uefau17.com

90 Persen Ruang ICU di Malaysia Terisi Akibat COVID-19 - Global

, Kuala Lumpur - Kasus baru COVID-19 di Malaysia masih tinggi. Menurut data Kementerian Kesehatan, ada 20 ribu kasus baru per 2 September 2021. 

Keterisian ruang ICU juga sudah tembus 90 persen. Hal itu terbukti secara kuat melalui twit Dirjen Kesehatan Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah yang menyebut ada 1.001 orang di ruang ICU

Menurut laporan Malay Mail, Jumat (3/9/2021), angka itu setara dengan 90 persen dari total 1.608 ruangan ICU. 

Sementara itu, ada 470 kasus yang membutuhkan alat pernapasan. Kasus aktif virus corona di Malaysia ada 262 ribu dari total 1,7 juta kasus.

Klaster tempat kerja masih cukup tinggi di Malaysia. Pada 31 klaster baru pada Kamis kemarin, 17 diantaranya berasal dari tempat kerja.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

COVID-19 Bakal Jadi Endemi di Malaysia

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan Malaysia diprediksi bakal masuk ke babak baru COVID-19. Bukan lagi pandemi melainkan endemi COVID-19 pada akhir Oktober 2021.

Pada Oktober, Malaysia menargetkan sudah 80 persen warganya divaksin COVID-19. Sehingga, Malaysia mengatakan bahwa sudah siap hidup dengan virus penyebab COVID-19 yakni SARS-CoV-2.

"Kita tunggu dalam dua bulan ke depan, ketika sudah 80 persen dari populasi yang vaksinasi COVID-19. Labuan dan Sarawak, wilayah itu sudah masuk dalam fase endemi," kata pria yang disapa KJ dalam konferensi pers 1 September 2021.

"Sehingga, bisa saya katakan, Malaysia akan mencapi fase dimana kita hidup berdampingan dengan virus tersebut," katanya mengutip laman The Star.

Ketika Malaysia sudah masuk dalam fase endemi maka akan lebih banyak sektor yang dibuka. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Tahap endemi tercapai ketika sebagian besar populasi memiliki imunitas terhadap suatu penyakit. 

Pada keadaan ini, penyebaran penyakit mulai melambat seperti disampaikan epidemiolog Lalit Kant. Virolog Shahid Jameel mengatakan endemi tidak berarti infeksi tidak terjadi. 

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat