaan induk Snapchat, Snap. Di awal 2022, platform ini sudah memiliki 35 juta pengguna aktif bulanan, meski aplikasi ini tidak sebesar Snapchat.  Lalu di tahun 2022 juga, CEO dan salah satu pendiri yakni Antoine Martin memilih meninggalkan perusahaan.

3 dari 4 halaman

Fungsi Aplikasi Zenly

Zenly adalah sebuah aplikasi mobile yang populer yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi mereka secara real-time dengan teman dan keluarga. Dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Prancis, aplikasi ini menawarkan antarmuka yang intuitif dan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mengatur dan memonitor lokasi mereka dan orang-orang terdekat.

Salah satu fitur utama Zenly adalah kemampuannya untuk mempermudah pengguna dalam melacak keberadaan orang lain dengan persetujuan mereka. Fitur ini sangat berguna dalam situasi seperti mencari teman di acara besar atau memastikan keberadaan keluarga dalam perjalanan jauh. Pengguna dapat memilih untuk berbagi lokasi mereka secara terus-menerus atau hanya untuk jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan privasi mereka.

Selain itu, Zenly juga menawarkan berbagai fitur sosial yang menguatkan keterhubungan antar pengguna. Misalnya, pengguna dapat mengirim "pengikut" kepada teman-teman mereka untuk memberi tahu bahwa mereka sedang dalam perjalanan atau telah tiba di lokasi tertentu. Fitur lainnya termasuk kemampuan untuk mengatur zona aman, di mana pengguna akan menerima notifikasi jika teman mereka memasuki atau meninggalkan area tersebut.

Dengan fokus pada keamanan dan privasi, Zenly memastikan bahwa pengguna memiliki kendali penuh atas bagaimana dan kepada siapa mereka membagikan informasi lokasi mereka. Hal ini membuat Zenly menjadi pilihan yang populer di kalangan mereka yang ingin tetap terhubung secara real-time dengan orang-orang terdekat mereka tanpa mengorbankan privasi pribadi mereka.

4 dari 4 halaman

Alasan Aplikasi Zenly Ditutup

Dikutip dari laman Zenly Community, Zenly menjelaskan bahwa saat ini sangat sulit dalam mempertahankan operasi Zenly, maka dari itu Zenly ditutup.

"Sayangnya, iklim ekonomi saat ini membuat zenly sulit untuk mempertahankan operasinya. Kami senang kamu bisa menikmati Zenly, untuk emoji-spam temanmu saat beraktivitas, untuk mengirim pesan di saat yang tepat, untuk bergabung dengan teman-temanmu saat mereka sedang berkumpul... tapi sudah saatnya kami mengucapkan selamat tinggal, Zenly akan selalu menyayangimu," tulis Zenly di laman website komunitasnya.

Aplikasi Zenly ini ditutup pada tanggal 3 Februari 2023 lalu. Snap mengumumkan bahwa mereka merumahkan sekitar 20% karyawannya. dalam rangka mengatur ulang bisnis mereka untuk mengurangi pengeluaran biaya dan menghadapi penurunan penjualan. Jadi dari sekitar 6.400 karyawan yang bekerja di perusahaan, lebih dari 1.000 karyawan di antaranya dibebastugaskan (PHK).

Meskipun aplikasi Zenly tidak bisa menguntungkan dalam segi ekonomi bagi perusahaan Snap. Namun di sisi lain, mereka memutuskan tidak mau menjualnya ke perusahaan lain atau membuat perusahaan spin-off.

Meskipun Zenly populer di kalangan penggunanya, aplikasi ini belum menemukan cara untuk mulai memonetisasi basis penggunanya yang besar. Tanpa kemampuan untuk menghasilkan keuntungan yang berarti bagi perusahaan induk, Snap memutuskan untuk menutup Zenly secara permanen dan mengalihkan perhatiannya ke produk lain seperti Snapchat.

Selain itu, alasan lain dari penutupan aplikasi Zenly adalah CEO dan salah satu pendiri Antoine Martin memilih meninggalkan perusahaan. Hal ini dilakukannya pada tahun 2022 lalu setelah melakukan wawancara.

"Kami bergabung dengan Snap lima tahun lalu dan kami mulai mengerjakan Zenly 11 tahun lalu. Saya ingin move on. Dan saya belum memiliki kesempatan untuk mengambil cuti ayah yang lama," kata Antoine Martin yang dikutip pada Selasa (2/7/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat