uefau17.com

Indira Sudiro Ajak Perempuan Indonesia Hidup Sehat: Jaga Jiwa, Tubuh dan Pikiran - Citizen6

, Jakarta - Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi impian setiap individu. Untuk mendapatkan tentu diperlukan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Namun, selain itu perlu juga menyeimbangkan antara jiwa, tubuh, dan pikiran. Hal tersebut diungkapkan Puteri Indonesia pertama Indira Sudiro. Oleh karena itu, Indira mengedukasi perempuan Indonesia untuk hidup sehat jiwa dan raga. 

“Kita bicara tentang be beautiful inside out. Setiap perempuan harus ada body wellness antara jiwa, tubuh, dan pikiran. Itu bisa dicapai kalau kamu bisa menyelaraskan ketiga hal tersebut,” ucap Indira Sudiro, pada talkshow yang digelar NDerma Aesthetic Wellness, di Jakarta, pada Kamis (16/5/2024).

Wanita yang tetap terlihat cantik dan bugar di usia 52 tahun ini menegaskan setiap perempuan wajib menjaga dirinya agar tetap sehat dan bugar, tak hanya secara fisik atau penampilan, namun juga sehat dan bugar secara mental dan spiritual.

Melalui talkshow dengan tema Be Beautiful Inside Out tersebut, para perempuan diajak menyadari pentingnya pengembangan diri melalui pendekatan yang meliputi keselarasan hubungan antara tubuh, pikiran dan jiwa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 poin penting untuk miliki tubuh sehat

Indira Sudiro kemudian membagikan tips agar para perempuan mampu menyeimbangkan jiwa, tubuh, dan pikiran. Pertama, kata dia, jangan malas beraktivitas fisik.

“Kita harus terus bergerak. Dengan bergerak itu tidak hanya dengan aktivitas fisik, tapi juga olahraga. Kedua, perlu juga tubuh dipenuhi akan kebutuhan nutrisi. Ketiga, self care yaitu perawatan. Itu semua harus bisa dielaborasi untuk mendapatkan jiwa yang sehat,” kata perempuan yang kini dikenal sebagai body wellness coach ini.

 

3 dari 3 halaman

Tips punya badan ideal

Indira juga mengungkapkan gaya hidup sehat menjadi tantangan berat bagi perempuan. Mengingat, perempuan mengalami banyak fase dan perubahan hormonal seiring bertambahnya usia sehingga membuat perempuan cukup kesulitan menerapkan pola hidup sehat.

Akan tetapi, bukan mustahil bagi perempuan untuk menjalani gaya hidup sehat. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya, mengenal perubahan dan apa yang dibutuhkan tubuh kita. 

"Dalam setiap kali perubahan itu tentu ada perubahan juga dalam badan kita, metabolisme. Kita harus kenalin dulu. Sudah kita kenalin, kita baru tahu apa yang kita butuhkan ketika ada di fase itu? Satu. Ketika kita sudah tahu, kita kan harusnya mencukupi yang kita butuhkan," kata Indira. 

Berikutnya adalah kita juga harus belajar untuk tidak terlalu banyak excuse atau alasan. Terutama ketika perempuan mengalami perubahan bentuk tubuh ketika sudah mengandung dan melahirkan anak.

"Berikutnya adalah kita juga harus belajar untuk tidak terlalu banyak excuse. Contohnya, ketika saya menikah, punya anak. Kemudian saya menjadi gemuk, misalnya. Terus kita memaklumkan itu dan mengatakan namanya juga sudah punya anak ya pasti gemuk dong," tutur Indira.

Indira pun berpesan agar para perempuan untuk selalu menjaga gaya hidup sehat. Sebab, kesehatan sangat penting, terutama bagi kaum ibu. Ketika sehat, para ibu bisa menjalani tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga dengan baik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat