uefau17.com

Cuaca Hari Ini Rabu 12 Juni 2024: Pagi Jabodetabek Cerah Berawan, Siang Hujan Sebagian - News

, Jakarta - Pagi di Jakarta hari ini, Rabu (12/6/2024) diprediksi seluruhnya cerah berawan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan. Demikianlah prakiraan cuaca hari ini.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca berawan diprediksi payungi seluruh Kota Jakarta siang nanti, kecuali Jakarta Selatan hujan ringan.

Untuk malam hari nanti, cuaca Jakarta keseluruhannya diprakirakan berawan, tanpa ada hujan sama sekali.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat pada pagi hari ini diprediksi cerah berawan, siang turun hujan dengan intensitas ringan,, dan malam nanti berawan.

Berbeda di Kota Bogor, Jawa Barat diprakirakan BMKG bakal diguyur hujan berintensitas ringan di pagi ini dan malam nanti, sedangkan siang hari waspada hujan petir.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat pada waktu pagi menjelang siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bogor," kata BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Sementara itu, di Kota Tangerang, Banten langit paginya diprediksi cerah berawan dan siang hingga malam hari nanti berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Kota Bogor   Hujan Ringan  Hujan Petir  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa saat Cuaca Panas Ekstrem dari Salafus Shalih, dan Hikmah di Baliknya

Sebelumnya, Indonesia dan wilayah sekitarnya sering sekali mengalami cuaca panas yang luar biasa. Keadaan ini tergolong tidak biasa dan membuat banyak orang tidak nyaman dengan suhu tersebut.

Meskipun demikian, kita dapat bersyukur bahwa para ulama dan wali Allah SWT telah memberikan berbagai tuntunan doa yang sangat bermanfaat dalam menghadapi situasi ekstrem seperti ini.

Doa semacam ini menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi banyak orang di tengah panas yang menyengat ini.

Dalam keadaan panas yang tidak biasa ini, menjalankan amalan-amalan ibadah serta memperbanyak zikir dan doa bisa menjadi sarana untuk menenangkan hati dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Bersyukur atas nikmat-Nya dan kesabaran dalam menghadapi cobaan adalah kunci dalam menghadapi cuaca panas ekstrem seperti ini.

3 dari 3 halaman

Berikut Doa yang Bisa Diamalkan

Mengutip islamindonesia.id, berikut ini salah satu doa yang disampaikan oleh Allahu Yarham Al-Habib Abu Bakar al-‘Adni bin Ali Al-Masyhur, dalam salah satu pengajian yang diasuh olehnya saat masih hidup.

Ia menyampaikan bahwa para salafus shalih selalu berdoa pada hari yang sangat panas dengan doa berikut:

"Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa Ala Sayyidna Muhammad ma asyadda harra hadzal yaum. Allahumma qini min harri nari Jahannam."

"Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, Ya Allah alangkah panasnya hari ini, Ya Allah jagalah hamba dari panasnya Api Neraka Jahanam."

Semoga dengan kita mengamalkan ijazah ini, Allah berikan keringanan kepada kita terhadap cuaca panas akhir-akhir ini, dan Allah karuniai kita semua keselamatan dari azab api neraka Jahanam.

Selain doa tersebut, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga harus semakin ditingkatkan.

Dengan memperhatikan dampak dari perubahan iklim dan pola hidup yang ramah lingkungan, diharapkan dapat membantu dalam mengurangi intensitas cuaca ekstrem seperti panas yang sedang kita alami.

Upaya kolektif untuk menjaga kelestarian alam menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata dan merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat