uefau17.com

Jangan Diabaikan, 3 Tanda Penyakit Jantung dan Kanker yang Terlihat di Tangan - Citizen6

, Jakarta Kondisi tangan dapat mengungkapkan banyak hal tentang diri Anda, mulai dari kapalan keras yang menggambarkan pekerjaan kasar hingga kelembutan yang menyertai kehidupan yang tenteram. Namun mereka juga dapat mengembangkan gejala penting dari masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Penyakit jantung adalah pembunuh terbesar kedua di Inggris, merenggut lebih dari 60.000 nyawa setiap tahunnya. Meskipun genetika dapat berperan dalam risiko Anda, deteksi dini masalah seperti kolesterol tinggi, diikuti dengan perubahan pola makan atau pengobatan, dapat mencegahnya.

Kanker paru-paru, penyebab kematian kelima di Inggris, merenggut 95 nyawa prematur setiap hari. Berhenti merokok dapat mengurangi risiko Anda, namun demikian pula, mendeteksi gejala sejak dini dan mencari nasihat medis dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup sebanyak 20 kali lipat.

Meskipun tangan Anda bukan penyebab masalah kesehatan ini, tangan Anda dapat menunjukkan serangkaian gejala yang menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres. Meskipun sebagian besar tanda-tanda ini tidak berbahaya, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis jika gejalanya terus berlanjut atau memburuk.

Berikut ini tanda-tandanya seperti dihimpun dari Mirror:

Finger Clubbing

Ketika bagian atas jari tangan dan/atau kaki Anda mulai membengkak, dan kulit di sekitar kuku Anda menjadi berkilau, hal ini dikenal sebagai finger clubbing, digital clubbing, dan terkadang jari Hippocrates. Clubbing sering kali menyebabkan bentuk dan sudut kuku kaki berubah seiring dengan membengkaknya bagian atas pelengkap, sering kali menjadi merah dan hangat saat disentuh.

Biasanya, ini terjadi secara perlahan selama bertahun-tahun, namun dapat terjadi dengan cepat jika dipicu oleh abses di paru-paru Anda. Menurut Rumah Sakit Mount Sinai, penyebab paling umum dari ini adalah kanker paru-paru, meskipun hal ini dapat mengindikasikan kondisi lain, dan tidak semua orang yang mengidap penyakit ini akan mengalaminya.

Biasanya, penyakit ini akan dimulai dari pangkal kuku sebelum melebar sehingga menyebabkan kuku melengkung lebih dari biasanya. Namun untuk mengetahui apakah lekukan di jari Anda berbentuk tabuh, ada tes sederhana - rapatkan kuku jari Anda, jika Anda melihat terowongan cahaya kecil berbentuk berlian, kemungkinan besar jari Anda baik-baik saja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buku-buku jari bengkak

Biasanya, kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda hanya bisa diketahui melalui tes darah yang dilakukan oleh dokter umum. Namun, bagi mereka yang memiliki penyakit keturunan yang dikenal sebagai hiperkolesterolemia familial, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dan mengabaikan perawatan diri dapat menyebabkan buku-buku jari bengkak.

Hal ini disebut sebagai tendon xanthomata, suatu kondisi yang dipicu oleh penumpukan kolesterol di sekitar tendon Anda, yang dapat berdampak pada buku-buku jari tangan, lutut, dan tendon Achilles Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kondisi ini sering mengalami penebalan arteri akibat kadar kolesterol tinggi sejak usia 11 tahun, menurut sebuah penelitian NHS. Hal ini membuat identifikasi gejala-gejala ini dan penerapan perubahan gaya hidup yang diperlukan menjadi penting.

 

3 dari 5 halaman

Jari-jari memar

Potensi bahaya lainnya adalah jika Anda mulai melihat memar di jari Anda. Sangat jarang terjadi memar di area ini dan ini bisa menandakan adanya masalah pada darah Anda.

Kecuali jika Anda mengalami benjolan atau cedera yang parah, memar di jari Anda merupakan hal yang jarang terjadi tanpa disadari, dan sering kali hal ini merupakan sinyal bagi dokter untuk melakukan tes terhadap jenis kanker. Direktur Riset Leukemia Inggris, Simon Ridley, mengatakan kepada Express: "Salah satu tanda dan gejala peringatan umum leukemia adalah memar."

"Memar ini berbeda dari yang biasa kita alami karena dapat muncul di tempat yang aneh atau tidak terduga, misalnya di tangan orang dewasa."

 

4 dari 5 halaman

Gejala kanker paru-paru lainnya

Finger clubbing adalah salah satu gejala kanker paru-paru atau mesothelioma yang kurang umum, gejala yang lebih umum adalah:

  • Batuk terus-menerus yang berlangsung selama tiga minggu atau lebih
  • Sesak napasmengi
  • Infeksi dada yang sering terjadi
  • Batuk yang berubah atau bertambah parah
  • Nyeri dada dan/atau bahu
  • Batuk darah atau darah di dahak Anda
  • Kelelahan atau kekurangan energi yang tidak dapat dijelaskan
  • Suara serak
  • Bengkak di wajah atau leher.

Meskipun gejala-gejala ini tidak selalu berarti Anda menderita kanker paru-paru, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran. Menurut NHS, siapa pun yang didiagnosis menderita kanker paru-paru pada stadium pertama memiliki peluang 20 kali lebih tinggi untuk bertahan hidup selama lima tahun atau lebih.

 

5 dari 5 halaman

Gejala penyakit jantung lainnya

Tanda penyakit jantung koroner yang paling jelas adalah serangan jantung atau angina, namun ada beragam gejala yang jika dialami terus menerus atau bersamaan dengan gejala lain bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan jantung Anda. Gejala-gejala tersebut meliputi:

  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Batuk atau Mengi
  • Bengkak di tungkai, pergelangan kaki, atau kaki
  • Sirkulasi yang buruk
  • Kelelahan
  • Palpitasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat