uefau17.com

Pendiri Wikileaks Julian Assange Dibebaskan Usai Capai Kesepakatan Pembelaan AS, 1.901 Hari Setelah Dipenjara di Inggris - Global

, New York - Setelah perselisihan hukum selama bertahun-tahun, pihak Wikileaks mengatakan bahwa pendirinya Julian Assange telah meninggalkan Inggris, setelah mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang AS yang akan membuatnya mengaku bersalah atas tuduhan pidana dan bebas.

Julian Assange, 52 tahun, didakwa melakukan konspirasi untuk mendapatkan dan mengungkapkan informasi pertahanan nasional AS.

Selama bertahun-tahun, AS berpendapat bahwa dokumen Wikileaks – yang mengungkapkan informasi tentang perang Irak dan Afghanistan – membahayakan nyawa.

Julian Assange menghabiskan lima tahun terakhirnya di penjara Inggris, tempat ia berjuang untuk ekstradisi ke AS.

Menurut CBS, mitra BBC AS, seperti dikutip Selasa (25/6/2024), Julian Assange tidak akan menghabiskan waktu di tahanan AS dan akan menerima potongan atas masa penahanannya di Inggris.

Julian Assange akan kembali ke Australia, menurut surat dari departemen kehakiman.

Di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, Wikileaks mengatakan Julian Assange meninggalkan penjara Belmarsh pada hari Senin (24/6) setelah 1.901 hari di sel kecil.

Dia kemudian "dilepaskan di Bandara Stansted pada sore hari, di mana dia naik pesawat dan berangkat dari Inggris" untuk kembali ke Australia, tambah pernyataan itu.

Video yang dibagikan secara online oleh Wikileaks menunjukkan Julian Assange, mengenakan jeans dan kemeja biru, diantar ke Bandara Stansted lalu menaiki pesawat.

BBC belum dapat memverifikasi video tersebut secara independen.

Istrinya, Stella Assange, menulis tweet terima kasih kepada para pendukungnya "yang telah melakukan mobilisasi selama bertahun-tahun untuk mewujudkan hal ini".

Kesepakatan itu – yang akan membuatnya mengaku bersalah atas satu dakwaan – diperkirakan akan diselesaikan di pengadilan di Kepulauan Mariana Utara pada Rabu, 26 Juni.

Pulau-pulau terpencil di Pasifik, yang merupakan wilayah persemakmuran AS, jauh lebih dekat dengan Australia dibandingkan dengan pengadilan federal AS di Hawaii atau benua AS.

Agence France Press mengutip juru bicara pemerintah Australia yang mengatakan bahwa kasus ini "berlarut-larut terlalu lama".

Pengacaranya, Richard Miller, menolak berkomentar saat dihubungi CBS. BBC juga telah menghubungi pengacaranya yang berbasis di AS.

Dia dan pengacaranya telah lama menyatakan bahwa kasus yang menimpanya bermotif politik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joe Biden Sempat Diminta Batalkan Tuntutan Atas Julian Assange

Pada bulan April, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dia sedang mempertimbangkan permintaan Australia untuk membatalkan penuntutan terhadap Assange.

Dalam kemenangannya pada bulan berikutnya, Pengadilan Tinggi Inggris memutuskan bahwa Assange dapat mengajukan banding baru terhadap ekstradisi ke AS, sehingga memungkinkan dia untuk menantang jaminan AS mengenai bagaimana persidangan prospektifnya akan dilakukan dan apakah hak kebebasan berpendapatnya akan dilanggar.

Setelah keputusan tersebut, istrinya Stella mengatakan kepada wartawan dan pendukungnya bahwa pemerintahan Biden “harus menjauhkan diri dari penuntutan yang memalukan ini”.

 

3 dari 4 halaman

18 Dakwaan Ditujukan ke Pendiri Wikileaks

Jaksa AS awalnya ingin mengadili pendiri Wikileaks itu atas 18 dakwaan - sebagian besar berdasarkan Undang-Undang Spionase - atas pengungkapan catatan rahasia militer AS dan pesan diplomatik terkait perang di Afghanistan dan Irak.

Wikileaks, yang didirikan Assange pada tahun 2006, mengklaim telah menerbitkan lebih dari 10 juta dokumen yang kemudian digambarkan oleh pemerintah AS sebagai "salah satu kompromi informasi rahasia terbesar dalam sejarah Amerika Serikat".

Pada tahun 2010, situs tersebut menerbitkan video dari helikopter militer AS yang menunjukkan lebih dari selusin warga sipil Irak, termasuk dua reporter berita Reuters, terbunuh di Bagdad.

Salah satu kolaborator Julian Assange yang paling terkenal, analis intelijen Angkatan Darat AS Chelsea Manning, dijatuhi hukuman 35 tahun penjara sebelum presiden saat itu Barack Obama meringankan hukumannya pada tahun 2017.

 

4 dari 4 halaman

Tuduhan Kasus Pemerkosaan Terhadap Julian Assange

Julian Assange juga menghadapi tuduhan terpisah atas pemerkosaan dan kekerasan seksual di Swedia, namun ia membantahnya.

Dia menghabiskan tujuh tahun bersembunyi di kedutaan Ekuador di London, mengklaim kasus Swedia akan membawanya ke Amerika.

Pihak berwenang Swedia membatalkan kasus ini pada tahun 2019 dan mengatakan bahwa sudah terlalu banyak waktu berlalu sejak pengaduan awal, namun pihak berwenang Inggris kemudian menahannya. Ia diadili karena tidak menyerahkan diri ke pengadilan untuk diekstradisi ke Swedia.

Bahkan di tengah perjuangan hukum yang sudah berlangsung lama, Assange jarang terlihat di depan umum dan selama bertahun-tahun dilaporkan menderita kesehatan yang buruk, termasuk stroke ringan di penjara pada tahun 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat