uefau17.com

Indonesia Optimistis World Water Forum ke-10 Bakal Lahirkan Solusi untuk Krisis Air Global - Global

, Jakarta - Sebagai tuan rumah, Indonesia optimistis bahwa World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali, 18-25 Mei 2024, akan menghasilkan solusi konkret untuk mengatas persoalan air secara global.

Terlebih, Indonesia juga dapat membagikan pengalamannya dalam menyelesaikan masalah tata kelola air. Ini termasuk pemanfaatan teknologi untuk efisiensi air dalam berbagai sektor seperti pertanian, pertambangan, industri dan pengelolaan daerah aliran sungai, serta strategi adaptasi dan mitigasi terhadap bencana hidrometeorologi.

"Keberhasilan Indonesia mendorong tata kelola air melalui pendekatan budaya lokal dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat global. Praktik baik yang melibatkan seluruh stakeholder ini membuktikan bahwa Indonesia mampu memimpin dunia dalam menghadapi krisis air," kata Wakil Ketua Sekretariat Panitia Nasional World Water Forum ke-10 sekaligus Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, yang dikutip Sabtu (27/4/2024).

Pertemuan tersebut menjadi forum penting lantaran krisis air kini menjadi ancaman serius yang dialami banyak negara. Menurut Endra, salah satu faktor penyebabnya adalah perubahan iklim yang berdampak terhadap terganggunya siklus hidrologi.

Maka dari itu, krisis air kini menjadi permasalahan global yang harus diselesaikan oleh setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fenomena Krisis Air di Dunia

Food and Agriculture Organization (FAO) memproyeksikan pada tahun 2050 bahwa krisis air akibat perubahan iklim akan meningkatkan kerawanan pangan. Lebih dari 500 juta petani skala kecil yang menghasilkan 80 persen sumber pangan dunia saat ini menjadi kelompok yang paling rentan.

Tak hanya itu, krisis air juga berpotensi menyebabkan konflik antarwilayah hingga antarnegara. Sebut saja Iran dan Afghanistan, dua negara Asia di wilayah Timur Tengah ini tengah bergejolak akibat menyusutnya ketersediaan sumber air.

Konflik karena air di negara tersebut bahkan terjadi sejak tahun 1950-an. Hal ini menunjukkan betapa berharganya air bagi kehidupan. Oleh karena itu, kerja sama pengelolaan air sangat krusial, terutama di daerah perbatasan dan wilayah yang mengalami kelangkaan.

Maka dari itu, Indonesia berharap bahwa lewat World Water Forum 2024, negara-negara yang tergabung dapat berkolaborasi untuk mengatasi persoalan air. Kolaborasi tersebut dapat menyatukan modalitas dan meningkatkan kapasitas untuk menghadapi segalatantangan terkait air.

"Spirit World Water Forum di Bali adalah kolaborasi multisektor, multi-helix, multipihak, multi-nation, dan multi-bangsa-bangsa dalam rangka menghadapi dan mengatasi bersama persoalan krisis air dan krisis iklim global," kata Endra.

3 dari 3 halaman

Indonesia Dorong Keterlibatan Pemegang Kebijakan

Indonesia pun mendorong keterlibatan pemangku kebijakan di berbagai level termasuk pemimpin negara, parlemen, menteri, pemimpin daerah, dan otoritas pengelola air (basin authorities).

Endra menegaskan bahwa Indonesia siap untuk berperan aktif dalammengimplementasikan dan memantau kemajuan dari kesepakatan di dalam forum.

Terlebih, sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10, Indonesia berkesempatan untuk memimpin perubahan dengan mendorong pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat