uefau17.com

Tanda Paling Klasik dari Penyakit Jantung Koroner - Health

, Jakarta Tidak semua nyeri di bagian dada berhubungan dengan penyakit jantung. Apalagi bila nyeri terjadi saat sedang berolahraga. Bisa jadi karena kondisi nyeri otot biasa, masalah tulang, atau paru.

Baca Juga

  • Mengenali Tanda Serangan Jantung Sebulan Sebelumnya
  • Risiko Olahraga pada Penderita Jantung Koroner
  • Ada Kerabat Pasang Ring Jantung Anda Mesti Waspada

Menurut ahli bedah toraks dan kardiovaskular dari OMNI Hospital Alam Sutera dr Alfa Ferry, SpBTKV, nyeri yang timbul akibat penyakit jantung punya ciri khas sendiri yang dapat kita kenali dan waspadai.

"Di bagian sebelah kiri dada muncul rasa sakit ketika melakukan aktivitas. Munculnya cuma sebentar, dan hilang sendiri tak lama kemudian," kata dia di Alam Sutera, Tangerang, ditulis Senin (14/12/2015).

Jika kita merasakan seperti tertusuk-tusuk ketika sedang beraktivitas, berhenti sebentar. Lima sampai 30 detik rasa sakit itu akan hilang. Kalau melakukan aktivitas yang sama nyeri itu muncul lagi, Alfa Ferry menyebut itu tanda paling klasik dari penyakit jantung koroner.

"Kita mengenalnya sebagai hukum supply dan demand. Ketika jantung berupaya kuat tapi supply darah kurang, dia akan berteriak dalam bentuk sakit dada," kata Alfa Ferry. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat