uefau17.com

Mengenal Manfaat Konsumsi Tomat untuk Kesehatan Tubuh - Regional

, Bandung - Tomat atau secara ilmiah dikenal dengan nama Solanum lycopersicum merupakan sebuah tanaman yang sering dikenal sebagai sayuran dalam dunia kuliner. Namun, faktanya tomat bukanlah sayur melainkan buah.

Tomat sendiri dikenal dengan rasa yang sedikit asam dan tekstur yang mirip dengan sayuran. Sehingga buah ini lebih dianggap dan dimanfaatkan seperti sayuran sebagai bahan masak suatu hidangan.

Melansir dari beberapa sumber tomat merupakan buah yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini sudah dibudidayakan selama ribuan tahun dan menjadi tanaman yang paling banyak dibudidayakan di dunia.

Meskipun identik dengan bentuk bulat dan berwarna merah buah ini memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna berbeda. Misalnya saja, ada tomat merah, kuning, hijau, hingga oranye.

Bentuknya juga bisa berbeda-beda mulai dari berbentuk bulat, lonjong, hingga kerucut. Bahkan, rasa tomat juga bisa berbeda terdapat rasa manis hingga asam tergantung jenis dan tingkat kematangannya.

Tomat juga menyimpan banyak kandungan nutrisi baik yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Di antaranya kandungan Vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kemudian Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, Vitamin K yang berperan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Serta kandungan baik lainnya seperti Kalium, Likopen, Folat, dan masih banyak lagi.

Melalui artikel ini akan membahas tentang banyaknya manfaat tomat untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Manfaat Konsumsi Tomat untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tomat dikenal sebagai makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya tomat memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam tomat juga berperan penting untuk penyerapan zat besi dari makanan sehingga membantu tubuh untuk terhindar dari anemia.

2. Membantu melancarkan pencernaan

Buah yang satu ini juga menyimpan kandungan yang kaya akan serat sehingga membantu tubuh untuk meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat dalam tomat juga bisa membantu kesehatan usus serta mengurangi risiko penyakit pencernaan lainnya.

Diketahui serat dapat membantu mengeluarkan zat-zat beracun dari usus lebih cepat dan mengurangi paparan usus terhadap zat berbahaya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Selanjutnya

3. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan pada tomat juga dapat menjaga kesehatan kulit terutama kandungan lycopene yang dikandungnya. Bahkan kandungan tersebut juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi.

Selain itu kandungan Vitamin C berperan untuk memproduksi kolagen yang penting membuat kulit sehat dan elastis. Sehingga mengonsumsi tomat secara teratur dapat membantu kulit terjaga dan menjadi lebih sehat.

4. Menjaga kesehatan mata

Tomat memiliki kandungan Vitamin A dalam bentuk beta-karoten yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan mengonsumis tomat secara rutin dipercaya bisa membantu tubuh mencegah degenerasi makula dan masalah penglihatan lainnya.

Sebagai informasi tomat juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan tersebut dikenal dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan antioksidan seperti lycopene yang ada pada tomat bisa membantu tubuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Melalui penelitian menunjukan bahwa kandungan tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Kemudian bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan kandungan kaliumnya dipercaya bisa membantu mengatur tekanan darah yang penting bagi kesehatan jantung.

6. Mengurangi risiko kanker

Tomat dipercaya dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker karena kandungan baik yang ada di dalamnya. Kanker tersebut di antaranya kanker prostat, kanker paru-paru, hingga kanker lambung.

Kemudian kandungan antioksidan yang ada dalam tomat bisa membantu tubuh mengurangi risiko kanker dengan melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan memicu pertumbuhan kanker.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat