uefau17.com

Pengertian Warna Primer, Sekunder dan Tersier Lengkap dengan Contoh-contohnya - Citizen6

, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu kerap menemukan berbagai macam warna. Ada beberapa jenis warna yang sudah umum kita ketahui. Ada warna primer, warna sekunder, dan warna tersier. Warna primer adalah warna apapun yang dapat dicampur dengan warna primer lain untuk menghasilkan semua warna lainnya. 

Saat belajar seni di sekolah, Anda mungkin diajari bahwa merah, kuning, dan biru adalah tiga warna primer. Namun, hal ini hanya berlaku pada situasi tertentu. Pada tampilan komputer (misalnya monitor dan panel datar) dan printer, warna berbeda dianggap sebagai warna primer.

Dilansir dari Color Wheel Artist, Rabu (6/12/2023) warna primer meliputi merah, biru dan kuning. Warna primer tidak dapat dicampur dengan warna lain. Mereka adalah sumber dari semua warna lainnya. Warna primer, salah satu rangkaian warna yang dapat digunakan untuk mencampur berbagai macam warna. Ada tiga model warna primer yang umum digunakan RGB (merah, hijau, dan biru), CMY (cyan, magenta, dan kuning), dan RYB (merah, kuning, dan biru). 

Pertama dan terpenting, warna primer yaitu kuning, merah dan biru, berada di puncak struktur warna apapun. Itu karena Anda dapat menganggap ketiga warna itu sebagai induk asli dari semua generasi warna di masa depan. Secara teori, warna primer adalah akar dari setiap warna lainnya.

Jadi dengan kata lain, Anda dapat mencampurkan triliunan warna hanya dengan tiga pigmen primer murni yaitu Kuning, Merah, dan Biru. Untuk memahami alasannya, kita perlu melihat pigmen cat. Warna cat primer kuning, merah atau biru biasanya mengacu pada cat yang hanya mengandung satu pigmen. Mereka adalah pigmen yang tidak tercampur yang tidak dapat dibuat dengan mencampurkan warna lain.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna sekunder

Berikutnya adalah tiga warna sekunder yaitu oranye, ungu dan hijau. Bayangkan warna sekunder sebagai anak dari tiga warna Primer seperti yang ditunjukkan di atas. ​Dalam teori warna kita diajarkan bahwa warna sekunder dicampur seperti ini:

  • Kuning + Merah = Oranye
  • Merah + Biru = Ungu
  • Biru + Kuning = Hijau

Sekali lagi seperti yang dijelaskan sebelumnya, ini menunjukkan kepada kita bagaimana warna berinteraksi di dunia yang sempurna. Dengan kata lain, ini berfungsi sebagai kompas umum yang mengarahkan kita ke arah yang benar. Namun, warna cat di dunia nyata adalah hal yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa banyak seniman menganggap Roda Warna tidak ada gunanya.

3 dari 4 halaman

Warna Tersier

Akhirnya enam warna sisanya disebut sebagai warna tersier. Bayangkan ini sebagai enam “cucu” dari warna primer. Sekali lagi, Teori Warna mengajarkan kita bahwa setiap warna tersier adalah hasil dari satu warna primer yang bercampur dengan salah satu warna Sekunder terdekatnya. Oleh karena itu kita berakhir dengan warna baru di antara keduanya.

  • Kuning + Oranye = Kuning/Oranye
  • Merah + Oranye = Merah/Oranye
  • Merah + Ungu = Merah/Ungu
  • Biru + Ungu = Biru/Ungu
  • Biru + Hijau = Biru/Hijau
  • Kuning + Hijau = Kuning/Hijau
4 dari 4 halaman

Mengetahui Lebih Dalam Kepribadian Seseorang Dilihat dari Warna Favoritnya

Setiap orang pasti memiliki warna favorit. Warna yang Anda pilih sehari-hari rupanya dapat menerjemahkan informasi tentang Anda ke seluruh dunia. Misalnya, jika Anda suka memakai pakaian berwarna merah, Anda bisa diasosiasikan sebagai orang yang dominan. 

Namun ada lebih banyak warna dan warna tersebut dapat memengaruhi perilaku dan suasana hati Anda, serta memberikan kesan berbeda pada orang lain. Sayangnya banyak yang tidak menyadari bahwa warna yang Anda pilih punya pengaruh terhadap kepribadian Anda. Rupanya para peneliti pun telah memberikan pendapat mereka mengenai hal ini. Dilansir dari Brightside, Minggu (3/12/2023) berikut ulasannya. 

1. Merah

Ya, warna merah bisa membawa asosiasi dengan agresi dan dominasi. Para peneliti menemukan bahwa atlet yang memakai warna ini memiliki peluang 5% lebih besar untuk menang. Ini memicu peningkatan detak jantung dan testosteron dan, sebagai hasilnya, dapat meningkatkan kinerja.

Salah satu temuan menariknya adalah pramusaji berseragam merah mendapat lebih banyak tip dari laki-laki. Penelitian menegaskan bahwa warna ini menarik perhatian pria. Ini memiliki hubungan dengan cinta dan gairah. Jadi, jika Anda ingin diperhatikan, cobalah kenakan warna merah.

2. Ungu

Ungu dikaitkan dengan royalti dan upacara kerajaan. Selain itu meninggalkan kesan magis dan fantasi. Ungu merangsang kreativitas dan membawa kedamaian tetapi pada saat yang sama, ungu terkait dengan kepekaan dan emosional.

3. Oranye

Jika Anda menyukai warna oranye dan sering menggunakannya, Anda mungkin sangat energik. Warna ini bahkan digunakan untuk pil karena merupakan stimulan yang baik.

Ini sangat kuat dan dapat dikaitkan dengan lingkungan sosial yang dinamis. Oranye juga membawa kegembiraan dan energi. Mungkin itulah sebabnya banyak tim olahraga menggunakannya untuk seragam mereka.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat