uefau17.com

5 Tips Tetap Nyaman Beraktivitas di Luar Rumah Saat Cuaca Panas - Health

, Jakarta Beberapa minggu terakhir ini Indonesia merasakan dampak cuaca panas ekstrem yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar.

Hal tersebut berdampak pada suhu udara di Indonesia dengan beberapa daerah seperti Deli Serdang, Medan, dan Bengkulu mengalami suhu udara di atas 36 derajat Celsius.

Meski cuaca terasa lebih panas, kegiatan sehari-hari termasuk aktivitas di luar rumah tetap harus berjalan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh sangat penting agar aktivitas harian tetap bisa dilakukan dengan baik.

Berikut beberapa tips yang dibagikan Lazada agar merasa lebih nyaman meskipun berada di tengah cuaca panas yang menyengat.

1. Kenakan Pakaian yang Ringan dan Menyerap Keringat

Pilihlah pakaian yang ringan dan ringan dengan desain longgar atau bahan yang menyerap keringat agar tetap nyaman beraktivitas di bawah teriknya matahari.

Hindari memakai pakaian berwarna gelap atau yang berbahan sintetis seperti polyester, sebab pakaian ini bisa menyerap panas dan membuat badan terasa gerah.

Lebih baik mengenakan pakaian berwarna terang, khususnya warna putih yang mudah memantulkan sinar matahari. Bahan seperti katun atau linen juga lebih cocok untuk udara panas karena memungkinkan udara mengalir dengan baik.

Selain itu, pilih alas kaki yang nyaman dan tertutup untuk melindungi dari panas.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Kulit yang terpapar langsung oleh sinar UV bisa membahayakan dan mempercepat penuaan, menyebabkan kulit terasa seperti terbakar atau sunburn, bahkan bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Saai ini, banyak sekali pilihan produk sunscreen yang juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang baik untuk kulit.

Selain sunscreen, menjaga kelembaban kulit juga penting di tengah cuaca yang sangat panas ini. Pilih moisturizer yang teksturnya ringan, tapi tetap mampu melindungi barrier kulit dengan menghidrasi secara maksimal sepanjang hari.

Gunakan juga make up yang mengandung SPF, dan jangan lupa untuk re-apply setiap dua jam untuk memastikan kulit tetap terlindungi sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

3. Tambah Perlindungan dengan Jaket UV

Menggunakan pakaian lengan panjang saat berada di luar ruangan tidak menjamin perlindungan optimal secara jangka panjang. Sebagai perlindungan tambahan, pertimbangkan untuk menggunakan jaket dengan fitur proteksi UV.

Jaket ini tidak hanya melindungi dari sinar UV, tetapi juga dapat menghalau angin dan bau tidak sedap dari jalan raya atau transportasi umum.

4. Bawa Kipas Mini Portable 

Udara yang panas tentunya membuat tubuh mudah gerah dan berkeringat. Solusi cepat yang bisa dilakukan adalah dengan selalu membawa kipas mini portable.

Dengan ukurannya yang kecil dan ringan membuat kipas mini portable mudah dibawa di dalam tas untuk dibawa kemana saja.

4 dari 4 halaman

5. Banyak Minum untuk Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Saat cuaca panas, tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui keringat. Pastikan selalu menjaga hidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Meminum air putih  juga sangat dibutuhkan untuk menstabilkan suhu tubuh dan menjaga konsentrasi. Tumbler atau botol minum warna-warni dengan desain ramping bisa menjadi pilihan untuk membawa air putih kemanapun Anda pergi.

Selain tetap sehat dengan asupan minum yang cukup, membawa tumbler ini akan membuat kamu terlihat keren, dan pastinya lebih ramah lingkungan.

6. Pilih Parfum dengan Wangi yang Segar

Jangan lupa gunakan parfum dengan wangi yang segar untuk membuat Anda tetap bersemangat di tengah cuaca panas. Parfum dengan aroma buah-buahan atau floral bisa memberikan semangat dan kesegaran.

Ada banyak pilihan parfum yang memiliki aroma segar baik untuk perempuan dan laki-laki. Dengan menerapkan berbagai tips di atas, Anda bisa tetap aktif dan nyaman di tengah cuaca panas di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat