uefau17.com

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut di Usia Muda, Stop Sekarang Juga - Lifestyle

, Jakarta Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Hanya saja, sedikit orang yang bisa menyadari hal tersebut. Perlu diketahui bahwa penyebab rambut rontok yang kerap dialami bukan hanya berasal dari penggunaan produk perawatan rambut yang nggak tepat atau kondisi lingkungan yang kurang baik, tetapi juga bisa dari berbagai macam kegiatan yang sehari-hari kamu lakukan. 

Kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut ini memang kerap dianggap wajar, karena efeknya yang nggak langsung terasa. Akan tetapi, jika lama-kelamaan dijalankan dan terus dibiarkan, bisa-bisa permasalahan rambut akan muncul satu persatu menimpamu, termasuk pula rambut rontok parah. Seharusnya, gaya hidup yang membuat rambut rontok ini segera dihentikan. Sebab jika nggak, rambutmu akan semakin rusak dan nantinya akan sulit untuk dipulihkan. 

Oleh karena itulah, jika ingin mencari tahu cara mengatasi rambut rontok parah, penting bagi kamu untuk mengetahui dulu ragam kebiasaan kurang baik sehari-hari yang jadi penyebabnya. Lantas, apa saja hal-hal tersebut? Intip jawabannya di sini!

1. Sering Keramas Menggunakan Air Hangat

Pada dasarnya, keramas merupakan hal yang penting dan harus dilakukan jika ingin rambut bersih dan terhindar dari berbagai permasalahan rambut. Akan tetapi, wajib diketahui pula bahwa kebiasaan mencuci rambut dengan air hangat harus dihindari mengingat ini merupakan salah satu kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Mungkin ada dari kamu yang berpikir bahwa mandi dan sekaligus keramas menggunakan air hangat sangat nyaman serta mampu bikin tubuh rileks. Akan tetapi, di balik kenyamanan yang diberikan, tersimpan pula fakta menarik bahwa hal ini justru menjadi penyebab rambut rontok. Inilah mengapa, banyak ahli kecantikan dan kesehatan yang merekomendasikan keramas menggunakan air bersuhu normal.

Selain menghindari penggunaan air hangat, kamu pun juga dilarang untuk keramas dengan frekuensi yang terlalu sering. Pasalnya, sering keramas dengan sampo untuk rambut rontok justru dapat menghilangkan minyak alami rambut dan membuat rambut rontok parah. Inilah mengapa, agar rambut tidak rontok dan terkena masalah lainnya, cukup keramas sebanyak 2 kali seminggu saja menggunakan sampo untuk rambut rontok yang tepat. 

2. Menjalankan Diet yang Nggak Baik

Siapa sangka jika diet bisa menjadi salah satu kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Yup, diet yang selalu digadang-gadang dapat menyehatkan tubuh ini ternyata juga berpotensi menyebabkan rambut rontok parah. Ini dapat terjadi karena diet yang dijalani nggak memerhatikan asupan gizi yang diperlukan dan hanya mementingkan kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh saja. Diet yang nggak baik inilah yang kerap dikategorikan sebagai gaya hidup yang membuat rambut rontok.

Meski begitu, tentunya kebiasaan ini dapat diatasi apabila kamu memperbaiki pola diet yang dijalankan. Jika sebelumnya hanya mengutamakan jumlah kalori saja, cobalah sekarang memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun sedang diet, tetapi asupan nutrisi tersebut harus tetap dipenuhi. 

Caranya? Kamu bisa kok memilih makanan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Cara ini pun sering dianggap efektif agar rambut tidak rontok dan terhindar dari permasalahan lainnya yang menjengkelkan. 

3. Mengeringkan Rambut Basah Sembarangan

Agar rambut tidak rontok, cobalah untuk memperhatikan cara mengeringkan rambut basah sehabis keramas. Banyak orang yang terkadang mengeringkan rambut mereka secara sembarangan. Misalnya saja dengan cara menggosok-gosokan rambut menggunakan handuk. Padahal, ini merupakan salah satu kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut dan tentunya harus dihindari.

Rambut yang masih basah sehabis keramas biasanya menjadi lebih rapuh. Sehingga, bila dikeringkan menggunakan handuk dengan cara digosok-gosok, dikhawatirkan akan terjadi kerontokan dan kerusakan lainnya. Inilah mengapa, untuk menghindari penyebab rambut rontok parah, kamu wajib tahu dulu tips ampuh mengeringkan rambut basah sehabis keramas dengan benar.

Jangan mengandalkan hairdryer jika kamu sedang nggak terburu-buru. Cobalah untuk tetap mengeringkan rambut menggunakan handuk kering dan bersih. Caranya cukup dengan mengusap rambut dari arah atas ke bawah. Setelah air sudah nggak lagi menetes, biarkan saja di suhu ruang hingga rambut kering sempurna. Tips ini dinilai lebih aman dan minim akan risiko kerontokan. Sehingga bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

Kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut bisa pula berasal dari kegiatan menyisir rambut, terutama ketika kondisinya masih basah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rambut yang basah menjadi lebih rentan mengalami kerontokan. Jika kamu nekat untuk sisiran dalam kondisi seperti ini, bisa-bisa rambut rontok parah dan bahkan jadi lebih mudah patah. 

Alasan kenapa rambut rontok tiba-tiba ini tentunya wajib diketahui. Dengan begitu, kamu bisa menghindarinya dan menjaga rambut tetap sehat serta terbebas dari berbagai macam permasalahan. Yuk, dicoba dulu tips yang satu ini.

5. Stres yang Berlebihan

Mungkin penyebab rambut rontok satu ini sudah sering banget kamu rasakan. Yup, apalagi kalau bukan rasa stres yang berlebihan. Stres sebagai salah satu gaya hidup yang membuat rambut rontok ini perlu banget disadari keberadaannya. Sebab, stres sendiri dapat mengganggu metabolisme tubuh, yang pada dasarnya juga berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. 

Jika kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut ini nggak segera diatasi, maka yang merugi pada akhirnya juga dirimu. Inilah mengapa, alih-alih membiarkannya, kamu bisa menggunakan cara mengatasi rambut rontok yang diakibatkan oleh lonjakan level stres.

Pertama-tama, cari tahu dulu sumber dari stres tersebut. Setelah itu, pikirkan perlahan tentang solusi yang dapat mengatasinya. Jika bingung, kamu juga bisa menceritakan permasalahan yang menjadi sumber stres itu kepada orang terdekat. Siapa tahu saja mereka dapat memberikan saran dan tips yang berguna. Selain itu, seimbangkan juga dengan penggunaan produk-produk perawatan rambut rontok yang tepat. 

6. Mengikat Rambut dengan Sangat Kencang

Hal kecil lainnya yang dapat menjadi penyebab rambut rontok di usia muda adalah kebiasaan mengikat rambut dengan sangat kencang. Perlu diketahui bahwa mengikat rambut dengan kencang dapat menimbulkan ketegangan berlebih pada folikel rambut yang bisa membuatnya ‘stres’ dan akhirnya mengalami kerusakan. Pada kasus ekstrem, mengikat rambut dengan sangat kencang dapat berujung pada melemahnya folikel, sehingga rambut baru nggak bisa tumbuh kembali.

Inilah mengapa, bila nggak ingin rambut terus-menerus mengalami kerontokan hingga kebotakan, disarankan untuk nggak mengikatnya secara berlebihan. Jika bisa, biarkan rambut ‘bernapas’ dengan membiarkannya tergerai tanpa satupun aksesori yang menempel. Melakukan cara mengatasi rambut rontok seperti ini dapat membantu pertumbuhan rambut yang lebih maksimal lagi. Selain itu, cara mengatasi rambut rontok ini pun juga bikin rambut lebih sehat dan indah. 

7. Sering Menggunakan Alat-alat Styling Rambut

Adapun penyebab rambut rontok lainnya adalah karena penggunaan alat-alat styling rambut yang berlebihan. Suhu panas dari alat-alat seperti ini dapat menghilangan kelembapan rambut dan menyebabkannya menjadi kering serta rentang terkena permasalahan. Mulai dari kerontokan, rambut patah, mengembang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memang benar jika alat-alat styling rambut dapat mengubah penampilan seseorang jadi lebih berbeda. Akan tetapi, ada baiknya bila gaya hidup yang membuat rambut rontok ini dikurangi sebisa mungkin. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari masalah rambut rontok di usia muda. 

Apabila terpaksa menggunakannya, tentunya kamu wajib mengaplikasikan vitamin untuk rambut rontok yang tepat dan memiliki heat protection di dalamnya. Sehingga, risiko kerusakan rambut pun bisa diminimalisir. 

8. Penggunaan Produk Penata Rambut yang Berlebihan

Rambut rontok di usia muda juga bisa disebabkan oleh penggunaan aneka produk penata rambut yang berlebihan. Pomade, hair wax, hair gel, hingga hairspray yang memiliki kandungan alkohol atau bahan kimia keras di dalamnya dapat berpotensi menyebabkan rambut kering. Tentunya, penggunaan secara terus-menerus dan dalam waktu yang lama bisa menjadi penyebab rambut rontok yang mungkin jarang kamu sadari. 

Tapi tenang saja, karena ada cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu coba terapkan. Mulai dari mengurangi penggunaan produk penata rambut dalam keseharian atau bisa juga menggantinya dengan produk yang lebih aman dan terbuat dari bahan-bahan alami. 

9. Menggaruk Kepala dengan Kuat

Hati-hati dengan kebiasaan menggaruk kepala dengan kuat. Sebab, hal seperti ini dapat menjadi penyebab rambut rontok di usia muda. Ya, sebagai manusia, merasakan sensasi gatal di bagian tubuh tertentu termasuk pada kulit kepala merupakan hal yang wajar. Tetapi yang perlu diingat, jangan sekali-kali menggaruknya dengan kuat atau penuh tenaga. Sebab, gesekan yang terjadi antara jari tangan dan rambutmu bisa menyebabkan kerusakan terhadap kutikula. 

Nah, kerusakan pada kutikula inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa rambut rontok tiba-tiba. Oleh karena itu, agar rambut tidak rontok dengan mudah, cobalah untuk menahan diri untuk nggak menggaruk kepala dengan kuat. Cukup usap perlahan saja hingga sensasi gatal yang dirasakan menghilang. Bila belum berhasil juga, kamu bisa mengompres kulit kepala dengan air dingin selama beberapa waktu hingga sensasi gatal tersebut berkurang.

10. Jarang Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup tentunya sangat diperlukan oleh tubuh. Tapi, apa jadinya jika kamu nggak punya waktu tidur yang cukup? Sudah pasti hal tersebut sangat membebani tubuh dan bikin metabolisme jadi menurun.

Wajib diketahui bahwa metabolisme tubuh yang menurun juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan rambutmu dan jadi salah satu alasan kenapa rambut rontok tiba-tiba. Maka dari itu, sebaiknya hindari gaya hidup yang membuat rambut rontok ini agar penampilan bisa tetap paripurna. 

Cara mengatasi rambut rontok yang diakibatkan kurangnya waktu istirahat pastinya dapat diatasi apabila kamu tidur malam dengan cukup. Untuk orang dewasa, durasi tidur yang dibutuhkan setiap malamnya adalah sekitar 7-8 jam. Di sisi lain, kamu pun juga wajib memperhatikan kualitas tidur yang dimiliki. 

Apabila durasi tidur yang pas nggak diseimbangi dengan kualitas yang baik, maka hal tersebut akan sia-sia saja. Maka dari itu, sebelum kamu tidur, buatlah lingkungan kamar senyaman dan setenang mungkin. Matikan pula ponsel yang dimiliki atau ubah jadi mode silent.

Well, itu tadi sejumlah kebiasaan sehari-hari yang bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Hindari berbagai kebiasaan tersebut agar rambutmu terhindar dari sejumlah permasalahan yang mengganggu. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat