uefau17.com

Sudah Ditemukan, Ridwan Kamil Jelaskan Jasad Eril Utuh Meski 14 Hari di Dasar Sungai Aare - Health

, Jakarta - Jasad Emmeril Kahn Mumtadz tetap dalam kondisi utuh dan bersih meski telah berada di dasar Sungai Aare selama kurang lebih 14 hari. Tubuh putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu ditemukan di Bendungan Engehalde, Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 pukul 06.50 waktu setempat.

Sebelumnya, pemuda 23 tahun yang akrab disapa Eril itu dikabarkan hilang terbawa arus ketika berenang di Sungai Aare bersama teman dan adiknya pada 26 Mei 2022.

Mengenai jasad putra sulungnya yang masih tetap utuh, Ridwan Kamil memberi penjelasan ilmiah.

"Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," tulisnya dalam Instastory di akun Instagram pribadi, Jumat, 10 Juni 2022.

Dalam unggahan di Instastory itu, Ridwan Kamil juga mengungkap bahwa dia baru saja memandikan jenazah Eril di Rumah Sakit Bern.

Pada unggahan terdahulu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga memberi kesaksian mengenai kondisi Eril setelah ditemukan. Menurutnya, tak hanya masih utuh dan lengkap, jasad Eril pun wangi seperti aroma daun eucalyptus.

"dan MASYA ALLAH, Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus," tulisnya.

Selain memandikan putranya sesuai syariat Islam, Ridwan Kamil juga sempat mengumandangkan azan di telinga Eril. 

"Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengansempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," tulisnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akan Dibawa ke Indonesia

Melalui Instagram, Ridwan Kamil mengatakan, jenazah Eril akan dibawa ke Tanah Air pada Minggu, 12 Juni 2022. Lalu, rencananya dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin," kata Ridwan Kamil.

Mengenai kepulangan Eril juga dikonfirmasi oleh Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya. Wahyu mengatakan, jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini.

"Tadi disebutkan mudah-mudahan di hari Sabtu atau hari Minggu almarhum sudah bisa di Jakarta kemudian akan dibawa ke Bandung," kata Wahyu dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

Wahyu mengaku pihaknya akan menyiapkan proses penjemputan jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta. Namun, ia tak merinci soal teknis penjemputan.

"Kemudian proses di sana kita akan lakukan penjemputan, namun secara detail nanti akan kami informasikan kemudian kami akan secara terus menerus berkomunikasi dengan pihak bandara dan dengan pihak Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Ucapan Syukur Atalia Ridwan Kamil

Tak hanya Ridwan Kamil yang merasa lega jasad putranya telah  ditemukan. Sang istri, ibunda Eril, Atalia Praratya pun mengucap syukur.

"Alhamdulillah Allahu Akbar," kata istri Ridwan Kamil dalam akun Instagram pribadinya.

Jasad kakak Zara dan Arka yang dikabarkan dalam kondisi utuh membuat Atalia yang akrab disapa Bu Cinta itu yakin Tuhan menjaga dan memuliakan putranya.

"Ditemukannya a Eril dalam keadaan utuh, lengkap, bersih, tampan, tersenyum dan wangi setelah 14 hari menghilang, membuat saya yakin seyakin yakinnya bahwa Allah menjaga dan memuliakannya."

Temuan jasad Eril yang sudah teridentifikasi dengan tes DNA membuat rasa khawatir dan gundah yang dirasakan Atalia selama dua pekan sirna.

Perempuan 48 tahun itu pun yakin bahwa kekuatan ikhtiar dan doa memang maha dahsyat.

"Dari resah kini berubah menjadi syukur yang begitu dalam."

"Karena tentu tidak ada yang lebih diinginkan oleh seorang hamba selain berada dalam liputan kasih sayang Allah di akhir hidupnya. Husnul khatimah."

 

4 dari 4 halaman

Ayah Hebat

Ketika mendapat kabar bahwa putra sulungnya hilang terbawa arus sungai, Ridwan Kamil tengah melakukan kunjungan di Inggris. Dia pun segera terbang ke Swiss setelah tugasnya rampung. 

Dalam misi pencarian Eril oleh pihak berwenang di Bern, Swiss, Ridwan Kamil serta sang istri Atalia Praratya tak tinggal diam. Keduanya, terutama Ridwan Kamil, turut serta menyusuri tepian Sungai Bern setiap hari. 

Aksi Ridwan Kamil tak hanya terekam oleh media, melainkan juga diabadikan oleh sang istri dalam akun media sosialnya. Atalia yang mendapat julukan Si Cinta oleh Ridwan Kamil mengabadikan upaya sang suami dengan judul "Ayah hebat". 

Dalam video singkat yang diunggahnya itu, Atalia menuliskan pesan, "Ini yang dilakukan ayahmu setiap hari, ril..."

Diakui Ridwan Kamil saat kembali ke Tanah Air pada 4 Juni 2022, layaknya orangtua lain dia akan melakukan apapun untuk anaknya, termasuk bertukar tempat. 

"Seandainya kami bisa bertukar tempat. Seandainya. Pastilah itu yang setiap orangtua akan lakukan."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat