uefau17.com

Yuk, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meningkatkan Kolagen Secara Alami - Citizen6

, Jakarta - Saat berbicara tentang suplemen yang sedang hits, pastinya produk kolagen tidak bisa dilepaskan begitu saja. Ada banyak produk yang dijual di pasaran, dalam bentuk bubuk, minuman, bahkan kapsul yang begitu menjanjikan efek bagi tubuh.

Misalnya saja untuk rambut, kulit, kuku, tulang, sendi, dan otot yang lebih sehat. Terutama untuk orang-orang yang menginginkan untuk tetap terlihat awet muda walaupun usia terus bertambah.

Padahal sebenarnya, kolagen terbentuk secara alami di dalam tubuh. Akan tetapi, apakah mengonsumsi suplemen kolagen benar-benar membantu meningkatkan produksi dan adakah manfaatnya? Sebelum mendapatkan jawabannya, sebaiknya kita simak dulu informasi seperti yang dilansir dari Real Simple, Jumat (24/11/2023), berikut ini.

“Kolagen adalah protein yang memberi struktur pada otot, tulang, kulit, dan tendon,” kata Bianca Tamburello, RDN, ahli diet terdaftar di FRESH Communications.

Meskipun secara teknis ada lima jenis kolagen, sebagian besar sumber kolagen menawarkan manfaat ini selain mendukung organ, rambut, kuku, ligamen, mata, dan arteri. Sebagai bahan penting bagi struktur vital ini, kolagen ditemukan berlimpah di seluruh tubuh.

“Tubuh kita membuat kolagen, tapi kita juga bisa mendapatkan kolagen melalui makanan dan suplemen,” jelas Tamburello.

Seiring bertambahnya usia dan paparan faktor lingkungan seperti sinar ultra violet (UV), produksi kolagen dalam tubuh mulai menurun. Di sinilah suplementasi kolagen, baik melalui makanan atau suplemen makanan, dapat memainkan peran pendukung. Namun, jika Anda masih ragu untuk mengonsumsi kolagen, sebenarnya makanan bernutrisi pun bisa dikonsumsi, lho.

Kolagen berbahan dasar makanan juga benar-benar bermanfaat bagi tubuh. Dua cara paling efektif untuk meningkatkan simpanan kolagen dalam tubuh adalah dengan berfokus pada konsumsi nutrisi yang mendukung produksi kolagen dan mengonsumsi makanan yang tinggi kolagen.

“Pola makan yang bervariasi penting untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen,” jelas Tamburello.

“Asam amino tertentu termasuk glisin, prolin, dan hidroksiprolin berfungsi sebagai bahan penyusun kolagen, dan dengan cara ini, mendukung produksi kolagen,” katanya. “Vitamin C dan zinc juga dibutuhkan untuk membantu tubuh membuat kolagen sendiri untuk struktur dan fungsi tubuh.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Telur

Di antara proline, zinc, dan sulfur yang ditemukan dalam telur, makanan favorit saat sarapan ini mendukung pembentukan kolagen dalam tubuh. Meskipun zinc sebagian besar ditemukan di kuning telur, proline dan sulfur sebagian besar terkonsentrasi di bagian putih telur.

Hal inilah alasan kenapa saat Anda menjaga asupan kolesterol dari makanan, hanya dengan mengonsumsi putih telur masih dapat memperoleh beberapa manfaat penambah kolagen ini.

2. Bone broth

Bone broth atau kaldu tulang mungkin sering terdengar oleh Anda, ya.

“Kaldu tulang adalah salah satu makanan tinggi kolagen yang paling terkenal,” kata Tamburello.

Anda bisa membuat bone broth sendiri di rumah, meski prosesnya bisa sangat memakan waktu. Ada juga banyak sekali produk bone broth yang tersedia. Walaupun, Anda harus dapat membuat pemilihan merek terkemuka karena saat ini ada banyak sekali penjual bone broth.

3 dari 4 halaman

3. Berries

Baik itu stroberi, raspberry, acai, blueberry, cranberry, atau buah beri lezat lainnya, buah-buahan berair ini benar-benar mengandung vitamin C pembentuk kolagen.

Selain itu, Anda juga dapat menikmatinya dalam berbagai cara. Seperti misalnya dibuat sebagai smoothies, atau sebagai smoothies bowl yang ditambahkan dengan oatmeal, yogurt, selai buatan sendiri, dan lain sebagainya.

4. Citrus fruits

Ada beberapa makanan yang lebih tinggi vitamin C daripada buah jeruk seperti lemon, grapefruit, dan jeruk nipis.

“Vitamin C membantu menjaga kolagen dalam tubuh dan berperan penting dalam proses tubuh membuat kolagen sendiri,” kata Tamburello.

Baik Anda memilih segelas air lemon segar, setengah grapefruit saat sarapan, atau membuat salad buah jeruk yang meriah, semua hidangan jeruk yang lezat ini akan membantu mendukung kesehatan kulit, rambut, kuku, persendian, dan banyak lagi.

4 dari 4 halaman

5. Ikan

Dalam hal memproduksi kolagen secara alami, ikan adalah salah satu makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi.

“Satu penelitian menemukan bahwa kolagen ikan adalah salah satu sumber kolagen makanan yang paling efisien diserap,” kata Tamburello.

“Saya merekomendasikan salmon dari Chili karena mengandung lemak omega-3 yang tinggi dan menawarkan protein berkualitas tinggi dalam bentuk asam amino untuk mendukung produksi kolagen.”

Pilihan bagus lainnya mencakup beberapa ikan yang lebih kecil, seperti ikan teri dan sarden, karena dikemas dengan kulit, tulang, dan jaringan ikat yang utuh. Dan meskipun struktur tulang untungnya dapat larut sehingga Anda hampir tidak menyadarinya bahwa Anda sedang memakannya.

Tidak hanya itu, ikan juga akan menyediakan asam amino dan mendukung produksi alami kolagen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat