uefau17.com

7 Tips Jalani Hubungan Jarak Jauh Minim Drama, Mulai dari Pertahankan Komunikasi hingga Virtual Date - Health

, Jakarta - Hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) memang sulit. Meski Anda mungkin memiliki rasa sayang yang besar untuk pasangan Anda, jarak dan waktu bisa menguji ikatan setiap pasangan.

Berkomitmen pada hubungan jarak jauh merupakan keputusan yang besar dan penting. Berita baiknya adalah mempertahankan hubungan jarak jauh bukanlah hal yang mustahil.

Di sisi lain, hubungan jarak jauh memberikan kesempatan untuk lebih mengenal pasangan Anda secara lebih dalam dan memperkuat kedekatan emosional Anda.

Untungnya, kita hidup di zaman dengan teknologi maju, sehingga ada banyak cara untuk menjaga komunikasi dengan pasangan Anda dari jarak jauh. Berikut tips LDR yang bisa bantu hubungan jarak jauh Anda bertahan lama dan minim drama menurut Prevention.

Tetap Terhubung dengan Mengobrol Setiap Hari

Psikolog klinis dan penulis, Carla Marie Manly, Ph.D., mengatakan bahwa berkomunikasi secara terbuka merupakan hal terpenting, khususnya dalam hubungan jarak jauh. 

"Banyak hubungan jarak jauh hancur ketika pasangan lupa untuk melakukan ritual kecil untuk membangun koneksi yang sehat. Penting untuk diingat bahwa hal-hal kecil seperti menelepon untuk mengucapkan selamat malam atau mengucapkan selamat pagi dengan tulus dapat berdampak besar," kata Manly.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Berbagai Cara, Bisa dengan Video Call

Gunakan Berbagai Cara untuk Tetap Terhubung

Direktur Psikologi di All Points North Lodge, Amerika Serikat, Ryan Drzewiecki, Psy.D., menyarankan untuk mencoba berbagai cara untuk berkomunikasi selain telepon.

"Kirim foto dan video sepanjang hari, bagikan meme yang membuat Anda tertawa, tautkan artikel yang menurut Anda menarik, atau kirim paket perawatan melalui pos," 

"Dengan (berkomunikasi secara) bervariasi, Anda akan membuat hubungan tetap menarik dan menyenangkan. Menghindari komunikasi menjadi rutinitas yang membosankan,” jelas Drzewiecki.

Video Call Tiap Minggu

Video call dengan pasangan Anda setidaknya seminggu sekali dapat sangat membantu komunikasi. 

Menurut Terapis Keluarga dan Hubungan di Beverly Hills dan New York City, Fran Walfish, Psy.D., komunikasi sangat penting untuk menjaga hubungan jarak jauh.

Dengan video call, Anda dan pasangan bisa membaca bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan pesan-pesan tambahan yang mengungkapkan perasaan asli satu sama lain. 

"Tujuannya adalah untuk memahami apa yang membuatnya merasa nyaman dan menyampaikan apa yang membuatmu merasa nyaman juga," kata Walfish.

3 dari 4 halaman

Cari Cara Kreatif untuk Bonding, Bisa Coba Virtual Date Night

Cari Cara Kreatif untuk Bonding

Supaya hubungan tetap seru dan tidak membosankan, cobalah cari cara kreatif untuk terhubung dengan pasangan Anda

Psikolog dan Terapis Seks dan Anggota American Psychological Association (APA), Christopher Ryan Jones, mengatakan "Apabila Anda ingin menonton film favorit bersama, berkat Amazon Prime, Netflix, dan layanan streaming lainnya, Anda bisa membuat virtual date night via Skype atau Zoom sambil nonton film bersama," katanya.

Jones juga menyarankan untuk memberikan pasangan sebuah kejutan dengan bunga, cokelat, atau kado lain yang bisa membuat mereka senang walau kalian berjarak jauh.

Virtual Date

Nonton film bersama pasangan sudah menjadi cara yang umum buat bikin virtual date night, masih ada banyak cara seru lainnya untuk bikin hubungan Anda dan pasangan tetap romantis.

Konselor Kesehatan Mental Online di Getting Overzat, Tara Overzat, Ph.D., menyarankan untuk mencoba makan malam bersama via Zoom atau melakukan virtual tour ke museum bersama.

"Walau berjarak jauh, tetep penting untuk cari waktu buat ngelakuin aktivitas spesial bareng pasanganmu," kata dia.

4 dari 4 halaman

Buat Daftar Impian Bersama dan Tetapkan Harapan

Buatlah Daftar Impian Bersama Pasangan

Membuat daftar impian bersama bisa jadi cara asik untuk menjaga hubungan tetap seru. Pastinya, kalian bisa masukkan impian jangka panjang, seperti tinggal berdekatan dan bertemu setiap hari.

Namun, nggak ada salahnya juga untuk bikin daftar yang simpel dan hanya berisi aktivitas-aktivitas seru. Misalnya, mungkin impian jalan-jalan ke Meksiko, lari maraton bersama, atau belajar masak di kelas memasak. 

Tetapkan Harapan

Karena terbatas oleh jarak, Anda dan pasangan dapat membahas harapan dan keinginan masing-masing untuk hubungan kalian. 

"Kelola kebiasaan yang tidak sehat dengan berkomunikasi dan bertanggung jawab atas ketakutan, kebutuhan, dan harapan Anda," 

"Kalian berdua perlu mengerti dengan jelas dengan apa yang diharapkan dari masing-masing selama menjalani hubungan jarak jauh ini,” kata Overzat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat