uefau17.com

19 Mei 2012: Ledakan Bom di Sekolah Menengah Italia Tewaskan 1 Siswa - Global

, Brindisi - 19 Mei 2012 tepat 12 tahun lalu, bom meledak di luar sebuah sekolah menengah di Italia Selatan yang dinamai sesuai dengan nama seorang jaksa anti-Mafia yang terbunuh.

Ketika para siswa tiba di kelas pada hari Sabtu (19/05/2012), bom ini meledak dan menewaskan seorang gadis remaja dan melukai beberapa teman sekelas lainnya, kata para pejabat.

Benda tersebut meledak beberapa menit sebelum jam 8 pagi waktu setempat di kota pelabuhan Adriatik, Brindisi, tepat ketika para siswa berkeliaran di luar, mengobrol dan bersiap untuk masuk kelas di institut kejuruan Morvillo-Falcone, mengutip dari france24.com, Minggu (19/05/2024). 

Nama sekolah ini diambil dari nama jaksa anti-Mafia yang terbunuh, Giovanni Falcone dan istrinya, Francesca Morvillo, seorang hakim yang juga terbunuh dalam pemboman tahun 1992 di Sisilia oleh Cosa Nostra.

Salah satu siswa yang terluka, seorang gadis yang berjalan bersama korban di luar sekolah di Brindisi, dilaporkan dalam kondisi kritis setelah operasi. Para pejabat mengatakan setidaknya tujuh siswa terluka. 

Salah satu siswa yang terluka adalah seorang siswi perempuan yang sedang berjalan bersama korban tewas di luar sekolah di Brindisi, dan siswi tersebut dilaporkan dalam kondisi kritis setelah operasi.

Para pejabat mengatakan setidaknya tujuh siswa terluka, namun beberapa laporan berita menyebutkan bahwa korban terluka adalah 10 orang. 

Sementara itu, rumah sakit Perrino di Brindisi, tempat para korban luka dirawat, menolak untuk memberikan informasi melalui telepon.

Paola Ciannamea, seorang dokter Perrino yang membantu merawat korban luka di rumah sakit, mengatakan kepada wartawan di sana bahwa salah satu korban luka adalah seorang gadis remaja yang berada dalam kondisi serius namun stabil setelah operasi.

Ia menambahkan bahwa operasi plastik masih dilakukan pada beberapa korban luka lainnya yang menderita luka bakar akibat ledakan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Sang Perdana Menteri

Perdana Menteri Italia, Mario Monti mengutuk pomboman di sekolah ini. 

Di sela-sela KTT G8 di Camp David, Amerika Serikat, Mario Monti menggambarkan pemboman tersebut sebagai tindakan yang "tragis" dan "kriminal" yang "belum pernah terjadi sebelumnya".

Ia juga menyampaikan belasungkawanya kepada para korban serangan yang membuat Italia syok.

Bahan peledak tersebut terdiri dari tiga tabung gas dengan alat pengatur waktu yang disembunyikan di dalam wadah di samping dinding di luar sekolah.

Seorang pejabat rumah sakit yang tidak disebutkan namanya, memberi pengarahan kepada wartawan di sana dan mengatakan siswa yang terluka parah itu berada dalam kondisi stabil setelah operasi dan beberapa siswa yang terluka menderita luka bakar dan menjalani operasi plastik.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas kejadian mengenaskan ini. 

Italia telah memperingati 20 tahun serangan di jalan raya Sisilia, namun tidak jelas apakah ada hubungan kejahatan terorganisir dengan ledakan pada hari Sabtu tersebut.

Di Brindisi, pejabat badan perlindungan sipil setempat Fabiano Amati mengatakan seorang siswi meninggal karena luka-lukanya setelah dibawa ke rumah sakit dan setidaknya tujuh siswa lainnya dirawat di rumah sakit.

 

3 dari 4 halaman

Kejahatan Teroganisir

Menteri Dalam Negeri Anna Maria Cancellieri, yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negara tersebut mengatakan dia "terkejut" dengan fakta bahwa sekolah tersebut diberi nama sesuai nama pahlawan yang terbunuh dan istrinya, namun dia memperingatkan bahwa para penyelidik pada saat itu "tidak punya alasan" untuk menyalahkan pihak berwenang.

"Ini bukan (metode) yang biasa dilakukan Mafia," katanya kepada media dalam wawancara melalui telepon. Cosa Nostra yang berbasis di Sisilia biasanya menargetkan tokoh-tokoh tertentu, seperti hakim, jaksa, pengkhianat atau mafia saingannya dalam serangan, dan bukan sasaran sipil seperti sekolah.

"Masalah besarnya sekarang adalah mendapatkan informasi intelijen" mengenai serangan itu, kata Cancellieri. Dia menambahkan bahwa dia telah berbicara melalui telepon dengan Perdana Menteri Italia Mario Monti, di Amerika Serikat untuk KTT G-8.

Di luar sekolah, buku-buku pelajaran, halaman-halamannya terbalik tertiup angin, buku catatan dan ransel berserakan di jalan dekat tempat bom meledak. Mendengar suara ledakan, para siswa yang sudah berada di dalam gedung berlari keluar sekolah untuk melihat apa yang terjadi.

Para pejabat awalnya mengatakan alat tersebut berada di tempat sampah di luar sekolah Morvillo-Falcone, namun kemudian ANSA, melaporkan dari Brindisi, mengatakan alat tersebut, yang terdiri dari tiga tabung gas untuk memasak, sebuah detonator dan mungkin sebuah pengatur waktu, telah ditempatkan pada suhu rendah. dinding berdering di sekolah.

Dindingnya rusak dan hangus akibat ledakan.

4 dari 4 halaman

Serangan Terhadap Pejabat Italia

 

Pemboman tersebut juga menyusul sejumlah serangan terhadap pejabat Italia dan gedung pemerintahan atau publik yang dilakukan oleh sekelompok anarkis, yang mendorong pihak berwenang untuk menugaskan pengawal untuk 550 orang dan mengerahkan 16.000 petugas penegak hukum di seluruh negeri.

Menteri Cancellieri menyatakan bahwa setelah ledakan di sekolah tersebut, kesadaran pihak berwenang mengenai kemungkinan sasaran ledakan telah diuji.

“Apa pun saat ini bisa menjadi target yang "sensitif’," katanya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat