uefau17.com

Ronald Koeman Ungkap Penyebab Belanda Kalah Lawan Inggris di Semifinal Euro 2024 - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman kecewa berat usai kalah 1-2 dari Inggris pada semifinal Euro 2024. Belanda punya peluang untuk menyamai prestasi di Euro 1998, tapi gol dari Ollie Watkins buyarkan mimpi Belanda.

Die Oranje memulai pertandingan dengan sangat baik. Meski membangun serangan dengan hati-hati, Belanda bisa menggebrak lewat gol dari Xavi Simons.

Merebut bola dari kaki Declan Rice, Simons membuat stadion bergemuruh saat tendangan kerasnya menembus jala gawang Jordan Pickford. Belanda unggul 1-0.

Namun kesalahan yang dilakukan Denzel Dumfries yang menahan tembakan Harry Kane membuat Inggris samakan skor 1-1. Kane mencetak gol dari titik penalti.

Belanda juga hilang konsentrasi saat dua pemain pengganti membangun gol kemenangan. Berawal dari umpan Cole Palmer, Ollie Watkins dengan luar biasa mencetak gol dengan tendangan kaki kerasnya, Inggris menang 2-1.

"Saya kecewa. Pertandingan dimulai sangat baik untuk kami dan kami mencetak gol. Setelah itu, kami punya masalah di lini tengah, membua tpemain seperti Phil Foden dan Bellingham bisa dapatkan peluang," kata Koeman seperti dikutip UEFA.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memphis Depay Cedera, Joey Veerman Masuk

 

Permainan Belanda berubah saat Memphis Depay harus ditarik di menit ke-35. Dia digantikan Joey Veerman yang berperan lebih sebagai penguman.

"Kami melakukan pergantian pemain dan kembali rebut penguasaan bola. Dan di 20 menit terakhir, kami merasa bisa melaju. Tapi terjadilah gol, sebuah gol bagus tepat di akhir pertandingan," kata Koeman, sedih.

"Saya tak bisa bilang kami tak beruntung karena itu gol yang bagus. Kami bisa bangga dengan timnas Belanda karena sudah jalani turnamen dengan baik."

 

3 dari 4 halaman

Strategi Gareth Southgate Jitu Lagi

 

Sementara itu, Pelatih Inggris, Gareth Southgate ogah mengadu nasib lewat adu penalti. Dia mengantisipasi itu dengan menarik Harry Kane dan masukkan striker Aston Villa Ollie Watkins di menit ke-81.

Southgate juga menarik Phil Foden yang seperti buntu dengan Cole Palmer. Pergantian ini membuahkan hasil karena dua pemain ini membawa Inggris menang lewat gol Ollie Watkins di menit ke-90, hasil umpan dari Cole Palmer.

Gareth Southgate pun membeberkan alasan tarik keluar Harry kane. Padahal, dia sempat berencana terus memainkannya.

"Saya melihat, karena kurang tenaga, kami jadi kurang bisa menekan dan Harry Kane alami cedera ringan. Ollie Watkins bisa menekan dengan baik dan mampu datang dari belakang," kata Southgate seperti dikutip UEFA.com.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Belanda vs Inggris

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, Stevan de Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Reijnders; Malen, Simons, Gakpo; Memphis Depay

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Walker, John Stones, Guehi; Saka, Mainoo, Rice, Trippier; Foden, Bellingham; Harry Kane

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat