uefau17.com

[Kolom Pakar] Prof Tjandra Yoga Aditama : Empat Hal Kesehatan Haji dari New York - Health

, New York - Saya dari Forrest Hill New York pada Sabtu, 28 Mei 2022, menyampaikan presentasi pada pertemuan Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) yang diselenggarakan di Jakarta.

Peserta pertemuan adalah para petugas kesehatan Haji yang akan mengawal jamaah Haji kita tahun ini, dan juga pemerhati lainnya.

Pada dasarnya ada lima hal yang saya sampaikan dari New York, kota dengan sedikitnya ada sekitar satu juta umat Islam dan juga memiliki beberapa masjid di berbagai sudut kota.

Pertama, COVID-19 memang masih merupakan pandemi dunia, sebagaimana juga disampaikan Direktur Jenderal WHO pada acara pembukaan World Health Assembly 22 Mei 2022 di Jenewa.

Oleh sebab itu dan karena akan ada sekitar satu juta jamaah Haji tahun ini, termasuk dari negara-negara yang angka vaksinasi COVID-19 masih amat rendah seperti dari Afrika, maka para petugas kesehatan harus mewaspadai COVID-19 pada jamaah kita.

Tiga hal yang harus dilakukan yaitu pencegahan, deteksi, dan penanganan yang positif COVID-19. Masalahnya tentu menjadi lebih kompleks karena harus berkoordinasi ketat dengan otoritas kesehatan di Saudi Arabia.

Di pihak lain, telah terselenggaranya Umrah Ramadhan di Saudi Arabia dengan jamaah yang amat tinggi pula dan tidak menimbulkan dampak kesehatan berarti merupakan 'great pre event test' untuk pelaksanaan kesehatan Haji yang puncaknya pada 7-12 Juli 2022 ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkait Pelaksanaan Haji 2022

Kedua, harus diingat bahwa selain COVID-19 maka potensi berbagai penyakit menular juga tetap ada. Secara umum kalau ada 'mass gathering' maka penularan infeksi saluran napas selalu jadi tantangan utama.

Harus diingat juga bahwa 'Middle East Respiratory Syndrom alias MERS CoV' juga masih ada kasusnya, walaupun memang tidak banyak.

Hal ketiga yang saya sampaikan adalah soalnya panasnya suhu udara pada musim haji tahun ini. Dampak kesehatan yang perlu diantisipasi dapat sampai mencegah dan menangani 'heat stroke' dan berbagai masalah kesehatan lain.

Juga, peristiwa tragis di masa lalu seperti tragedi Terowongan Mina dan lain-lain biasanya terjadi pada cuaca amat panas seperti tahun ini, dan secara ilmiah disebutkan bahwa cuaca yang amat panas cenderung meningkatkan perilaku agresif, sesuatu yang jelas perlu ditangani petugas kesehatan Haji kita.

 

3 dari 3 halaman

Hal Lainnya

Keempat, saya sampaikan tujuh tahapan yang harus diawasi petugas kesehatan.

Pertama, persiapan di tanah air sebelum jamaah berangkat, kedua adalah waktu penerbangan dan mendarat di Saudi, ketiga pengaturan tempat tinggal di Mekkah dan Madinah serta keempat adalah kegiatan-kegiatan sebelum puncak ibadah Haji di mana para Jamaah harus terus menjaga kesehatannya.

Kelima adalah penanganan kesehatan di Arafah, Musdalifah dan Mina, keenam keadaan sesudah Armina di mana jamaah sudah cukup lelah, dan ketujuh proses pemulangan ke tanah air.

Penulis : Prof Tjandra Yoga Aditama

Sedang di New York menghadiri Wisuda Columbia University, dan 29 Mei kembali ke Jakarta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat