uefau17.com

Social House Kolaborasi dengan Seniman Kaca Patricia Untario dan Museum MACAN, Pajang Instalasi Botol Unik - Citizen6

, Jakarta Social House mengumumkan kolaborasi dengan Museum MACAN dan seniman kaca Patricia Untario. Kolaborasi ini sebagai bentuk kepedulian Social House terhadap seni di Indonesia dan agar tak hanya dikenal sebagai restoran lifestyle, tapi juga ingin menjadi penghubung untuk para individu dan komunitas. 

Pernah mengenyam pendidikan seni kaca di Vetroricerca Glass & Modern, Bolzano, Italia, Patricia yang juga merupakan lulusan ITB Bandung mengungkapkan motivasinya mengambil kolaborasi denagn Social House dan Museum MACAN tersebut. 

"Saya teringat pengalaman waktu kuliah di Italia. Di sana, sempat berkunjung ke pabrik pembuatan wine dan bersinggungan dengan botol wine, jadi ini seperti mengingat kembali," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Instalasi yang dinamai Fragments tersebut dipajang di Social House, Grand Indonesia dari tanggal 4-12 Juni 2024. Menariknya, instalasi tersebut dibuat dari botol-botol bekas wine dari Social House yang kemudian diolah dan dibentuk sedemikian rupa hingga memantulkan cahaya dan bayangan. Menurut Patricia, proses pembuatan instalasi seninya kali ini terbilang singkat. 

"Yang ini termasuk cepat! Seminggu kerja, tiga hari finishing."

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa kolaborasi tersebut memberikannya kesempatan untuk lebih mengenal dan mengapresiasi seni kriya kaca kepada khalayak ramai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memberi pengalaman unik bagi komunitas

Chief Marketing Officer Ismaya Lifestyle Felicia Kawilarang mengatakan bahwa lewat kolaborasi tersebut, Social House ingin menjadi 'social place' bagi para konsumen dan komunitas.

"Kami ingin memberikan pengalaman yang unik dan berkesan bagi para pengunjung, memadukan seni instalasi yang nyaman, program kuliner dan wine yang menarik, serta suasana yang nyaman."

Sejalan dengan hal tersebut, Director of Museum MACAN Venus Lau mengatakan bahwa kolaborasi tersebut amat mendukung seni kontemporer Indonesia. 

"Terlebih dengan sejarah yang panjang terkait dengan material kaca. Kebudayaan-kebudayaan tertua di dunia seperti China dan Mesir juga sudah bersinggungan dengan material kaca. Bahkan, Italia dikenal punya sejarah panjang dengan seni kaca itu sendiri," ungkap dia. 

 

3 dari 3 halaman

Lelang karya seni

Tak hanya memajang instalasi tersebut, Social House juga mengadakan lelang karya seni istimewa atas Fragments milik Patricia tersebut. Nantinya, seluruh hasil pelelangan akan didonasikan untuk Museum MACAN yang bertujuan untuk mengembangkan seni modern di Indonesia dan memberikan ruang bagi para seniman muda Indonesia untuk berkembang. 

Selain itu, juga akan ada berbagai aktivitas menarik seputar wine seperti menghias botol wine bekas dipandu Patricia yang akan menghadirkan pengalaman kuliner dan minuman yang istimewa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat