uefau17.com

Serangan Udara Bunuh 29 Warga Gaza di Pertandingan Bola, Israel Klaim Sudah Sebar Rute Evakuasi - Global

, Gaza - Sebuah rudal Israel menghantam tenda perkemahan di Gaza selatan pada Selasa (9 Juli 2024), tepat ketika para pengungsi berkumpul di sana untuk menonton pertandingan sepak bola di sebuah sekolah, kata saksi mata pada Rabu (10/7).

Setidaknya 29 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas dalam serangan itu, menurut pejabat Palestina, yang terjadi ketika penonton memadati halaman sekolah di Abassan timur Khan Younis dan pedagang asongan menjual smoothie dan biskuit.

"Mereka sedang menonton pertandingan sepak bola. Ada yang terluka dan menjadi korban. Saya menyaksikan ini... orang-orang terlempar dan bagian tubuh berserakan, darah bergelimang," kata seorang wanita muda, Ghazzal Nasser, kepada Reuters di Abassan.

"Semua normal. Orang-orang bermain, ada yang jual beli (makanan dan minuman). Tidak ada suara pesawat atau apa pun," ujarnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (11/7/2024).

Militer Israel mengatakan pihaknya sedang meninjau laporan bahwa warga sipil dirugikan. Dikatakan bahwa insiden tersebut terjadi ketika mereka menyerang dengan “amunisi tepat” terhadap seorang pejuang Hamas yang mengambil bagian dalam serangan 7 Oktober di Israel yang memicu perang tersebut.

Pihak militer tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai apakah mereka mengetahui pertandingan sepak bola sedang berlangsung ketika pemogokan diperintahkan.

Di dekat Rumah Sakit Nasser, puluhan warga Palestina mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang terkasih sebelum pemakaman dan penguburan.

“Sekolah-sekolah penuh sesak dengan orang dan jalanan juga penuh, tiba-tiba sebuah rudal menghantam dan menghancurkan seluruh tempat,” kata Asmaa Qudeih, yang kehilangan beberapa kerabatnya dalam serangan tersebut.

“Jasad terbang tertiup angin, bagian tubuh beterbangan, saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya,” katanya.

Pasukan Israel terus melancarkan serangan mereka di Gaza utara dan tengah pada hari Rabu (10/7), dan memperdalam serangan mereka ke dua distrik Kota Gaza, melakukan pencarian dari rumah ke rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Terbaru Israel Bisa Gagalkan Upaya Gencatan Senjata

Kelompok militan Hamas mengatakan kampanye baru Israel mengancam akan menggagalkan upaya untuk mencapai gencatan senjata dalam perang yang telah berlangsung selama sembilan bulan tersebut, dan perundingan akan dilanjutkan di Doha pada hari Rabu.

“Sekolah-sekolah penuh sesak dengan orang dan jalanan juga penuh, tiba-tiba sebuah rudal menghantam dan menghancurkan seluruh tempat,” kata Asmaa Qudeih, yang kehilangan beberapa kerabatnya dalam serangan tersebut.

“Mayat terbang tertiup angin, bagian tubuh beterbangan, saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya,” kata Asmaa.

Pasukan Israel terus melancarkan serangan mereka di Gaza utara dan tengah pada hari Rabu (10/7), dan memperdalam serangan mereka ke dua distrik Kota Gaza, melakukan pencarian dari rumah ke rumah.

Kelompok militan Hamas mengatakan kampanye baru Israel mengancam akan menggagalkan upaya untuk mencapai gencatan senjata dalam perang yang telah berlangsung selama sembilan bulan tersebut, dan perundingan akan dilanjutkan di Doha pada hari Rabu (10/7).

Di Yerusalem, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada utusan Amerika Serikat untuk Timur Tengah Brett McGurk bahwa dia berkomitmen untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza asalkan garis merah Israel dipatuhi, kata kantor Hamas.

Hamas telah menerima bagian penting dari rencana AS yang bertujuan untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung selama sembilan bulan, dan membatalkan tuntutan agar Israel terlebih dahulu berkomitmen pada gencatan senjata permanen sebelum menandatangani perjanjian tersebut.

Netanyahu menegaskan kesepakatan itu tidak boleh menghalangi Israel untuk melanjutkan pertempuran sampai tujuan perangnya tercapai. Pada awal perang, dia berjanji untuk memusnahkan Hamas.

3 dari 4 halaman

Selebaran Rute Evakuasi dari Israel

Kabarnya, selebaran dijatuhkan di Kota Gaza pada hari Rabu (10/7), kali ini dengan peta yang menandai “rute aman” untuk evakuasi seluruh kota, bukan hanya distrik tertentu. Selebaran Israel mendesak warga sipil untuk menuju ke selatan menuju Jalur Gaza tengah.

Kota tersebut, yang merupakan rumah bagi lebih dari seperempat penduduk Gaza sebelum perang, dihancurkan oleh serangan Israel pada minggu-minggu pertama pertempuran tahun lalu, namun ratusan ribu warga Gaza diyakini telah kembali ke reruntuhan tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Pasukan Israel berpatroli di jalan utama menuju pantai, penembak jitu menyita atap beberapa gedung tinggi yang masih berdiri, dan tank ditempatkan di dalam markas besar badan pengungsi Palestina PBB UNRWA, kata warga.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukannya melanjutkan operasi di Kota Gaza melawan militan Hamas dan sekutunya Jihad Islam, yang menurut mereka beroperasi dari dalam fasilitas UNRWA, menggunakan mereka sebagai basis serangan.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan mereka telah menerima puluhan panggilan putus asa dari warga di Kota Gaza yang terjebak di rumah mereka, namun tim tidak dapat menghubungi mereka karena intensitas pemboman.

“Informasi yang datang dari Kota Gaza menunjukkan warga hidup dalam kondisi yang tragis. Pasukan pendudukan (Israel) terus menyerang distrik pemukiman, dan menggusur orang-orang dari rumah dan tempat perlindungan mereka,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Sayap bersenjata Hamas dan Jihad Islam mengatakan para pejuang bertempur dengan pasukan Israel yang beroperasi di daerah tersebut dengan roket anti-tank dan bom mortir, dan terkadang dalam pertempuran jarak dekat.

 

4 dari 4 halaman

Israel Klaim Bunuh 60 Persen Hamas

Militer Israel mengumumkan bahwa salah satu tentaranya tewas dalam pertempuran pada hari Selasa di Gaza tengah. Mereka telah mempublikasikan nama-nama 681 personel militer yang tewas dalam serangan 7 Oktober dan pertempuran berikutnya.

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan pada hari Rabu (10/7) bahwa 60 persen pejuang Hamas telah terbunuh atau terluka akibat serangan militer di Gaza.

Di kamp Al Nuseirat di Gaza tengah, petugas medis mengatakan enam warga Palestina, termasuk anak-anak, tewas dalam serangan udara terhadap sebuah rumah, sementara serangan udara lainnya menewaskan dua orang dan melukai beberapa lainnya di Khan Younis.

Lebih dari 38.000 warga Palestina telah terbunuh di Gaza sejak dimulainya perang, kata pejabat kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Perang meletus ketika militan yang dipimpin oleh Hamas menyusup ke Israel selatan pada 7 Oktober 2023, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang kembali ke Gaza, menurut data Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat