uefau17.com

10 Burung dengan Kicauan Paling Keras, Beberapa Bahkan Hidup di Indonesia - Citizen6

, Malang Burung-burung yang sering kita jumpai memiliki berbagai karakteristik yang berbeda. Suara kicauan mereka yang khas membuat burung-burung ini mudah dikenali. Beberapa di antaranya memiliki kicauan yang sangat keras dengan rentang desibel yang tinggi, bahkan ada yang selalu bersuara. Berikut adalah beberapa burung dengan suara kicauan paling keras di dunia, dikumpulkan dari berbagai sumber hingga Kamis (04/07/2024), termasuk beberapa yang dapat ditemui di Indonesia!

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Beo Electus

Burung Beo Eclectus berasal dari pulau-pulau di Asia Tenggara dan Oseania seperti Kepulauan Maluku, Australia timur laut, Papua Nugini, Sumba, dan Kepulauan Solomon. Mereka sering dijadikan hewan peliharaan karena kicauannya yang dapat mencapai 115 desibel.

3 dari 16 halaman

Parkit

Parkit adalah salah satu burung yang paling sering dipelihara, dengan suara kicauan normal sekitar 65-70 desibel. Namun, mereka mampu mengeluarkan panggilan hingga dua kali lebih keras, mencapai 111-112 desibel, sebanding dengan suara gergaji mesin.

4 dari 16 halaman

Merak

Burung Merak dikenal dengan kicauannya yang mencapai 115 desibel, setara dengan suara peniup daun atau gergaji mesin. Burung merak jantan terkenal dengan bulu berwarna-warni dan suara yang tajam.

5 dari 16 halaman

Burung Kakatua

Cockatiel atau burung kakaktua adalah burung sosial yang populer sebagai hewan peliharaan karena kecenderungan vokalnya yang tinggi. Mereka bisa sangat bising saat gelisah atau bosan, mampu belajar bersiul, trik, dan bahkan bicara. Kebisingannya mencapai 123 desibel, cukup mengganggu telinga, terutama jika burung berada di dekat Anda.

6 dari 16 halaman

Sun Conure

Sun Conure atau Sun Parakeet, burung peliharaan eksotis yang populer, memiliki bulu jingga dan kuning cerah dengan sentuhan hijau dan biru pada sayapnya. Mereka dikenal sebagai hewan yang cantik, penyayang, dan cerdas. Sun Conure cenderung monogami dan dapat membentuk ikatan erat dengan manusia, dengan kicauan yang bisa mencapai 120 desibel.

7 dari 16 halaman

Mealy Amazon Parrot

Mealy Amazon Parrot, sebuah jenis burung beo besar berwarna hijau, dikenal sebagai hewan peliharaan yang tenang namun memiliki suara kicauan sangat keras, mencapai 124 desibel, mirip dengan suara konser yang berisik.

8 dari 16 halaman

White Bellbird

White Bellbird, burung yang berasal dari Amerika Selatan dan mendiami daerah Amazon, terutama di Guyana, Brasil, dan Venezuela, merupakan burung dengan kicauan terkuat yang pernah tercatat. Panggilan kawin jantan White Bellbird, yang lebih keras daripada suara monyet howler, dapat mencapai 125 desibel, setara dengan suara konser yang sangat keras.

9 dari 16 halaman

Ayam Jantan

Ayam jantan dikenal dengan suara kerasnya, meskipun tidak sebising burung gagak. Beberapa ayam jago dapat berkokok sekitar 90 desibel, setara dengan anjing yang menggonggong, sementara yang lain bisa mencapai 130 desibel.

10 dari 16 halaman

Kakatua Maluku

Kakatua Maluku, juga dikenal sebagai kakatua jambul salmon, adalah spesies burung asli Kepulauan Seram, Indonesia Timur. Kicauannya bisa mencapai 135 desibel, dengan rata-rata 120 desibel, setara dengan suara konser rock atau simfoni keras.

11 dari 16 halaman

Nandy Conure

Nandy Conure, burung beo neotropis yang berwarna-warni dari Amerika Selatan, sering ditemui bersama burung lain di habitat tropisnya yang memiliki kicauan keras.

Dengan kicauan mencapai 155 desibel, setara dengan suara petasan, Nandy Conure tidak hanya eksotis sebagai hewan peliharaan tetapi juga memiliki kemampuan untuk belajar trik dan berbicara.

12 dari 16 halaman

Mengapa Burung Berkicau?

Burung berkicau untuk berbagai tujuan seperti memperingatkan bahaya, berkomunikasi, melindungi wilayah atau sarang, memikat pasangan, atau merespons panggilan anaknya.

 

13 dari 16 halaman

Apakah Burung yang Berkicau dengan Keras Kehilangan Pendengarannya?

Pendengaran burung lebih sensitif daripada manusia karena perbedaan dalam struktur telinga mereka. Meskipun kita tidak dapat meregenerasi "sel rambut" kecil di koklea telinga, burung memiliki kemampuan untuk melakukannya.

14 dari 16 halaman

Burung Apa yang Kicauannya Paling Berisik?

Bellbird putih hidup di pegunungan Amazon bagian Timur Laut dengan suara mencuit tiga kali lebih keras daripada burung lain, mendekati kekerasan suara pesawat jet mendarat.

15 dari 16 halaman

Burung Apa yang Paling Banyak Bicara?

Burung beo Amazon, seperti beo abu-abu Afrika, dikenal pandai berbicara dan kaya kosa kata, serta memiliki suara yang unik.

16 dari 16 halaman

Burung Apa yang Berkicau Pada Malam Hari?

Kutilang, burung dengan kecenderungan suara tenang, rentan stres saat terganggu oleh kebisingan, sehingga sering berkicau pada malam hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat