uefau17.com

6 Planet Akan Berjajar pada Juni 2024, Ini Penjelasannya - Global

, Jakarta - Fenomena astronomi unik dan langka akan terjadi pada 3 hingga 4 Juni 2024. Nantinya, enam planet Bima Sakti terlihat berjajar di langit malam.

Fenomena astronomi unik dan langka ini disebut sebagai Planetary Parade atau Parade Planet. Melansir laman Science Alert pada Selasa (28/05/2024) planet-planet akan terlihat seakan-akan berbaris layaknya sebuah parade.

Meski begitu, planet-planet tersebut sejatinya tidak membentuk garis orbit lurus baru dan hanya terlihat seakan berbaris lurus dari bumi. Parade Planet diklasifikasikan menjadi dua.

Versi kecil Parade Planet terjadi jika terjadi tiga planet yang terlihat seakan berbaris. Sementara itu, versi besar terjadi jika ada 5 atau 6 planet yang terlihat seakan berbaris.

Dalam hal ini, fenomena astronomi yang akan terjadi pada 3 dan 4 Juni 2024 nanti termasuk Large Planetary Parade lantaran ada enam planet yang terlihat seakan berbaris. Planet-planet tersebut antara lain adalah Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus.

Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan terlihat cukup terang sehingga bisa diamati dengan mata telanjang. Namun posisi Uranus dan Neptunus terlalu jauh sehingga hanya terlihat samar-samar.

Meski begitu kita tak perlu khawatir jika melewatkan fenomena Parade Planet kali ini. Fenomena unik tersebut akan muncul lagi dalam beberapa bulan nanti.

Pada 28 Agustus 2024 dan 18 Januari 2025 akan ada enam planet yang berjajar di langit sebelum matahari terbit. Bahkan pada 28 Februari 2025 akan ada tujuh planet yang akan muncul di langit dalam waktu bersamaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konjungsi Bulan dan Mars

Tak hanya Parade Planet pada 3 hingga 4 Juni, fenomena astronomi konjungsi Bulan dan Mars juga akan terjadi pada 11 Juni 2024. Konjungsi ini akan terjadi pada Pukul 00:54 WIB dan dapat diamati di arah timur laut.

Konjungsi Bulan dan Mars adalah peristiwa astronomi di mana Bulan dan Mars terlihat berdekatan di langit malam. Fenomena ini terjadi karena Bulan mengorbit Bumi dan Mars mengorbit Matahari.

Konjungsi Bulan dan Mars dapat terjadi beberapa kali dalam setahun. Pada konjungsi 11 Juni 2024, Bulan dan Mars akan terlihat berjarak sekitar 1 derajat.

Hal ini berarti bahwa kedua benda langit tersebut akan terlihat cukup dekat satu sama lain di langit malam.

(Tifani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat