uefau17.com

KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta, Ambulans dan Mini ICU Siap Siaga - Health

, Jakarta Petugas kesehatan yang akan terlibat pada perhelatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, 5-7 September 2023 diminta mengedepankan kesigapan dengan tata krama khas Indonesia, dalam melayani para delegasi yang hadir.

Direktur Utama Pertamedika Mira Dyah Wahyuni di Jakarta pada Sabtu (2/9/2023) menyampaikan, kebutuhan pelayanan kesehatan selama KTT ASEAN 2023 di Jakarta telah dipersiapkan.

Pertamedika IHC yang merupakan anak perusahan PT Pertamina memberikan dukungan layanan kesehatan berupa 16 unit ambulans dan mini Intensive Car Unit (ICU). Langkah ini bekerja sama dengan Kementerian Sekretariat Negara dan beberapa pihak terkait.

“Sebanyak 16 unit ambulance rescue kami siapkan dari RS IHC Group dari berbagai kota seluruh Indonesia dan 14 lainnya sinergi stakeholder dari private sector,” kata Mira. 

Unit Ambulans dari Berbagai RS IHC Group 

Unit ambulans tersebut berasal dari berbagai Rumah Sakit (RS) IHC Group yang ada di sejumlah kota di Indonesia. Seperti RS Pusat Pertamina, RS Pelabuhan Jakarta, RS Pertamina Jaya, RS Pelni, RS Port Medical Center, RS Pertamina Balongan, dan RS Perkebunan Jember Klinik.

Ambulans yang disiapkan Pertamedia IHC juga berasal dari RS PHC Surabaya, RS Krakatau Medika, RS Lavalette Malang, RS Pertamina Cilacap, RS Pelabuhan Cirebon, RS Pusat Pertamina, RS Gatoel Mojokerto, dan RS Elizabeth Situbondo.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilengkapi Dokter yang Terlatih

Mira Dyah Wahyuni menuturkan, setiap unit ambulance rescue terdiri dari dokter umum advance dan dua perawat advance yang terlatih menangani kegawatdaruratan.

Sementara mini ICU disiagakan di beberapa titik di lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, termasuk dengan tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis jantung, bedah, internis, anestesi, syaraf, dan lainnya.

Pengecekan Steril

Ambulans-ambulans tersebut sebelum dioperasikan telah melalui pengecekan steril dari Kementerian Sekretariat Negara.

"Ini demi memastikan semua unitnya, termasuk peralatan medis dan pengobatan telah memenuhi persyaratan kelengkapan," tutur Mira melalui keterangan resmi.

3 dari 4 halaman

Ada Satgas Medis yang Monitor

Pada kesempatan yang sama, Wadansatgas Medis TNI KTT ASEAN Kol.ckm dr. Ichsan Firdaus Sp.KJ. Mkes menambahkan, pengamanan KTT ASEAN 2023 di Jakarta turut disiagakan satgas medis.

Satgas medis akan bertugas memonitor, mengolaborasikan, mengoordinasikan seluruh pergerakan maupun kegiatan yang berkaitan dengan rangkaian acara tersebut.

Dukung Pilar Episentrum ASEAN

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyatakan,  sebagai BUMN Pertamina melibatkan anak usahanya untuk melayani undangan dalam KTT ASEAN sekaligus mendukung flagship event ASEAN Indo Pacific Forum 2023.

"Momentum tersebut sangat penting dan merupakan pilar episentrum pertumbuhan ekonomi ASEAN," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Siap Bekerja Profesional

Ditambahkan kembali oleh Mira Dyah Wahyuni, Pertamedika IHC siap bekerja dengan profesional.

“Bekerja secara sigap dan profesional serta mengutamakan tata krama dan sopan santun. Ini pesan Bapak Presiden Jokowi. Kita harus menunjukkan budaya kita,” katanya.

Pada penyerahan unit peralatan kesehatan Pertamedika IHC di Jakarta, Sabtu (2/9/2023) untuk kesiapsiagaan penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN, hadir Kepala Bidang Dukepsops Pusat Kesehatan (Puskes) TNI Kol M Birza Rizaldi.

Kemudian hadir Kepala Kesdam Jaya Kol ckm Ichsan Firdaus, Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan Kementerian Sekretariat Negara Hotlan Parlin, dan Komandan Sub Satgas Kesehatan Letkol Ckm Herry Herlambang.

Hadir pula Perwira Koordinator Bagian Kesehatan Letkol Kes. Whiko Irwan Destanto, Sub Satgas Kesehatan Paspamres Mayor Ckm Abdul Rohim Wadan, dan Pasiops Sub Satgas Kesehatan Paspampres Lettu Kes Muhammad Fadlilah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat