uefau17.com

Konsumsi 6 Daftar Makanan Ini untuk Maksimalkan Kinerja Otak - Health

, Jakarta Makanan sehat memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh manusia, termasuk otak. Fungsinya untuk bantu meningkatkan kemampuan berpikir. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat juga bisa mempengaruhi daya ingat seseorang. 

Dengan mengonsumsi makanan sehat, otak bisa berfungsi secara maksimal sebagai pusat pengendalian tubuh yang bertugas untuk menjaga detak jantung, pernapasan, serta berpikir. Itu sebabnya, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat secara rutin karena dapat memaksimalkan kinerja otak. 

Dirangkum dari healthline, ada 7 makanan sehat yang bisa bantu kamu memaksimalkan kinerja otak. Konsumsi sesuai anjuran dan tidak berlebihan.

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna albacore, dan sarden sering dianggap sebagai makanan yang paling baik. Hal ini dikarenakan ikan-ikan tersebut merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Tujuannya untuk mengembangkan sel-sel otak dan saraf guna memproses pembelajaran dan memori. Selain itu, omega-3 juga memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan otak.

2. Blueberry

Blueberry memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk beberapa yang secara khusus berhubungan dengan kesehatan otak. Buah blueberry dan berbagai jenis buah beri lainnya menghasilkan antosianin, yaitu suatu kelompok senyawa tumbuhan yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bekerja berfungsi untuk melawan stres oksidatif dan peradangan, dua kondisi yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Selain itu, beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam blueberry diketahui dapat mengumpul di dalam otak dan membantu meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa antioksidan yang melimpah. Selain itu, brokoli juga merupakan sumber vitamin K yang sangat tinggi. Vitamin K yang larut dalam lemak memiliki peran penting dalam pembentukan sphingolipid, yaitu jenis lemak yang padat dalam sel otak.

Selain kandungan vitamin K-nya, brokoli juga mengandung sejumlah senyawa lain yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Hal ini dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

4. Kacang-Kacangan

Manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan otak terdapat dari kandungan nutrisinya, seperti lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E. Vitamin E berperan dalam melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga membantu memperlambat penurunan fungsi mental. Meskipun semua jenis kacang bermanfaat bagi otak, kenari dapat memiliki keunggulan tambahan karena mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi.

3 dari 4 halaman

5. Jeruk

Kamu dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan vitamin C harian dengan mengonsumsi satu jeruk ukuran sedang. Hal ini sangat penting untuk kesehatan otak karena vitamin C merupakan faktor kunci dalam mencegah penurunan fungsi mental. 

Tingkat vitamin C yang tinggi dalam darah terkait dengan peningkatan dalam tugas-tugas yang melibatkan fokus, memori, perhatian, dan kecepatan pengambilan keputusan. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. 

Selain itu, vitamin C juga mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia dan dapat memberikan perlindungan dari kondisi seperti depresi berat, kecemasan, skizofrenia, dan penyakit Alzheimer. Ada juga makanan lain yang dapat memberikan kandungan vitamin C yang tinggi, seperti paprika, jambu biji, kiwi, tomat, dan stroberi.

6. Telur

Telur merupakan sumber yang kaya nutrisi yang penting untuk kesehatan otak, termasuk vitamin B6 dan B12, folat, dan kolin. Kolin, sebagai salah satu mikronutrien penting yang digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan asetilkolin, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan memori. 

Selain itu, vitamin B yang terdapat dalam telur juga memiliki peran penting dalam kesehatan otak. Misalnya, vitamin B dapat membantu melambatkan perkembangan penurunan fungsi mental pada orang dewasa yang lebih tua dengan mengurangi kadar homosistein, asam amino yang terkait dengan demensia dan penyakit Alzheimer. Vitamin B12 juga berperan dalam sintesis zat kimia otak dan mengatur kadar gula di otak.

 

4 dari 4 halaman

Kunyit

Buat kamu yang gemar masak, jangan lewatkan bahan satu ini. Bumbu berwarna kuning yang pekat ini adalah komponen utama dalam bubuk kari dan memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan otak. Kunyit memiliki curcumin, yaitu senyawa yang kuat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. 

Kunyit juga telah terbukti mampu untuk menembus penghalang darah-otak, sehingga dapat langsung memberikan manfaat pada sel-sel otak. Berikut adalah manfaat kunyit bagi otak:

  • Meningkatkan daya ingat

Curcumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada individu yang menderita Alzheimer, serta membantu membersihkan plak amiloid yang menjadi karakteristik penyakit tersebut.

  • Meringankan depresi

Curcumin dapat meningkatkan tingkat serotonin dan dopamin, dua neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan suasana hati. 

  • Mendorong pertumbuhan sel otak baru

Curcumin dapat meningkatkan faktor neurotropik yang berasal dari otak, yaitu hormon pertumbuhan yang membantu dalam perkembangan sel-sel otak baru. Ini dapat membantu melambatkan penurunan mental terkait usia.

Dengan mengonsumsi makanan sehat ini secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kinerja kamu dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan seimbang dan menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk mencapai keseimbangan dan kesehatan yang optimal.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat