uefau17.com

4 Cara Mengatasi Kapalan di Kaki dan Tangan dengan Cepat di Rumah - Citizen6

, Jakarta - Kapalan, yang merupakan area atau lapisan kulit yang keras dan menebal akibat gesekan atau tekanan, seringkali muncul secara alami sebagai bentuk perlindungan terhadap kulit di bawahnya.

Kaki dan tangan, sebagai area yang sering mengalami gesekan berulang, cenderung menjadi tempat yang paling umum untuk kapalan tumbuh. Meskipun fungsinya sebagai pelindung, kadang-kadang kapalan dapat menjadi menyakitkan dan bahkan memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang mencari cara untuk menghilangkan kapalan. Berikut beberapa cara yang aman dan mudah untuk mengatasi kapalan, seperti melansir dari berbagai sumber, Selasa (4/5/2024).

1. Gosok dengan garam Epsom

Garam Epsom memiliki sifat eksfoliasi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, termasuk kapalan yang disebabkan oleh penumpukan kulit yang berlebihan.

Caranya, campurkan dua hingga tiga sendok makan garam Epsom ke dalam ember berisi air hangat dan rendam kapalan selama beberapa saat untuk memudahkan proses pengelupasan kulit yang keras.

2. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel dapat menjadi pilihan lain untuk menghilangkan kapalan. Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat membantu melunakkan lapisan kulit yang mengeras.

Campurkan cuka sari apel dengan air dalam perbandingan satu banding empat, lalu rendam kapalan selama 20 menit sebelum menggosoknya dengan lembut untuk mengurangi iritasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rendam dalam air sabun

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kapalan adalah dengan merendamnya dalam air sabun hangat selama 20 menit. Setelah kulit kapalan melunak, gosoklah dengan lembut untuk menghilangkan lapisan kulit yang mengeras. Setelah itu, keringkan dengan lembut menggunakan kain atau handuk.

3 dari 3 halaman

4. Beri pelembab

Gunakan pelembab khusus yang diformulasikan untuk kulit tebal pada kaki. Pilihlah pelembab yang dapat memberikan kelembapan dan membuat kulit menjadi halus. Oleskan pelembab sebelum tidur dan gunakan kaos kaki agar pelembab meresap secara maksimal semalaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat