uefau17.com

Tersedia Shuttle Bus Gratis untuk Jurnalis yang Meliput KTT ASEAN Jakarta, Ini Rutenya - Health

, Jakarta Tersedia shuttle bus gratis dari beberapa titik penjemputan menuju lokasi Media Center KTT ASEAN Jakarta di Jakarta Convention Center (JCC), Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta untuk jurnalis.

Menurut Tim Komunikasi dan Media KTT ASEAN 2023, para jurnalis, baik sendiri maupun rombongan menaiki bus tersebut dari sejak pagi hingga sore hari, sejak beroperasinya pada 31 Agustus 2023.

“Kami sudah mulai mengantarkan ke wilayah JCC dari tanggal 31 Agustus 2023,” kata pengemudi bus Sunarso (62) dalam keterangan InfoPublik Kominfo, Minggu (3/9/2023).

Transportasi yang disediakan adalah bus dengan ukuran 3/4 yang mampu menampung hingga 30 orang.

Bus Lebih Mudah Bermanuver

Menurut Sunarso, bus ukuran jenis ini lebih mudah melakukan manuver dengan kondisi jalanan Jakarta yang cukup padat. Sehingga lebih efisien untuk mengantarkan penumpang ke sejumlah tempat di sekitar kawasan JCC.

“Menggunakan mesin yang lebih kecil dan lebih efisien daripada bus ukuran penuh,” kata Sunarso.

Tim Komunikasi dan Media KTT ke-43 ASEAN 2023 mencoba layanan bus gratis ini pada Minggu siang. Perjalanan dari Hotel Best Western di bilangan Senayan menuju Media Center di JCC, membutuhkan waktu 20 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bus Mulai Beroperasi Pukul 05.00 WIB

Bus berhenti di pintu belakang Media Center KTT ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) karena pintu depan digunakan untuk persiapan menyambut kedatangan delegasi.

Selama menaiki bus gratis, penumpang dimanjakan dengan tempat duduk yang nyaman, AC, dan fasilitas hiburan. Bus mulai beroperasi dari pukul 05.00 WIB dan berangkat setiap 15 menit.

Bus ukuran 3/4 sendiri bisa ditemukan dalam berbagai konfigurasi dan dibuat oleh berbagai produsen, termasuk produsen seperti Ford, Mercedes-Benz, dan Iveco. Model dan fitur spesifik akan bervariasi tergantung pada produsen dan kebutuhan pelanggan.

3 dari 4 halaman

Rute Shuttle Bus Gratis ke Lokasi KTT ASEAN 2023

Ada empat rute yang diberlakukan shuttle bus gratis untuk jurnalis selama berlangsungnya KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Rute 1

Dari Best Western Hotel Senayan menuju Hotel Century, Hotel Mulia Senayan, TVRI, Spark, Hall B JCC. Rute tersebut akan beroperasi mulai 1 - 6 September 2023 dari pukul 05.00-21.30 WIB.

Rute 2

dari Best Western Hotel Senayan menuju Kemendikbud, Pintu 7, The Sultan Hotel, Hall B JCC. Rute tersebut akan beroperasi mulai 1-6 September 2023 dari pukul 05.00 - 21.30 WIB.

Rute 3

Dari Blue Line Kominfo Stasiun MRT Istora mandiri menuju Pintu 9 GBK. Rute tersebut akan beroperasi mulai 1-6 September 2023 dari pukul 05.00-21.30 WIB.

Rute 4

Dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Ritz Charlton Pasific Place, The Langham, Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Best Western Hotel Senayan. Rute tersebut akan beroperasi mulai 31 Agustus - 6 September 2023 dari pukul 05.00 - 22.00 WIB.

4 dari 4 halaman

9 Negara Peserta KTT ASEAN Telah Tiba

Menjelang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, sebanyak 9 negara peserta telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (4/9/2023). KTT ASEAN ini akan berlangsung mulai 5 hingga 7 September 2023.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, selain 9 negara, terdapat sejumlah negara lainnya yang sebelumnya telah tiba pada Minggu 3 September lalu.

"Hari ini adalah puncak kedatangan para delegasi KTT ASEAN. Dari data yang kami peroleh, ada 9 negara yang akan tiba, dan beberapa yang sudah tiba pada 3 September kemarin. Seperti Cook Islands, pagi tadi Timor Leste, lalu ada juga beberapa negara peninjau PBB," katanya.

Bandara Soetta Sebagai Penerima Tamu Delegasi

Sementara untuk hari ini, selain Timor Leste, ada beberapa negara KTT ASEAN yang tiba. Seperti Vietnam, Kamboja, Laos, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Bangladesh.

Dalam penanganannya, pihak pengelola Soetta sebagai bandara satu-satunya penerima para tamu tersebut, memastikan kenyamanan dan keamanan para delegasi begitu tiba di Indonesia. Mulai dari alur ketibaan, hingga menuju lokasi diselenggarakannya KTT ke-43 ASEAN .

"Kita pastikan semua berjalan aman dan nyaman, tidak menganggu juga operasional layanan penerbengan reguler. Yang mana, untuk hari ini diperkirakan akan ada 130 ribu pergerakan penumpang yang melakukan take off dan landing baik domestik dan internasional," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat