uefau17.com

Bukan dengan Air Saja, Ini Cara Peras Santan Agar Banyak, Pekat dan Kental - Citizen6

, Jakarta Santan dikenal dengan tekstur yang kental dan memiliki cita rasa yang gurih, sehingga sering digunakan untuk mengolah makanan.        

Bahan dapur ini sendiri berasal dari parutan kelapa yang dicampur dengan air lalu diperas dan mengeluarkan sari-sari yang disebut dengan santan.

Walaupun tampak sederhana, memeras santan ternyata memiliki teknik sendiri agar hasilnya bisa kental, pekat dan banyak.

Ada satu teknik memeras santan yang sangat efektif yang dibagikan oleh kanal YouTube Koki Medok. Ia sendiri tidak memeras santan dengan air biasa, yang cara lengkapnya akan dirangkum pada Jumat (31/05/2024) berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Gunakan Air Hangat

Jadi, trik pada kali ini tidak serta merta menggunakan air biasa, melainkan air hangat. Siapkan santan parut sebanyak dua ons lalu letakkan dalam mangkuk besar. Setelah itu, tuangkan air hangat secukupnya sampai santan parut terendam.

3 dari 11 halaman

Blender Rendaman Kelapa Parut

Usai kelapa parut direndam air hangat, tuangkan rendaman tersebut ke dalam blender. Nyalakan blender lalu biarkan selama satu menit saja. Jika sudah, matikan blender lalu tiriskan ke dalam mangkuk.

4 dari 11 halaman

Santan Jadi Lebih Kental

Saat ditiriskan, tekstur santan jadi sangat kental dan lebih pekat. Bahkan ketika dibandingkan dengan santan yang diperas dengan air biasa, santan versi trik ini terlihat jelas kekentalannya.

5 dari 11 halaman

Cocok untuk Kolak

Pemilik kanal Koki Medok ini menuturkan bahwa hasil santan versinya sangat cocok untuk dijadikan kolak karena memiliki cita rasa yang lebih gurih.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Santan

7 dari 11 halaman

Apakah Santan Kemasan Bisa Langsung Dikonsumsi?

Diproduksi dengan higienis menggunakan teknologi terkini. Memiliki rasa dan aroma santan asli. Siap diminum tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Bebas bahan pengawet dan kolesterol.

8 dari 11 halaman

Apa Manfaat Minum Air Santan Kelapa?

Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai, santan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya, meningkatkan kolesterol baik, membantu menurunkan berat badan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

9 dari 11 halaman

Apakah Santan Kara Itu Sehat?

Santan Kara mengandung asam laurat dalam jumlah besar, sejenis asam lemak yang mampu meresap ke batang rambut dan memberikan kelembapan dari dalam. Di samping itu, Santan Kara juga kaya akan vitamin E, yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

10 dari 11 halaman

Kenapa Santan Harus Direbus Dulu?

Sebelum digunakan, santan sebaiknya direbus terlebih dahulu hingga mendidih. Dengan cara ini, santan akan lebih tahan lama dan tidak cepat basi. Jika tidak segera digunakan, santan dapat disimpan dalam freezer untuk keperluan jangka panjang.

11 dari 11 halaman

Apa Efek Kebanyakan Santan?

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah yang wajar dapat membantu mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Akan tetapi, mengonsumsi santan secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat