uefau17.com

10 Buah Penurun Kolesterol yang Enak dan Baik untuk Kesehatan - Citizen6

, Jakarta Jika Anda tidak terlalu suka makan buah, cobalah mulai sekarang untuk menjadikannya bagian dari pola makan harian Anda. Mengutip heart.org, beberapa jenis buah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Berikut ini adalah daftar buah-buahan yang dapat membantu mengurangi kolesterol dan asam urat. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi buah hanyalah salah satu cara untuk mengatasi masalah ini.

Mengubah gaya hidup secara keseluruhan, seperti mengadopsi pola makan yang sehat dan berolahraga secara rutin, sangatlah penting. Berikut adalah berbagai jenis buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol, dikutip dari Fimela.com pada Jumat (21/6).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Jeruk

Jeruk adalah buah yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh. Kandungan serat pektin dalam jeruk berperan penting dalam menurunkan kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Selain itu, jeruk kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3 dari 15 halaman

Apel

Apel memiliki kandungan pektin dan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat yang terdapat dalam apel juga berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah dan mengatur kadar asam urat. Manfaatnya yang luar biasa menjadikan apel sering dianggap sebagai salah satu buah terbaik dalam mendukung program diet sehat.

4 dari 15 halaman

Alpukat

Alpukat terkenal akan kandungan lemak sehatnya, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang sangat efektif dalam menurunkan kolesterol LDL. Buah ini juga kaya akan serat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Kandungan asam folat yang tinggi dalam alpukat membuatnya sangat dianjurkan bagi ibu hamil, balita, dan anak-anak untuk mendukung perkembangan otak yang optimal.

5 dari 15 halaman

Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Tingginya serat dalam buah pisang juga berperan dalam mengendalikan kadar kolesterol.

Mengonsumsi pisang secara rutin buah pisang dapat membantu menjaga stabilnya asam urat serta mendukung kesehatan sistem pencernaan.

6 dari 15 halaman

Stroberi

Stroberi mengandung senyawa antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam urat. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa stroberi merupakan pilihan yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7 dari 15 halaman

Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol, suatu zat yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) serta menjaga kesehatan jantung. Buah ini kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh dan memiliki kandungan gula alami yang lebih sehat yang berperan sebagai sumber energi yang baik.

8 dari 15 halaman

Bluberi

Buah bluberi kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin yang dapat mengurangi peradangan serta gejala asam urat. Konsumsi secara teratur buah bluberi diketahui dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi.

9 dari 15 halaman

Kiwi

Kiwi merupakan sumber vitamin C yang baik dan mengandung serat tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol serta mendukung kesehatan pencernaan. Kiwi dianggap sebagai salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat kesehatan karena nutrisi yang lengkap dan penting bagi tubuh.

10 dari 15 halaman

Delima

Buah delima mengandung polifenol kuat yang dikenal sebagai punicalagin, yang terbukti membantu menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah. Buah delima dapat dinikmati langsung atau diolah menjadi jus buah.

11 dari 15 halaman

Pir

Pir mengandung serat larut dalam air yang membantu mengatur tingkat kolesterol dan menjaga kesehatan pencernaan tetap optimal. Pir juga merupakan buah yang cocok dikonsumsi secara rutin oleh siapa pun untuk mendukung kesehatan.

12 dari 15 halaman

Jus Buah Apa yang Bisa Cepat Menurunkan Kolesterol?

Pilihan pertama untuk jus penurun kolesterol adalah jus yang terbuat dari buah apel. Setiap buah apel mengandung pektin, mineral, serat, vitamin B, vitamin C, dan provitamin A. Mengonsumsi jus apel dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

 

13 dari 15 halaman

Sayur Apa yang Cepat Menurunkan Kolesterol?

Salah satu jenis sayuran yang dapat menurunkan kolesterol adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran hijau mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga mengurangi akumulasi kolesterol dalam darah.

 

14 dari 15 halaman

Pisang Apa yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol?

Penurunan kadar kolesterol dapat dicapai dengan meningkatkan asupan serat, salah satunya melalui buah pisang kapok kuning.

 

15 dari 15 halaman

Apakah Buah Nanas dapat Menurunkan Kolesterol?

Nanas mengandung banyak serat dan antioksidan, termasuk flavonoid. Antioksidan ini membantu mengurangi radikal bebas dan peradangan dalam tubuh. Bersamaan dengan serat, antioksidan dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat