uefau17.com

Orangtua Tidak Datang, Wisuda UMY Dibalut Abu Kelud - Citizen6

Citizen6, Yogyakarta: Wisuda periode II Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 2013/2014, berlangsung ditengah kemelut abu vulkanik Gunung Kelud. Sisa abu dari letusan gunung Kelud kemarin masih beterbangan di jalanan dan depan gedung Sportorium UMY tempat wisuda, Sabtu (15/2/2014).

Akibat dari abu tersebut bandara berhenti operasi sementara, sehingga orangtua wisudawan yang berasal dari luar Yogya tidak dapat hadir. Gedung Sportorium UMY yang biasanya penuh pada acara wisuda sebelumnya, kali ini banyak bangku yang kosong.

"Walaupun dihiasi abu vulkanik Kelud, tapi keindahan tetap kami rasakan pada acara wisuda kali ini. Walaupun orang tua sebagian dari kami tidak dapat hadir, tapi doa dan restu mereka menjadi semangat bagi kami," ungkap Muhammad Ichsan, lulusan terbaik UMY tahun ini

Ichsan mengatakan, orangtuanya tidak dapat hadir karena bandara Adi Sucipto tidak beroperasi. Sedangkan jalur darat tidak memungkinkan, karena jarak pandang sangat dekat. Sehingga orangtuanya tidak dapat hadir dan diwakilkan oleh orang tua angkatnya di Yogya. Dan mahasiswa yang lain, diwakilkan oleh teman mahasiswanya.

"Jalur darat kemarin dari Jakarta mau ditempuh, tapi jarak pandang tergangggu. Jadi diwakilkan oleh orangtua angkat saya di Yogya," ungkap wisudawan Hubungan Internasional UMY ini.

Sedangkan Rektor UMY Prof Dr Bambang Cipto, M.A mengatakan, walaupun wisuda kali ini dibalut abu vulkanik gunung Kelud. Tapi tidak berarti langkah kita terhambat dan tidak dapat menghadapi kehidupan.

"Hidup itu memang perjuangan, baik bagi kita disini maupun bagi saudara kita yang mengalami musibah disana. Yang terpenting, terus berbuat lebih aktif, kreatif, inovatif untuk kehidupan yang lebih baik," ungkap Rektor UMY ini.

Adapun jumlah wisudawan UMY periode II 2013/2014 sebanyak 469. Terbagi dalam wisudawan Strata- 1 (S1) 371 wisudawan, S-2 sebanyak 89, S-3 sebanyak 3 wisudawan dan Vokasi sebanyak 6 wisudawan.

Untuk lulusan terbaik S-1 diraih oleh Mohammad Ichsan, S.IP dengan IPK 3,99. Wisudawan termuda S-1 diraih oleh Dwi Maya Loka, S.IP dengan IPK 3,64. Wisudawan terbaik S2 diraih oleh Syarifuddin Usman, S.IP dengan IPK 4,00.

Untuk wisudawan terbaik S2 tidak dapat hadir, karena terhambat transportasi di bandara Ternate. Akibat tidak beroperasinya bandara Adi Sucipto di Yogyakarta dari Jum'at hingga waktu yang belum ditentukan. (Arn)

Penulis
Ahlul Amalsyah
Yogyakarta, ahlulamalxxx@yahoo.com

Baca Juga:
Pasca Erupsi Kelud, Warga Bersih-bersih Rumah
7 Bandara Ini Ditutup Akibat Erupsi Kelud
Abu Vulkanik Kelud Tutupi Jalan Protokol Yogyakarta

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat