uefau17.com

Indonesia dan Turki Berkomitmen Perkuat Kerja Sama Keamanan Maritim - Global

, Ankara - Guna mendorong penguatan di bidang keamanan maritim, Bakamla RI memenuhi undangan Turkish Coast Guard ke markas besarnya di Ankara, Turki pada 19 November 2021.

Kedatangan kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, disambut kepala Turkish Coast Guard Rear Admiral Asmet Kendir dengan jajar kehormatan.

Setelah bercakap-cakap diruang kerjanya, Rombongan Bakamla RI menerima presentasi tentang Organisasi Turkish Coast Guard dan perannya menjaga keamanan dan keselamatan maritim Turki, dilanjutkan dengan penandatanganan agreed minutes. Kunjungan ini ditutup dengan peninjauan Command Center.

Indonesia dan Turki memiliki hubungan yang harmonis, tidak saja dalam konteks negara bahkan antar coast guardnya.

Hal ini dapat dipahami karena coast guard Indonesia (Bakamla) dan Turki menghadapi tantangan yang sama, memiliki choke point strategis yaitu selat bosphorus di Turki dan selat malaka serta sunda di Indonesia, juga tingkat penyelundupan yang tinggi, dan tingginya angka kecelakaan di laut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Realisasi Kerja Sama Penguatan Keamanan Maritim

Kesamaan ini menjadi peluang yang baik untuk dapat saling berbagi pengalaman dalam rangka capacity building.

Ini pula yang melandasi kedua pimpinan lembaga untuk bertemu dan menandatangani agreed minute of meeting yang isinya adalah kesepakatan kedua kepala lembaga coast guard untuk meningkatkan dan saling membina hubungan melalui sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas dan berbagi pengetahuan.

Dalam courtesy call ke Mabes Turkish Coast Guard, Kepala Bakamla didampingi Direktur Latihan Laksma TNI Bambang Irawan, Laksma TNI Phundi Rusbandi, Kabaghumas Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dan Atase Pertahanan Turki Kolonel Inf Saifullah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat