uefau17.com

Cuaca Besok Selasa 11 Juni 2024: Mayoritas Jabodetabek Turun Hujan di Siang Hari - News

, Jakarta - Jakarta di pagi hari besok, Selasa, 11 Juni 2024, langitnya seluruhnya diprakirakan berawan. Demikianlah prediksi cuaca besok.

Berbeda pada siang hari, cuaca Jakarta sebagiannya diprakirakan berawan, berawan tebal, dan cerah berawan, serta hujan ringan di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Jaksel, Jaktim, dan Jakbar pada siang dan sore hari," terang BMKG.

Untuk malam harinya, cuaca Jakarta keseluruhannya diprediksi cerah berawan, kecuali Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu berawan.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan di pagi hari, siang hujan sedang, dan malamnya cerah berawan.

Lalu di Depok, Jawa Barat pada pagi dan malamnya diprediksi hujan ringan, namun siang hujan dengan intensitas sedang.

Berbeda di Kota Bogor, Jawa Barat diprakirakan cuaca paginya berawan, siang hujan dengan intensitas sedang, dan malam hari cerah berawan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat pada waktu pagi, siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta," tegas BMKG.

Sementara itu di Kota Tangerang, Banten diprediksi langit pagi turun hujan berintensitas ringan dan siang hingga malam berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat   Berawan  Berawan   Cerah Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Berawan Tebal  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu   Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Bekasi   Hujan Ringan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Depok   Hujan Ringan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Tangerang  Hujan Ringan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa saat Cuaca Panas Ekstrem dari Salafus Shalih, dan Hikmah di Baliknya

Sebelumnya, Indonesia dan wilayah sekitarnya sering sekali mengalami cuaca panas yang luar biasa. Keadaan ini tergolong tidak biasa dan membuat banyak orang tidak nyaman dengan suhu tersebut.

Meskipun demikian, kita dapat bersyukur bahwa para ulama dan wali Allah SWT telah memberikan berbagai tuntunan doa yang sangat bermanfaat dalam menghadapi situasi ekstrem seperti ini.

Doa semacam ini menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi banyak orang di tengah panas yang menyengat ini.

Dalam keadaan panas yang tidak biasa ini, menjalankan amalan-amalan ibadah serta memperbanyak zikir dan doa bisa menjadi sarana untuk menenangkan hati dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Bersyukur atas nikmat-Nya dan kesabaran dalam menghadapi cobaan adalah kunci dalam menghadapi cuaca panas ekstrem seperti ini.

3 dari 3 halaman

Berikut Doa yang Bisa Diamalkan

Mengutip islamindonesia.id, berikut ini salah satu doa yang disampaikan oleh Allahu Yarham Al-Habib Abu Bakar al-‘Adni bin Ali Al-Masyhur, dalam salah satu pengajian yang diasuh olehnya saat masih hidup.

Ia menyampaikan bahwa para salafus shalih selalu berdoa pada hari yang sangat panas dengan doa berikut:

"Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa Ala Sayyidna Muhammad ma asyadda harra hadzal yaum. Allahumma qini min harri nari Jahannam."

"Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, Ya Allah alangkah panasnya hari ini, Ya Allah jagalah hamba dari panasnya Api Neraka Jahanam."

Semoga dengan kita mengamalkan ijazah ini, Allah berikan keringanan kepada kita terhadap cuaca panas akhir-akhir ini, dan Allah karuniai kita semua keselamatan dari azab api neraka Jahanam.

Selain doa tersebut, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga harus semakin ditingkatkan.

Dengan memperhatikan dampak dari perubahan iklim dan pola hidup yang ramah lingkungan, diharapkan dapat membantu dalam mengurangi intensitas cuaca ekstrem seperti panas yang sedang kita alami.

Upaya kolektif untuk menjaga kelestarian alam menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata dan merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat