uefau17.com

Biden Absen dari KTT Perdamaian Ukraina, AS Diwakili Wapres Kamala Harris - Global

, Tel Aviv - Wakil Presiden Kamala Harris akan mewakili Amerika Serikat (AS) pada KTT Perdamaian Ukraina yang diselenggarakan di Swiss pada 15-16 Juni 2024.

Gedung Putih mengatakan Harris akan menghadiri pertemuan di Lucerne pada 15 Juni. Pada saat bersamaan, Presiden Joe Biden dijadwalkan menghadiri acara penggalangan dana kampanye di Los Angeles yang dipandu oleh aktor George Clooney dan Julia Roberts.

"Wakil presiden akan menggarisbawahi komitmen Pemerintahan Biden-Harris untuk mendukung upaya Ukraina menjamin perdamaian yang adil dan abadi, berdasarkan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina dan prinsip-prinsip piagam PBB," kata direktur komunikasi Harris, Kirsten Allen, seperti dilansir kantor berita AP, Selasa (4/6).

Allen menambahkan Harris juga akan menegaskan kembali dukungannya kepada rakyat Ukraina saat mereka membela diri melawan agresi Rusia yang sedang berlangsung.

Penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, akan bergabung dengan Harris sebagai bagian dari delegasi AS.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Soal Siapa yang Datang

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sangat mendukung KTT tersebut dan mendorong para pemimpin dunia untuk hadir. Dia menuduh Rusia, dengan bantuan China, berusaha melemahkan pertemuan tersebut.

Ketika ditanya pada hari Senin apakah Biden mengirimkan pesan yang salah secara global dengan lebih memilih menghadiri penggalangan dana mewah di California dibanding KTT Perdamaian Ukraina, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, "Belum ada satu pun pemimpin di seluruh dunia yang lebih dan lebih lantang mendukung Ukraina dari Joe Biden."

Menurut Kirby, Harris akan menghadiri pertemuan puncak tersebut karena keinginan kuat AS untuk hadir dan kedatangannya akan membantu menunjukkan bahwa Ukraina tidak memiliki pendukung yang lebih kuat daripada AS

"Tidak peduli siapa yang mewakili AS pada pertemuan puncak ini," kata Kirby dalam konferensi virtual dengan para wartawan, "Tidak dapat dikatakan bahwa AS meninggalkan dukungan terhadap Ukraina."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat