uefau17.com

Penegak Hukum di Italia dan Albania Hentikan Penipuan Online Berkedok Kripto - Crypto

, Jakarta - Petugas penegak hukum di Italia dan Albania telah menghentikan skema penipuan online yang menawarkan peluang investasi palsu terkait mata uang kripto. Investigasi dilakukan dengan dukungan Eurojust, badan UE yang bertanggung jawab atas kerja sama yudisial di Eropa.  

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (28/12/2022), pihak berwenang yang berpartisipasi dalam operasi bersama telah menyita aset senilai USD 3,2 juta (Rp 49,9 miliar) dari kelompok kejahatan yang mengorganisir penipuan tersebut. Total kerugian akibat aktivitasnya diperkirakan mencapai USD 15,9 juta (Rp 248,3 miliar), Eurojust merinci dalam siaran pers.

Para pelaku mengoperasikan call center di ibu kota Albania, Tirana, dari mana mereka menghubungi korban melalui telepon dan internet, menggunakan nomor telepon virtual dan VPN. Mereka meyakinkan pelanggan untuk membuka akun di situs web khusus dan melakukan transfer.

Penipu akan mendapatkan kepercayaan mereka dengan membiarkan mereka mendapatkan keuntungan cepat dengan investasi awal yang kecil. Setelah berkonsultasi dengan platform perdagangan yang tampaknya memiliki reputasi baik, para korban dihubungi oleh "broker" yang menyarankan investasi kripto "tanpa risiko".

Anggota skema penipuan juga mencoba mengakses perbankan online korban menggunakan perangkat lunak kendali jarak jauh. Mereka yang akhirnya mengungkap penipuan tersebut dihubungi oleh perwakilan platform lainnya yang meminta mereka melakukan pembayaran tambahan untuk memulihkan dana yang hilang.

Operasi itu dilakukan antara 13 Desember hingga 15 Desember dan surat perintah penangkapan dikeluarkan terhadap tersangka utama, Eurojust mengungkapkan tanpa memberikan perincian tentang penahanan apa pun. 

Polisi menggeledah 13 alamat di Albania dan menyita lebih dari 160 perangkat elektronik di kedua negara, termasuk komputer, server, dan perekam video.

Italia membuka kasus kriminal dengan Eurojust pada 2020 dan agensi tersebut memfasilitasi kerja sama antara otoritas nasional yang terlibat dalam penyelidikan, termasuk dengan mendirikan pusat koordinasi operasi untuk membongkar jaringan penipuan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Australia Dakwa 4 Warga China Terkait Kasus Penipuan Investasi Online Kripto

Sebelumnya, Polisi Australia mendakwa empat warga negara China pada Jumat (9/12/2022) atas penipuan investasi online mata uang asing dan kripto yang sebagian besar berbasis di Amerika Serikat. Penipuan itu menyebabkan kerugian lebih dari USD 100 juta (Rp 1,5 triliun) di seluruh dunia.

“Penipuan canggih tersebut melibatkan manipulasi platform perdagangan elektronik resmi yang dilisensikan kepada pialang valuta asing, yang kemudian menyediakan perangkat lunak tersebut kepada klien mereka,” kata Polisi Federal Australia (AFP), dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 9 Desember 2022.

Dinas Rahasia Amerika Serikat pada Agustus memberi tahu pihak berwenang tentang hubungan Australia dengan penipuan yang sebagian besar berbasis di AS, kata AFP. Terdakwa adalah penduduk Sydney tetapi sebagian besar korban berbasis di Amerika Serikat.

Investigasi terhadap calon korban Australia sedang berlangsung. Sindikat kejahatan terorganisir menggunakan campuran teknik rekayasa sosial, termasuk platform perpesanan dan situs web kencan dan pekerjaan, untuk mendapatkan kepercayaan korban sebelum menyebutkan peluang investasi.

Para korban diarahkan ke aplikasi investasi palsu dan sah yang berurusan dengan valuta asing dan mata uang kripto, yang dimanipulasi untuk menunjukkan pengembalian investasi positif palsu.

Setelah korban menjadi pelanggan layanan investasi, data diubah untuk mendorong investasi lebih lanjut, sambil menyembunyikan fakta bahwa uang mereka telah dicuri. 

Sersan Detektif AFP Salam Zreika mengatakan dalam sebuah pernyataan kasus tersebut menyoroti perlunya "menahan diri dari berinvestasi dalam valuta asing, mata uang kripto, atau investasi spekulatif dengan orang-orang yang hanya pernah Anda temui di lingkungan online".

Keempat pria yang ditangkap itu mendaftarkan perusahaan Australia untuk membuat penipuan mereka terlihat asli, dan membuat rekening bank bisnis Australia untuk mencuci hasilnya.

3 dari 4 halaman

Penipuan Kripto di Inggris Sentuh Rp 4,1 Triliun Sepanjang 2022

Sebelumnya, penipuan cryptocurrency di Inggris naik 32 persen menjadi 226 juta pound atau sekitar Rp 4,1 triliun dalam satu tahun, menurut data dari unit polisi Inggris Action Fraud. 

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (2/12/2022), berdasarkan laporan Financial Times pada Senin, Inggris berada dalam resesi dan biaya hidup meningkat, membuat beberapa orang rentan terhadap penipuan.

Seorang akuntan di firma hukum Pinsent Masons, Hinesh Shah mengatakan kepada Financial Times, pada masa sulit seperti yang terjadi di Inggris banyak penipu mencari mangsa. 

"Kapanpun masa sulit, penipu selalu mencari mangsa investor yang kurang berpengalaman dengan menjanjikan keuntungan besar," kata Shah, dikutip dari CoinDesk, Jumat (2/12/2022).

Kejahatan kripto telah merajalela di Inggris. Petugas kepolisian telah menyita mata uang kripto senilai ratusan juta pound, dan pakar kripto di kepolisian ditempatkan di seluruh negeri.

4 dari 4 halaman

Regulasi Kripto di Inggris

Sepanjang 2022, Inggris menjadi salah satu negara yang bergerak cepat dalam mengatur kripto. Pada September 2022, Inggris memperkenalkan undang-undang untuk memudahkan lembaga penegak hukum untuk menyita, membekukan, dan memulihkan aset kripto ketika digunakan untuk kegiatan kriminal seperti pencucian uang, narkoba, dan kejahatan dunia maya.

RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan setebal 250 halaman, pertama kali dijanjikan pada Mei, diperkenalkan oleh Home Office, Department for Business, Energy & Industrial Strategy, Serious Fraud Office dan Treasury. 

Kemudian pada November 2022, anggota parlemen di Inggris memberikan suara mendukung aturan baru yang dapat mempermudah lembaga penegak hukum untuk menyita kripto yang terkait dengan aktivitas teroris.

Aturan tersebut diusulkan sebagai amandemen RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan, yang mencakup reformasi yang dapat membantu pihak berwenang memerangi kejahatan lokal.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat