uefau17.com

Dahsyat, Dapat Apresiasi di Tempat Kerja Bikin Badan Lebih Sehat - Health

, Jakarta Mendapatkan apresiasi di tempat kerja tidak hanya membangun relasi yang lebih baik dengan rekan. Di sisi lain, ucapan terima kasih yang kita terima juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik.

Sebuah studi yang dilakukan pada para perawat di Oregon menemukan, mereka yang mendapatkan ucapan terima kasih di tempat kerja, merasa lebih puas dengan pekerjaannya. Selain itu, para pekerja ini juga mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, makan lebih sehat, serta sakit kepala lebih sedikit.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology meminta 146 perawat ini untuk mengisi beberapa survei tentang tidur, kesehatan fisik, serta penerimaan apresiasi atas pekerjaan mereka. Selain itu, evaluasi pekerjaan juga diberikan setiap minggunya dalam tiga bulan.

Pemilihan peserta juga didasari karena banyaknya perawat yang tidak menerima ucapan terima kasih. Melansir New York Post pada Rabu (20/3/2019), penulis studi Alicia Starkey dari departemen psikologi Portland State University, AS mengatakan, pekerjaan tersebut banyak didasari tanpa rasa pamrih.

"Mereka mengalami banyak konflik interpersonal, baik dengan pasien dan juga rekan kerja, serta dokter," kata Starkey pada MarketWatch

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasa lebih puas

Apresiasi yang mereka dapatkan juga bisa membantu para petugas kesehatan dalam mengatasi kelelahan. Studi juga menyatakan bahwa temuan ini bisa diterapkan dalam berbagai pekerjaan seperti militer hingga pelayanan sipil.

"Ketika kita menerima ucapan terima kasih atau orang-orang mengakui kita untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, kita mungkin merasa lebih puas dengan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Ini mungkin berhubungan dengan tidur yang lebih baik di malam hari serta perilaku merawat diri," kata Starkey.

Dalam penelitian terpisah di 2015 oleh IBM's Smarter Workforce Institute, pekerja yang mendapatkan apresiasi cenderung lebih aktif di tempat kerja dan kecil kemungkinan untuk mengundurkan diir. Selain itu, jajak pendapat Gallup menemukan, pekerja yang manajernya lebih fokus pada karakteristik positif bawahnnya, jauh lebih terlibat dalam pekerjaan.

Sayangnya, studi 2018 dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa orang cenderung meremehkan ucapan terima kasih. Beberapa orang juga merasakan perasaan canggung saat mereka mendapatkan ucapan dan apresiasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat