uefau17.com

10 Musisi Dunia yang Mendukung Palestina, Ariana Grande Hingga Billie Eilish - Citizen6

, Jakarta - Serangan demi serangan yang dilakukan Israel kepada Palestina belum juga berhenti. Terbaru, dunia kembali dibuat geram seiring dengan semakin gencarnya pasukan Israel menyerang warga sipil di Rafah, kota pengungsian terakhir warga Gaza. 

Serangan ini yang dilancarkan sejak Minggu (26/7) ini telah menelan puluhan korban jiwa, dengan sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak. Situasi ini membuat tagar ‘All Eyes on Rafah’ menggema di jagat dunia maya hingga menjadi trending topic dunia.

Tidak hanya menjadi duka bagi warga di Gaza, kondisi ini juga menjadi duka bagi seluruh dunia. Tidak hanya itu, para artis serta musisi dunia juga turut menyuarakan berita ini melalui platform mereka masing-masing.

Dengan adanya suara besar ini diharapkan gencatan senjata dapat segera dilakukan, sehingga korban tidak terus jatuh bertebaran.

Berikut 10 musisi dunia yang turut menyatakan dukungannya untuk kemerdekaan Palestina.

1. Ariana Grande

Baru-baru ini, Ariana Grande mengajak para penggemarnya untuk berdonasi guna membantu para korban genosida di Gaza. Melalui Instagram Story pribadinya, dia mengunggah link penggalangan dana tersebut.

Meskipun penyanyi “We Can’t be Friends” itu tidak menuliskan keterangan apapun, unggahannya menjadi viral di dunia maya. Tidak sedikit warganet mendukung langkah baik yang telah diambil Ariana Grande.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Zayn Malik

Penyanyi asal Inggris, Zayn Malik, mengambil langkah yang sama dengan mantan kekasihnya, Gigi Hadid. Dia telah beberapa kali menyuarakan isu ini selama satu dekade terakhir, lebih tepatnya sejak tahun 2014. 

Zayn secara tegas mengecam tindakan keras Israel yang menyebabkan banyak korban berjatuhan di Palestina, khususnya korban wanita dan anak-anak.

3. SZA 

Di suatu penampilan panggungnya, SZA pernah pernah menyerukan “free Palestine!” atau yang berarti “bebaskan Palestina!” Tindakan pelantun “Kill Bill” ini tentu saja mengundang reaksi suportif dari penggemar yang hadir maupun publiik di jagat maya. Banyak penggemar merasa bangga atas langkah yang diambil SZA.

4. Aurora

Musisi asal Norwegia, Aurora, juga menyerukan kepada dunia agar serangan di Gaza dapat dihentikan. Dia pernah membuat foto diri sambil menunjukkan tulisan “hentikan pengeboman di Gaza."

3 dari 4 halaman

5. Kehlani

Kehlani termasuk ke dalam penyanyi yang tidak takut kehilangan penggemar setelah menyatakan dukungannya ke Palestina. Dia sudah vokal terkait isu ini sejak serangan meletus pada Oktober 2023 lalu.

“Lagi. Tunjukkan lagi. Katakan lagi. Katakan Palestina. Katakan genosida. Katakan terorisme Israel. Sebukan penindasnya. Sebutkan kriminalnya. Sebutkan apa yang sudah mereka lakukan,” tulis Kehlani di salah satu Instagram story yang diunggahnya.

6. Selena Gomez

Setelah mendapat kritikan karena telah bersikap netral atas masalah ini, musisi Selena Gomez memutuskan keberpihakannya untuk Palestina. Bersama para artis lain, Selena turut menandatangani surat terbuka kepada Presiden AS Joe Biden agar gencatan senjata di Gaza segera dilakukan.

7. The Weeknd

Turut menjadi ambassador untuk World Food Program (WFP), The Weeknd menunjukkan dukungannya untuk Palestina lewat donasi sebesar Rp38,5 miliar. Dia memberikan itu dalam rangka memberi makan untuk lebih dari 173.000 rakyat Palestina selama 2 minggu.

Dilansir dari laman resmi WFP, mereka menyebut donasi dari musisi bernama asli Abel Tasfaye ini datang di waktu yang kritis di saat lebih dari satu juta warga Gaza berada di ambang kelaparan.

4 dari 4 halaman

8. Zara Larsson

Zara Larsson menjadi artis yang cukup vokal tentang isu yang terjadi di Palestina saat ini. Seperti baru-baru ini ketika Israel menyerang Rafah, Zara tidak luput untuk memberikan komentarnya. Dia memberikan tulisan panjang melalui akun Instagram pribadinya.

“Aku tahu para influencer dan selebritas tak bisa menyelamatkan dunia, dan aku juga tidak meminta hal itu. Tapi… anehnya… sangat banyak orang yang begitu senyap tentang apa yang sedang terjadi di Gaza,” cuitnya.

9. Lorde

Lorde merupakan musisi asal Selandia Baru yang turut mendukung kemerdekaan Palestina. Pada tahun 2018 lalu, dirinya pernah membatalkan konser yang seharusnya digelar di Israel. Kesediaan Lorde memboikot Israel ini pun disambut baik oleh aktivitas pro-Palestina.

10. Billie Eilish

Bersama dengan musisi lain, Billie Eilish tidak ragu menyatakan dukungannya untuk membela Palestina. Pelantun “What Was I Made For?” ini pernah tampil dengan pin merah ceasefire untuk Gaza pada acara bergengsi Academy Awards 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat